Pasar Online, Penyedia Kebutuhan Pembeli dalam Jutaan Transaksi

Transaksi perdagangan online (ecommerce) di Indonesia memiliki masa depan cerah. Pasalnya, nilai transaksinya terus meningkat selama lima tahun terakhir. Marketplace adalah salah satu pemain terbesar dalam bisnis ecommerce Indonesia.

Selama pandemi covid-19, banyak sekali perusahaan yang terkena dampak tekanan pada sektor keuangan dan terkadang mengambil pilihan dengan melakukan kebijakan pengurangan pegawai untuk mempertahankan kelangsungan usaha.

Dalam keadaan yang terjepit lagi terhimpit bukan jadi alasan bagi para pengusaha dan pedagang membuat perubahan karena situasi yang tengah terjadi. Pasar online menjadi pilihan yang sangat tepat.

Pasar online atau biasa di sebut dengan istilah e marketplace bisa di katakan tempat di mana ribuan bahkan beberapa di antaranya hingga jutaan pedagang menjajakan barang dagangannya. Bisa diakses oleh siapapun dan dari belahan dunia manapun.

Apabila anda merebut hati pembeli, Pasar Online dapat menghasilkan Jutaan Transaksi dengan keuntungan yang lumayan.

 

Dalam Situasi pengguna internet semakin meningkat

 

Sebagai contoh, seorang pengusaha yang cukup berhasil dalam bisnis online adalah “Pak Yusuf”.

  Kisah Klasik Cerita Dibalik Ya, Goo dan Se

Beliau adalah seorang pedagang dan juga pengusaha sukses di Jakarta. Dalam sehari ia bisa meraup keuntungan hingga jutaan rupiah. Pak Yusuf memiliki banyak jenis produk yang dia jual dengan memanfaatkan platform tokopedia.

Sejak di dirikan pada tahun 2009, Tokopedia telah bertransformasi menjadi sebuah unicorn yang berpengaruh tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Asia Tenggara. Hingga saat ini, Tokopedia merupakan marketplace yang paling banyak di kunjungi oleh masyarakat Indonesia.

Dalam berbisnis Pak yusuf memanfaatkan tokopedia menjadi platform dalam memasarkan dagangannya. Dengan alamat toko tokopedia.com/bundasonya, ia beserta beberapa orang pegawai menjual berbagai barang yang kita butuhkan dengan harga menarik dan kwalitas terbaik tentunya.

 

Semakin mudah belanja produk bundasonya di Tokopedia. Cek aja, pasti ada yang kamu suka.

motto tokopedia.com/bundasonya

 

httptokopedia.combundasonya

 

Apa Itu Marketplace?

 

Marketplace adalah perantara antara penjual dan pembeli di dunia maya. Situs marketplace bertindak sebagai pihak ketiga dalam transaksi online dengan menyediakan tempat berjualan dan fasilitas pembayaran. Bisa di katakan marketplace adalah deparment store online.

Pada umumnya terdapat dua jenis kerja sama di situs marketplace Indonesia, yaitu marketplace murni dan konsinyasi.

  Perkuatan Imajinasi Pembentuk Ilustrasi Menjadi Proyeksi

 

1. Marketplace Murni

Kerjasama marketplace murni adalah ketika situs marketplace hanya menyediakan lapak untuk berjualan dan fasilitas pembayaran. Penjual yang melakukan kerjasama marketplace di berikan keleluasaan lebih banyak di bandingkan kerjasama konsinyasi.

Penjual berkewajiban untuk menyediakan deskripsi dan foto produk secara mandiri. Selain itu, penjual juga dapat menerima penawaran harga dari pembeli.

Jadi sebelum melakukan pembayaran, pembeli dapat melakukan penawaran harga kepada penjual.

Setelah mendapatkan harga yang di sepakati oleh kedua belah pihak, pembeli bisa mengirimkan sejumlah uang ke rekening yang di sediakan marketplace. sebagai contoh: Tokopedia.

 

2. Marketplace Konsinyasi

Jenis kerjasama yang kedua adalah konsinyasi atau istilah mudahnya adalah titip barang. Jika penjual melakukan kerjasama konsinyasi dengan situs marketplace, ia hanya perlu menyediakan produk dan detail informasi ke pihak marketplace.

Salah satu contoh marketplace yang menyediakan kerjasama konsinyasi adalah Zalora.

 

Sesuai dengan fungsinya, saat ini ada tiga jenis platform e-marketplace, meliputi:

 

1. Customer to customer (C2C)

Di peruntukkan terutama bagi perseorangan yang akan menjual barangnya langsung ke konsumen.

  Ketika Dominasi WhatsApp Terancam, Yahoo Bertindak

 

2. Business to business (B2B)

Di peruntukkan bagi perusahaan yang akan menjual produk-produknya ke perusahaan lain. Bisa produsen ke produsen berupa jual beli bahan baku atau barang setengah jadi.

Bisa juga produsen ke pedagang grosiran atau eceran berupa jual beli barang jadi siap jual.

 

3. Business to Costumer (B2C)

Diperuntukkan bagi perusahaan yang akan menjual produk-produknya langsung ke konsumen.

 

Memanfaatkan platform toko online adalah peluang besar, terutama bagi pengusaha seperti Pak Yusuf dengan tokopedia.com/bundasonya.

Selain bisa menjadi sarana promosi, toko online juga bisa meningkatkan omset penjualan, lapangan kerja serta kepercayaan pelanggan terhadap produk semakin bertambah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Dyarinotes is protected
%d bloggers like this: