Menu Tutup

Kesehatan Keluarga Dimasa Penghujan

Hujan di musim penghujan sudah menjadi kebiasaan di Indonesia. Untuk sebagian orang, musim hujan di anggap menjadi momen spesial. Waktu di saat hujan turun tak hanya di artikan sebagai tanda dari kondisi cuaca tetapi berkah dari yang maha kuasa. Di masa penghujan ini, kita harus senantiasa menjaga kesehatan. Keluarga lebih di utamakan.

Hujan dapat di artikan sebuah presipitasi berwujud cairan, berbeda dengan presipitasi non-cair seperti salju, batu es dan slit. Hujan memerlukan keberadaan berupa suatu lapisan atmosfer tebal agar dapat memenuhi suhu di atas titik leleh es di dekat dan di atas permukaan Bumi.

Pada masa musim penghujan, banyak sekali yang terjadi setelahnya dari genangan air, banjir bahkan sampai kepada nyamuk. Kuman juga cendrung berkembang pada musim penghujan. Yaa… tak heran batuk, pilek dan demam merajalela.

rain1

Menjaga Kesehatan Itu Penting

Di musim penghujan ini, menjaga kesehatan merupakan faktor penting. Untuk tetap terjaga dan selalu produktif di masa penghujan ada beberapa tips dan saran yang bisa kita lakukan.

  Cara Alami Mencegah Kulit Keriput Agar Tetap Cantik

1. Tidur yang Cukup

Enaknya tidur di saat hujan. Beristirahatlah saat Anda lelah. Segarkan dan perbarui diri Anda, tubuh Anda, pikiran Anda, jiwa Anda. Lalu, kembali bekerja. Istirahat yang cukup merupakan salah satu solusi yang cukup praktis ketika musim penghujan melanda.

Beristirahat bisa memulihkan sistem imun tubuh setelah beraktifitas sehari semalam. Tidur adalah investasi dalam energi yang Anda butuhkan untuk menjadi efektif keesokan hari.

2. Menggunakan Pakaian Hangat

Dinginnya udara ketika hujan turun. Pakaian hangat pun menjadi primadona yang di minati untuk di kenakan. Pastikan pada saat hujan turun anda menggunakan sweater, jaket atau baju lengan panjang untuk mencegah tubuh kita menggigil karena kedinginan.

3. Mengelola Stres dengan Baik

Sebenarnya stres selalu berorientasi buruk pada hidup Anda. Mengelola stres yang tepat sangatlah baik bagi kesehatan terkhusus di musim hujan. Adanya stres mendasari semua tindakan yang Anda lakukan.

Tanpa adanya stres, Anda tidak memiliki kekhawatiran untuk melakukan hal ini dan itu. Sayangnya, tidak semua orang tahu cara menghadapi dan mengatasi stres dengan baik sehingga menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan.

  Kebiasaan Sepele Pemicu Problem Kesehatan

4. Konsumsi Suplemen Tambahan

Ketika tubuh kurang fit di musim penghujan, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi suplemen tambahan agar kebutuhan vitamin dan mineral tercukupi dan agar sistem imunitas anda meningkat. Jika perlu, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen.

5. Rajin Berolahraga

Kebanyakan orang akan merasa pw jika hujan turun. ada yang di tempat tidur, di depan televisi, warung kopi, atau pun di depan meja komputer sambil bekerja.

Namun, tahukah kamu, jika kita berolahraga pada musim hujan justru akan membuat suasana hati menjadi lebih baik. Berolahraga saat musim penghujan di percaya meningkatkan endorfin, sehingga mood kita pun menjadi lebih baik.

6. Jaga Kebersihan

Perubahan iklim dapat merubah keadaan lingkungan dan Kebersihan lingkungan dapat mempengaruhi kesehatan keluarga, terutama saat musim hujan. Karenanya penting untuk menjaga kebersihan lingkungan secara berkala.

Genangan air merupakan pemandangan yang umum saat musim hujan. Air yang tergenang bisa menjadi tempat berkembang biak bagi nyamuk, pastinya. Dengan menjaga rumah dan lingkungan tetap bersih dan kering menjadi bagian terpenting saat hari hujan.

  Remote dan Hybrid Work, Trend Kerja Masa Depan

Salam DyariNotesCom

Posted in health

More Options

Tinggalkan Balasan