Aku Butuh Si Bersin!

Ternyata Aku membutuhkan mu. Kau seperti jet pribadiku. Mengapa orang menjauh jika ku bersama mu. Tanpamu ku lemah. Dirimu berarti untuk ku. Aku Butuh Si Bersin!

Aku butuh si Bersin. Siapapun pasti pernah bersin, termasuk aku dan kamu. Umumnya orang hanya bersin satu kali dalam satu waktu. biasanya di pagi hari sehabis mandi. Ketika si Bersin datang, denyut jantung kita akan terasa melambat.

Jika bersin di tempat umum sepertinya kurang sopan yaa. Padalah hal ini penting banget buat diri kita. Kamu justru bisa saja mengalami dampak berbahaya jika menahan bersin, seperti pecahnya pembuluh darah mata, rusaknya pembuluh darah otak, atau pecahnya gendang telinga.

Bersin sangat membantu kita membersihkan iritan dari saluran pernapasan. Berkat dirimu si bersin, partikel asing bakal keluar dari hidung. Untuk beberapa kasus, bersin yang mencapai 2-3 kali masih di kategorikan normal.

 

Si Bersin Yang ku Kenal


Jika kita bersin, mata kita secara otomatis akan tertutup. Jika pun kamu memaksakan untuk membuka mata, dirasa akan sulit. Ini adalah bagian dari reaksi refleks tubuh kita.

Menurut studi semakin besar tubuh seseorang, maka makin tinggi pula kecepatan bersin bahkan melampaui kecepatan mobil balap Formula 1.

Bersin adalah suatu aktivitas tubuh untuk mengeluarkan udara dengan keras, kuat di sertai hentakan melalui dua lubang yakni hidung dan mulut.

Bersin bisa memberikan kesehatan pada tubuh, karena aktivitas ini merupakan bagian penting dari proses kekebalan tubuh. Jadi saat kita akan bersin, jangan ditahan. Bersin sangat di butuhkan.

Banyak orang yang kerap menahan bersin, tepatnya pada mulai terasa akan bersin. Biasanya mereka menahan bersin dengan menutup hidung, mulut, dan bahkan melakukan gerakan menelan saat hendak bersin. Namun, aktivitas ini ternyata begitu berbahaya.

Ingus atau lendir yang keluar saat kita bersin biasanya berwarna jernih, dan hal tersebut terbilang normal. Akan tetapi bila ternyata ingusmu memiliki warna seperti warna hijau, kuning, atau cokelat, boleh jadi kamu mengidap suatu penyakit atau infeksi.

Seperti halnya berolahraga, ketika bersin pada prosesnya melibatkan beberapa anggota tubuh seperti tenggorokan, dada, diafragma, dan perut.

Saat yang tidak terduga ketika mengalami bersin setelah makan, maka ini dimungkinkan karena pengaruh makanan yang baru saja kita makan. Ada beberapa jenis dari makanan yang jika diteliti akan dapat menimbulkan iritasi lambung sekaligus memicu peradangan pada hidung. Bersin yang di karenakan oleh pengaruh makanan disebut dengan gustatory rhinitis.

 

  Sisi Lain Kehidupan di Rumah Saat Pandemi

Saat Kita Butuh Bersin

Menurut penelitian, menahan bersin bisa menimbulkan tekanan serius di dalam tengkorak dan dalam beberapa kasus, hal itu bisa merusak gendang telinga. Menahan bersin juga bisa membuat udara terperangkap di dalam paru-paru dan membuat pembuluh darah di otak membengkak.

Berikut dampak buruk yang terjadi jika kita menahan bersin:

  1. Pembuluh darah di bagian putih mata akan pecah. Hal itu bisa menyebabkan memar pada bagian putih mata di sekitar iris;
  2. Anda berisiko mengalami gangguan pendengaran atau vertigo karena tekanan udara yang masuk ke telinga bisa memecahkan gendang telinga atau cedera pada bagian dalam telinga;
  3. Cedera pada diafragma; dan
  4. Pembuluh darah pada otak akan melemah dan bisa pecah karena meningkatnya tekanan darah.

 

Insight

Aku Butuh Si Bersin!

BERSIN bisa memberikan kesehatan pada organ tentu secara tidak langsung, karena aktivitas ini merupakan bagian penting dari proses kekebalan tubuh. Jika bersin, maka kita akan membersihkan hidung dari bakteri dan virus.

Menahan bersin dengan menghalangi jalan udara dari hidung dan menutup mulut adalah manuver yang bahaya, dan sebaiknya di hindari.

Saat ada tanda-tanda ingin bersin, segera sediakan tisu dan lepaskan saja secara alami. Gunakan sapu tangan atau tisu untuk menutupi mulut.

 

  Kemampuan Untuk Menjadi Bahagia

Salam, Dyarinotes

One thought on “Aku Butuh Si Bersin!

  1. Bersin memang sangat dibutuhkan namun dalam intensitas yang rendah tetapi bila itu terjadi terlalu sering itu malah akan merusak kesehatan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Dyarinotes is protected
%d bloggers like this: