pemandangan indah

Ancaman Gibah Terhadap Kehidupan Bermasyarakat

Bergunjing atau ‘Gibah’ memiliki arti suatu tindakan yang di lakukan dengan membicarakan keburukan atau aib orang lain. Menurut Islam, perbuatan tersebut termasuk terlarang. Seharusnya kaum Muslimin menghindari perbuatan tersebut. Gibah itu sendiri bisa menjadi ancaman besar terhadap kehidupan bermasyarakat. Kehidupan bermasyarakat akan terpecah belah karena perbuatan tersebut.

 

Menjauhi Perbuatan Gibah

Salah satu kunci dalam menjauhi perbuatan Gibah adalah dengan kesadaran diri. Sadar dengan sepenuhnya bahwa itu perbuatan yang tidak baik.

Sebagai masyarakat biasa, kita harus mengakui bahwa tidak ada seorang pun yang luput kesalahan dan khilaf. Dan yang pasti, belum tentu orang yang digunjingkan lebih rendah dari pada diri sipelaku sendiri.

Hadis Rasulullah SAW mengingatkan kita, “Wahai sekalian manusia yang beriman dengan lisannya, sementara iman itu belum masuk ke dalam relung hatinya. Janganlah kalian bergibah (menggunjing) kaum Muslimin. Jangan pula kalian mencari-cari kesalahan mereka. Bagi orang yang suka mencari-cari kesalahan (aib) saudaranya sesama kaum Muslimin, maka Allah membuka aibnya, walaupun dia berada di dalam rumahnya (tersembunyi dari masyarakat).

  Tiga Teman Setelah Mati

Dalam Alquran dalam Surat Al-Ahzab, ayat 58 mengingatkan kita, yang artinya, “Dan orang-orang yang menyakiti kaum beriman, dari kalangan laki-laki dan perempuan, tanpa adanya kesalahan yang mereka perbuat, maka sesungguhnya orang-orang itu telah memikul kebohongan dan dosa yang nyata”.

Bergunjing dapat menambah dosa dan kesalahan, sedangkan orang yang sedang di pergunjingkan akan bertambah pahala serta berkurang dosanya.

 

Notes

Membicarakan keburukan orang tidak akan membuatmu terlihat sempurna. Cermin selalu tidak terlihat ketika kalian membicarakan orang lain.

Mendengarkan orang yang sedang melakukan ghibah dengan sikap kagum dan menyetujui apa yang di katakannya. Dan hukumnya sama dengan melakukan ghibah.

Orang yang tidak suka padamu akan terus mencari kesalahanmu seraya mempengaruhi orang lain untuk tidak menyukaimu.

 

Salam Dyarinotes


 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Dyarinotes is protected
%d bloggers like this: