Membedah Dunia Editing Dalam Meraih Keuntungan Brand

Dyarinotes  |  Saat ini, Banyak sekali cara yang dilakukan oleh produsen suatu produk untuk meningkatkan omset penjualan, salah satunya dengan menggunakan banner gambar dan video yang sudah diedit menjadi tampilan yang menarik. Dan banyak juga yang melakukan investasi secara besar-besaran dengan pola Brand atau branding.

Apakah itu Sah?

Menurut Penulis sih sah-sah saja selagi tidak menipu dan merugikan konsumen atau bisa di bilang kita sebagai pemakai brand tersebut.

Foto atau gambar dalam sebuah brand, banner, video merupakan representative dari apa yang ingin di sampaikan. Banner sebuah produk pakaian contohnya, menjadi sangat indah dan enak untuk di pandang apalagi si model yang ada digambar begitu sesuai mengenakannya, akan tetapi maaf untuk di sampaikan belum tentu produk itu cocok untuk kita kenakan.

 

BRAND ADALAH WAJAH

Brand bisa di sebut dengan Merek dan brand adalah dua istilah yang paling sering di dengar pada sebuah bisnis atau usaha apapun baik itu barang dan jasa.

Sebuah brand dapat tinggal dan menciptakan kesan yang mendalam pada pikiran seseorang. Siapa saja yang berpengalaman dengan brand tersebut baik itu karyawan, investor, media dan yang paling penting adalah konsumen atau pemakai. Bisa di bilang brand merupakan sebuah persepsi dan juga bisa kita sebut tampak muka atau wajah.

Tampak Muka Siapa? Wajah Siapa?

Yaa… tentu saja muka dari si produsen, wajah sang pemilik dari produk yang di hasilkan.


Branding adalah salah satu hal penting yang harus di bangun oleh sebuah bisnis di era globalisasi. Hilangnya batasan membuat persaingan usaha juga semakin ketat. Bisa kita lihat, perusahaan atau bisnis yang berasal dari luar negeri dapat berdiri di Indonesia. Bahkan tidak hanya satu atau dua saja jumlahnya, akan tetapi banyak. Karenanya sebagai pelaku usaha Kamu juga harus memiliki dan membangun brand dari usaha bisnis mu.

Secara Sederhana unsur dari Branding itu sendiri meliputi:
1. Nama merek;
2. Logo, meliputi tipe logo, bendera dll;
3. Tampilan visual, seperti desain produk, desain kemasan dsb;
4. Juru bicara, seperti maskot dan tokoh perusahaan;
5. Suara, seperti ikon bunyi, lagu;
6. Kata-kata, meliputi slogan, tagline.

  Susu yang Rectangular VS Soft Drink yang Bundar

Kesemuanya itu tidak terlepas yang namanya proses editing atau edit yang biasa dilakukan oleh editor. Terkadang kita sedikit termenung, brand atau wajah apa yang ingin kita tampilkan dari produk kita. Akan kemana arah pasar dari produk yang kita buat.

Bagi perusahaan branding, bukan hanya sekedar merek atau produk Anda di kenal tetapi juga sebagai image perusahaan secara keseluruhan atau bagaimana masyarakat merasa bahwa perusahaan Anda merupakan yang terbaik.

 

EDITING GAMBAR

Editing Gambar atau Penyuntingan gambar digital adalah sebuah proses pengubahan gambar digital, baik gambar yang berasal dari foto digital atau gambar digital bentuk lainnya. Penyuntingan/ editing ini biasanya di lakukan dengan sebuah program komputer di sebut editor gambar untuk mengubah dan memperindah gambar.

Sejatinya, proses editing akan membantu membuat foto atau gambar tampak berbeda dan menarik. Di tambah lagi dengan keahlian dalam memadupadankan foto menjadi tampilan unik untuk siap edar. Proses editing seperti ini memang membutuhkan waktu yang cukup lama jika kita pemula. Namun bila sudah melihat hasilnya, kalian akan merasa tertarik untuk membeli barang atau produk yang ada pada banner tersebut.

 

EDITING VIDEO

Di era digital seperti sekarang ini perkembangan dunia digital begitu pesat terutama pada bidang editing. Mungkin banyak orang yg sudah mengetahui tentang video editing atau edit video dan banyak juga beberapa diantara nya sangat mahir terutama bagi orang yang berkecimbung didalam dunia konten creator seperti youtube.

Apa itu video editing?

video editing sederhananya merupakan proses seleksi, penambahan judul atau teks, sound effect menjadi video fix yang mempunyai tampilan dan format video seperti yang di inginkan editor.

Tujuan dari proses video editing adalah membuat suatu rekaman video mentah menjadi suatu tampilan video yang menarik. Menarik siapa? Menarik Konsumen.

Sebagai contor dapat kita lihat di social media Youtube.com banyak sekali menjual produk yang berasal dari korea. Dalam video biasanya menampilkan wanita jelek menjadi sangat menarik akibat di poles produk kosmetik.

  Waktu Akan Terus Berjalan

Pada proses video editing ini kita dapat memilah-milah bagian mana dari video mentah yang kita inginkan dan kita dapat membuang bagian-bagian dari video mentah yang tidak kita inginkan, kita juga dapat memperbaiki hasil rekaman video kita yang terlalu gelap atau terang, ataupun warnanya yang terlalu kuning/merah/biru. Selain itu dalam proses video editing kita juga dapat menggabungkan antara foto dengan video, serta mengambil foto dari video.

Untuk menjadi seorang video editor yang handal di perlukan jiwa seni dan kreatifitas yang baik, untuk dapat merasakan apakah video yang telah siap di tayangkan itu sudah menarik atau belum.

 

Tips Menarik Ribuan Konsumen Dengan Menggunakan Banner

Ada banyak cara yang bisa di lakukan untuk mendatangan ribuan konsumen supaya tertarik pada bisnis Anda. Bukan hanya dengan membuat perencanaan yang tepat, tapi teknis marketing yang di lakukan juga harus sesuai. Di era modern seperti sekarang ini, menggunakan banner adalah salah satu teknik pemasaran yang banyak di gunakan oleh perusahaan-perusahaan besar saat ini.

Banner di pakai untuk lebih menarik perhatian dari konsumen. Dengan memanfaatkan banner, maka strategi pemasaran yang di tetapkan bisa menjadi lebih optimal. Namun sebelum memutuskan untuk memilih background yang tepat. Maka ada beberapa hal yang harus Anda ketahui dalam proses membuat banner sehingga bisa membuat perusahaan menjadi untung besar.

Berikut Dyarinotes rangkum, langkah-langkah dalam Pembuatan Banner, antara lain:

 

Memilih Jenis Banner

Langkah pertama yang harus di lakukan dalam proses pembuatan banner adalah dengan menentukan jenis yang akan di buat.

 

Memilih Desain

Setelah menemukan jenis banner yang tepat sesuai dengan kebutuhan produk dan perusahaan. Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memilih desain. Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda menjatuhkan pilihan pada desain yang sesuai.

 

Memilih Background

Sebaiknya pilihlah background berwarna netral. Selain itu, jangan menggunakan terlalu banyak tulisan yang mengakibatkan kalimat di dalam banner menjadi terlalu kecil sehingga tidak bisa di baca oleh calon konsumen potensial Anda.

 

Letakkan Logo di Tempat Yang Tepat

Supaya marketing berjalan dengan lebih efektif, maka pastikan bahwa posisi logo berada di bagian paling atas banner.

  Seputar Aplikasi Clubhouse

 


 

Tips Dasar Menjadi Seorang Video Editor

Berikut ini dyarinotes rangkum mengenai tugas-tugas mendasar seorang video editor.

 

Menyunting Video

Menyunting atau mengumpulkan video yang sudah di ambil atau di rekam merupakan hal pertama yang harus di lakukan oleh seorang video editor. Video-video tersebut adalah hasil kerja para kameraman yang masih belum di olah, atau masih seusai dengan bentuk aslinya.

 

Menyusun Ulang

Setelah semua video yang direkam selama proses shooting sudah di kumpulkan, editor harus menyusun ulang video-video tersebut sesuai dengan urutan sebagaimana tercantum dalam naskah atau skenario.

 

Filter Video

Memfilter video berarti memilih gambar-gambar yang penting saja dan memberikan efek dan manipulasi grafik lainnya untuk meningkatkan tampilan video agar lebih enak di lihat, juga agar terhindar dari gambar-gambar yang mengganggu jalannya cerita.

Selain itu, pada proses filterasi ini seorang editor juga harus mengatur transisi atau perpindahan dari satu adegan ke adegan lain menjadi lebih halus. Filter video juga berkaitan dengan tata cahaya pada gambar-gambar yang sudah di kumpulkan.

 

Olah Suara

Setelah memfilter video, tugas selanjutnya dari seorang editor video adalah mengolah suara, baik suara asli yang muncul ketika proses pengambilan gambar atau suara-suara tambahan yang perlu di tambahkan untuk memperkuat suasana video, misalnya sound effect atau musik.

 

Membuat Titel

Setelah semua gambar atau video sudah tersusun menjadi kesatuan cerita yang utuh dan sesuai dengan skenario, tugas selanjutnya adalah membuat titel pada video tersebut, yaitu informasi teks atau keterangan yang berkaitan dengan materi video.

 

Finishing

Setelah tahapan-tahapan di atas selesai di kerjakan, video editor harus melakukan pekerjaan akhirnya, yaitu tahap finishing.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Dyarinotes is protected
%d bloggers like this: