kesehatan jiwa

1 dari 100 Pembahasan Meditasi yang Benar dan Mudah serta Manfaatnya

Rasa cemas berlebih sangat tidak menyenangkan. Ketika kecemasan datang dan mulai menyerang, berbagai upaya di lakukan untuk mengusir rasa tersebut. Minum pil misalnya. Untuk menenangkan rasa cemas, kesabaran dan ruang untuk bernapas menjadi siasat yang cukup tepat di awal.

Namun, rasa panik terlalu menguasai diri lebih dalam membuat rasa cemas semakin menjadi-jadi dan membuat semakin keruh suasana dan kesehatan tubuh anda. Tubuh merespons stres dengan melepaskan hormon yaitu hormon epinefrin (adrenalin) dan hormon norepinefrin yang menyebabkan detak jantung, aliran darah, dan tekanan darah menjadi meningkat dengan seketika.

 

Mereka sebut Meditasi

Meditasi katanya dapat menurunkan detak jantung. Meditasi dapat juga mengatur aliran dan tekanan darah kita menjadi lebih normal. Saat kita bermeditasi, Kamu turut berlatih mengesampingkan dan membirakan serta melepaskan berbagai pikiran negatif, yang bisa menyebabkan datangnya stres. Hal tersebut membuat pikiran kita menjadi tenang dari pada sebelumnya.

 

Kata Dokter, Meditasi merupakan Solusi Mengatasi Stres dan Penyakit


Metode atau metoda Meditasi bisa dijadikan alternatif untuk menciptakan ketenangan dalam diri. Meditasi dapat juga mengajarkan Kamu tentang bagaimana cara mengendalikan pikiran pemicu cemas yang berlebih.

Beberapa cara yang dipercaya untuk menghilangkan rasa kecemasan yang sering dialami siapapun tanpa terkecuali teman, pacar, bapak dan ibu bahkan orang yang ada di depan anda pernah mengalaminya.

 

Fokus pada Pernapasan

sisi tangan Anda di atas perut, fokuskan pikiran pada pernapasan Anda. Hitunglah napas serta perhatikan gerak tubuh ketika menarik dan mengembuskan napas. Lakukan gerakan tersebut selama 10 detik, lalu ulangi beberapa kali jika perlu.

 

Kenali Tubuh Anda

Pejamkan mata Anda dan fokuskan pada pikiran. Pelajari dan rasakan setiap bagian aliran tubuh yang Anda miliki walaupun kurus atau gemuk, Bersyukurlah. Hal ini sangat berguna untuk mengenal diri Anda sendiri dengan lebih baik dan lebih bijak.

  Aku Butuh Si Bersin!

 

Lakukan Kontak Tubuh Anda dan Lingkungan Sekitar

Ketika melakukan metode meditasi, sikap peka terhadap gerakan yang dilakukan tubuh dan kejadian di lingkungan sekitar menjadi kunci utama yang perlu anda diperhatikan.

Resapi dengan sangat kontak tubuh dengan lingkungan sekitar anda, seperti bagaimana kaki terasa menapak pada permukaan lantai yang bergelombang, berbatuan dan dingin.

Ketika hal-hal dan fikiran negatif mulai merasuki pikiran anda, fokuskan pikiran Anda kembali pada kontak tubuh dan lingkungan sekitar.

 

Pelajari Tubuh Anda

Tubuh adalah bagian dari diri kita. Pejamkan mata dan fokuskan pada pikiran. Pelajari dan rasakan setiap bagian sisi tubuh yang Anda miliki dari bibir, leher, ketiak, dada sampai ke kaki. Hal ini sangatlah bermanfaat dan berguna bagi kita dalam mengenal diri sendiri dengan lebih baik.

 

Bayangkan bahwa Cahaya Matahari Menyinari Tubuh Anda

Kehangatan dari cahaya sinar matahari dianggap dan dipercaya mampu mencairkan ketegangan dalam tubuh. Ketika kita sedang bermeditasi, ciptakan suasana seolah-olah matahari sedang menyinari dan membasahi tubuh.

Nikmati momen tersebut. Baiknya kegiatan meditasi ini di lakukan di luar ruangan, langsung di bawah cahaya sinar matahari pagi yang sejuk nan indah.

 

Bebaskan Semua Pikiran

Pikiran negatif akan merusak dan tidak akan pergi begitu saja ketika di usir dengan paksaan. Yang di butuhkan bagi pikiran ketika sedang cemas adalah ruang yang cukup untuk berpikir dan menenangkan diri, menenangkan pikiran dan sebaiknya biarkan otak dan perasaan bebas berpikir.

 

Bersahabatlah dengan Diri Anda Sendiri

Ketika sedang cemas melanda, terkadang diri bisa jadi musuh. Coba posisikan diri anda sebagai sahabat untuk diri sendiri. Berikan pertanyaan seperti “apa hal yang sangat kamu inginkan?”.

Dengan melakukan atau memposisikan diri sebagai orang lain, pikiran akan perlahan terbuka untuk bercerita dan menenangkan rasa cemas dalam diri.

  Semua Dimulai Pada Usia 40 Tahun

 

Pikirkan Orang Terkasih Menempatkan kebahagiaan orang terdekat ataupun orang lain yang kita kenal sebelum diri sendiri merupakan salah satu cara yang efektif dalam melepaskan emosi jiwa. Untuk itu, fokuskan pikiran Anda pada kebahagian orang tersayang.

 

Meditasi di Gunung

Naik naik keatas gunung tinggi tinggi sekali. Hehee … Gunung ternyata tak hanya memanjakan mata tapi juga sangat bermanfaat bagi kesehatan jiwa.

Naik gunung memberikan pengalaman baru bagi seseorang untuk memahami bahwa terdapat hal lain yang lebih besar adanya dari diri mereka sendiri.

Para pendaki gunung juga mendapatkan manfaat meditasi saat menjalani aktivitasnya di tengah-tengah alam.

Bisa saja di dapat jika Anda naik gunung dengan memfokuskan diri pada beberapa hal seperti pemandangan, pepohonan, awan, suara dan aroma alam yang khas dan menenangkan jiwa.

Rasa letih saat mendaki tidak akan terasa dan jika kegiatan naik gunung di lakukan bersama orang yang kita kenal dekat, manfaat yang di rasakan akan semakin baik dan maksimal.

 

Mediasi Anak Remaja

Anak dan remaja masih dalam tahap perkembangan dari fisik maupun spikis. Pertumbuhan mereka bisa saja terhambat akibat stres sebagai imbas dari kehidupan yang di rasa kurang sehat. Salah satunya penggunaan teknologi seperti media sosial.

Kenalkan meditasi pada anak anda. Meditasi dapat membantu anak dan remaja membangun rasa percaya diri serta ketahanan diri.

Pada saat mereka mulai belajar memahami sinyal dalam tubuh akibat stres, maka mereka dapat menggunakan cara meditasi untuk mengatasi dan menyeimbangi pikiran dan permasalahan tersebut.

Butuh pendekatan, agar mereka dapat memahami cara-caranya dengan lebih baik. Pilih suatu subjek yang menarik minat mereka untuk melakukan gerakan-gerakan tertentu.

Teknik meditasi yang di terapkan pada anak dan remaja juga bisa di bilang berbeda. Menggunakan imajinasi dapat menjadi cara yang cukup lumayan baik untuk membantu anak memahami meditasi itu apa, sekaligus menghilangkan beban pikiran akibat stres yang sedang di hadapinya.

  Jaga Kesehatan Dimasa Penghujan

Meditasi bagi anak memiliki manfaat, di antaranya:

Memperbaiki hubungan dengan orangtua dan orang di sekitarnya, mengurangi depresi dan stres, meningkatkan rasa percaya diri, meningkatkan kebahagiaan, memperkuat kontrol diri dan pengembangan karakter secara bersamaan, meningkatkan konsentrasi, meningkatkan kesabaran, memberi waktu tenang di sela-sela kegiatan anak yang padat.

Durasi meditasi yang di sarankan oleh para pakar: Anak pra sekolah: beberapa menit per hari, Anak sekolah: 3-10 menit dua kali sehari dan Remaja dan dewasa: 5-45 menit per hari.

Bernapas, mendengarkan, berekspresi, bergerak dan berjalan dapat di lakukan bagi meditasi untuk anak dan remaja.

 

Meditasi Usia Lanjut

Meditasi merupakan olahraga tubuh dan pikiran yang bisa di praktekkan oleh siapa pun tanpa terkecuali orang yang sudah lanjut usia. Teknik yang cukup sederhana ini bisa di lakukan di mana pun Anda berada dan kapan saja.

Dalam Journal International yang terpercaya menemukan bahwa orang dewasa yang lebih tua yang berlatih meditasi secara teratur bisa meningkatkan fungsi memori dan kinerja kognitif mereka secara lebih baik.

Dua fungsi ini juga merupakan faktor risiko utama untuk penyakit Alzheimer. Alzheimer adalah jenis kepikunan yang menghancurkan memori dalam otak dan juga memengaruhi pemikiran dan keterampilan perilaku bagi seseorang.

 

Salam, Dyarinotes

2 thoughts on “1 dari 100 Pembahasan Meditasi yang Benar dan Mudah serta Manfaatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Dyarinotes is protected
%d bloggers like this: