Resensi Buku: How To Be Confident

Kepercayaan diri tidak datang dengan sendirinya kepada setiap orang. Karena itu, kepercayaan diri perlu dikembangkan dari waktu ke waktu.

Jika saat ini kita masih berjuang untuk merasa tenang di bawah tekanan atau berharap memiliki kepercayaan diri untuk mengeluarkan potensi terbaik kita, buku How To Be Confident, karya Anna Barnes, setidaknya dapat membantu bagaimana melewati apapun yang menahan kita sehingga dapat memperoleh kepercayaan diri yang datang dari dalam.

 

Understanding Confidence >>

Kepercayaan diri datang dari perasaan nyaman dan percaya pada kemampuan diri sendiri. Jika kita meragukan diri sendiri, hal tersebut dapat menahan dan mencegah kita menyadari potensi diri yang sesungguhnya.

Orang yang percaya diri mungkin meragukan diri sendiri di momen tertentu, namun ia tidak membiarkan ketakutan tersebut menghentikannya mencapai tujuan. Seperti otot dalam tubuh kita, kepercayaan diri juga dapat bertumbuh jika terus dilatih.

 

Dengan semakin sering berlatih, kepercayaan diri dalam berpikir dan berperilaku akan menjadi suatu kebiasaan.

 

Setiap orang mempunyai area kepercayaan dirinya masing-masing. Meskipun seseorang kurang percaya diri saat berada di kerumunan banyak orang, mungkin ia memiliki kepercayaan diri pada area lain seperti bermain musik, memasak, atau di bidang olahraga. Memahami area kita baik secara fisik dan emosional mampu membantu meningkatkan kepercayaan diri.

Berada di situasi dan tempat yang dapat mengurangi kepercayaan diri, perlu kita batasi, selanjutnya kita bisa berlatih untuk mengubah persepsi dan cara mengatasi situasi tersebut dengan menggunakan sepuluh tips berikut:

 

1. The Power of Your Mind

Pikiran kita sangat mempengaruhi bagaimana cara kita merasakan dan bertindak. Kebiasaan berpikir negatif tentang diri kita sendiri dapat berdampak dalam mengurangi harga diri dan rasa percaya diri kita. Namun, kita dapat mengambil kembali kendali diri dengan cara menantang pemikiran kita untuk membangun citra diri yang positif.

  Atomic Habits: Perubahan Kecil yang Memberikan Hasil Luar Biasa

Kita perlu mencari tahu alasan atau penyebab kita kurang percaya diri. Kemudian kita bisa menggunakan afirmasi yaitu dengan mengucapkan kata-kata yang positif dan diulang-ulang secara berkala.

 

2. Body Confidence

Dengan menjaga tubuh kita tetap bergerak aktif, maka akan berpengaruh pada kondisi pikiran kita. Hal ini disebabkan karena otot dan syaraf kita secara langsung terhubung dengan pusat emosi di otak. Perubahan sederhana pada postur dan gerakan tubuh, dapat membantu kita merasa lebih kuat dan emosi jadi lebih terkendali.

 

3. Act Confident

Bertindak seolah-olah percaya diri sangat ampuh membuat kita merasa percaya diri secara sesungguhnya. Kita perlu menggunakan nada yang lebih dalam, pelan, bahkan suara yang jelas untuk menunjukkan bahwa kita merasa tenang dan percaya diri.

 

4. Make Plans and Achieve Your Goals

Memprioritaskan semua hal dalam pekerjaan dan di rumah secara bersaman akan terasa sangat melelahkan. Kita perlu membuat perencanaan yang terorganisir. Menetapkan tujuan dan bekerja fokus untuk mencapainya, akan memberikan dampak positif bagi penghargaan diri kita.

Tekanan dari deadline, rapat, panggilan telepon, jika tidak segera kita selesaikan akan berakibat pada tugas yang menumpuk dan stres yang bertambah. Secara perlahan hal tersebut akan membuat kita meragukan kemampuan dalam menangani sesuatu dan mengacaukan tingkat kepercayaan diri kita.

Cara sederhana mengurangi perasaan tertekan ini adalah dengan merencanakan dan mempersiapkan tugas hari berikutnya dengan sebaik mungkin.

 

5. Treat Yourself Well, Feel Well

Dengan kehidupan kita yang sangat sibuk, terkadang membuat kita lupa menjaga diri sendiri. Kita perlu memperlakukan diri sama baiknya seperti memperlakukan keluarga atau rekan kerja kita. Hal tersebut akan meberikan pancaran kebaikan dari dalam maupun luar diri kita.

  Better Than Before

Selain itu, tidur yang cukup dan berkualitas juga dapat membuat kita lebih baik. Karena akan sulit untuk menemukan motivasi ketika kita tidak cukup tidur. Istirahat yang cukup membuat kita merasa lebih tenang, lebih percaya diri, dan meningkatkan konsentrasi.

 

6. Look Good, Feel Great

Merasa nyaman terhadap penampilan kita sendiri dan merasa bahagia ketika bercermin setiap hari, dapat membantu kita lebih rileks serta memberikan efek pada mood yang bagus.

Cara kita berpakaian serta warna baju yang kita pilih juga dapat berpengaruh terhadap perasaan kita. Sebaliknya, mengenakan pakaian tidak sesuai dan membuat kita tidak nyaman, akan mengakibatkan kita ingin bersembunyi dan menghindari bertemu orang lain.

Meskipun terasa berat, dengan menyingkirkan pakaian kita yang tidak cocok, mampu mengurangi tingkat stres serta dapat menyeimbangkan emosi kita.

 

7. Eating for Confidence

Diet yang sehat adalah mengkonsumsi banyak nutrisi yang dapat meningkatkan mood, membangkitkan energi, dan mengisi kepercayaan diri kita dari dalam. Sebelum kita melihat nutrisi mana yang dapat meningkatkan kepercayaan diri, penting untuk memastikan bahwa kita melakukan diet yang seimbang.

Kita perlu menyantap makanan dengan asupan kalori yang cukup sesuai usia dan tinggi badan, serta memastikan mengandung cukup protein, juga tak lupa mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran. Hal ini dapat melancarkan pencernaan sehingga membuat tubuh kita lebih sehat secara keseluruhan.

 

8. Exercising Your Way to Confidence

Berolahraga juga merupakan bagian yang penting untuk membangun kepercayaan diri. Olahraga yang rutin akan mengurangi stres dan membantu kita merasa nyaman pada diri sendiri. Apakah itu berjalan di luar rumah, lari pagi, atau latihan di pusat kebugaran. Dengan menggerakkan badan, kita akan membawa perasaan yang positif.

  Resensi Buku Four Seconds: Hentikan Kebiasaan yang Kontra-Produktif dan Dapatkan Hasil yang Anda Inginkan

Bagi sebagian orang, untuk memulai berolahraga terasa sangat tidak nyaman, bahkan menakutkan, terutama jika kepercayaan diri yang di miliki sangat rendah. Namun, kita dapat memulainya dengan kegiatan ringan seperti berjalan kaki sekitar sepuluh menit.

Berada di luar ruangan juga dapat membantu memberikan dorongan yang alamiah sehingga menjadi lebih bersemangat. Selain itu, menikmati kesegaran alam di pagi hari juga memberikan rasa ketenangan sehingga mengurangi ketegangan pada otot dan membuat kita merasa seimbang dan bahagia.

 

9. Relaxing

Kehidupan kita sehari-hari terkadang terasa seperti serangkaian kegiatan yang tidak pernah ada habisnya dan sangat melelahkan. Jika kita kewalahan, tingkat stres akan naik, dan untuk itu diperlukan tindakan untuk mengurangi kekhawatiran. Salah satu tips yang dapat di lakukan adalah dengan menuliskan kecemasan kita pada secarik kertas kemudian merobek dan membuangnya. Kita akan melihat kekhawatiran kita berpindah dari pikiran ke kertas kemudian secara perlahan menghilang.

 

10. Treatment and Therapies

Banyak teknik dan jenis terapi yang dapat kita lakukan seperti akupuntur, EFT (Emotional Freedom Techniques), refleksiologi, dan beragam terapi lainnya. Namun, dengan kondisi pandemi seperti sekarang, kita perlu lebih selektif dalam memilih jenis terapi yang di rasa sesuai dan dapat dilakukan sendiri di rumah.

 

Salam Confident…

4 thoughts on “Resensi Buku: How To Be Confident

  1. Buku yg ‘menyegarkan’ dg banyak quote positif dan tips yg menarik. Highly recommended to read to help boost our confidence.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Dyarinotes is protected
%d bloggers like this: