Atomic Habits: Perubahan Kecil yang Memberikan Hasil Luar Biasa

Disadari atau tidak, banyak orang mengira ketika kita ingin mengubah hidup, kita perlu memikirkan hal-hal besar.

Namun, seorang James Clear, telah menemukan sebuah cara lain. James Clear tahu bahwa perubahan nyata muncul dari efek gabungan ratusan keputusan kecil, mulai dari mengerjakan dua push up dalam sehari, bangun lima menit lebih awal, hingga menahan sebentar hasrat untuk menelepon. Ia menyebut semuanya itu dengan Atomic Habits.

Buah karya James Clear ini, diawali dengan pengantar memukau yang ditulisnya sendiri tentang kisah hidupnya yang mengharukan.

Buku ini secara garis besar mengungkapkan bagaimana perubahan-perubahan sangat remeh dapat membuahkan hasil yang sangat mengubah hidup. Sebuah sistem revolusioner untuk menjadikan kita satu persen lebih baik setiap hari.

James Clear mengungkapkan ada empat langkah sederhana untuk menghasilkan kebiasaan yang lebih baik dan mengantarkan pada perubahan yang besar.

Empat langkah tersebut yaitu menjadikannya terlihat, menjadikannya menarik, menjadikannya mudah, dan menjadikannya memuaskan.

Jikalau kita menginginkan hasil yang terbaik, lupakanlah sasaran yang akan kita tuju dan mulailah fokus pada sistem. Kebiasaan-kebiasaan kecil akan membentuk identitas kita dan sebaliknya. Dan kebiasaan dibentuk dalam sistem-sistem hidup kita.

  Resensi Buku Segala-galanya Ambyar: Sebuah Buku Tentang Harapan

 

Kaidah Pertama: Menjadikannya Terlihat

 

Tips yang pertama adalah mengisi kartu nilai kebiasaan. Tulis kebiasaan-kebiasaan kita saat ini. Petunjuk paling umum untuk menjadikan kebiasaan kita terlihat adalah waktu dan lokasi. Contoh implementasinya, saya akan melakukan (perilaku) pada (waktu) di (lokasi).

Bisa juga dengan strategi memasangkan kebiasaan baru dengan kebiasaan yang sudah ada. Setelah melakukan (kebiasaan sekarang), saya akan melakukan (kebiasaan baru).

 

Kaidah Kedua: Menjadikannya Menarik

 

Kita perlu fokus pada manfaat menghindari kebiasaan buruk, sehingga menjadikannya terkesan tidak menarik. Kebiasaan menjadi menarik ketika kita mengaitkannya dengan perasaan positif dan menjadi tidak menarik ketika menghubungkannya dengan perasaan negatif.

Penyebab kita melakukan kebiasaan tertentu adalah adanya prediksi yang mendahului kebiasaan itu. Prediksi dapat mengantarkan pada perasaan positif atau negatif. Jadi kita perlu berhati-hati dalam memprediksi kebiasaan yang akan dilakukan.

 

Kaidah Ketiga: Menjadikannya Mudah

 

Ketika kita bermimpi akan membuat perubahan besar, seringkali kita dikuasai gairah dan akhirnya ingin melakukan terlalu banyak hal dalam waktu yang singkat.

  Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat: Pendekatan yang Waras Demi Menjalani Hidup yang Baik

Cara yang paling efektif untuk menyiasatinya adalah dengan menggunakan aturan dua menit, yaitu kebiasaan baru kita, harus dilakukan dalam waktu kurang dari dua menit. Contohnya membaca buku sebelum tidur diganti menjadi membaca satu halaman.

Tujuannya adalah membuat kebiasaan kita dimulai semudah mungkin. Strategi ini sangat dahsyat karena begitu kita memulai kebiasaan dengan tepat, jauh lebih mudah untuk melanjutkannya.

Aksi-aksi berikutnya mungkin menyulitkan, tapi dua menit pertamanya haruslah mudah. Kita prioritaskan pada kebiasaan pembuka, kemudian secara alami akan mengantar kita ke jalur yang lebih produktif.

 

Kaidah Keempat: Menjadikannya Memuaskan

 

Rasa puas datang di kala kita mengalami kemajuan. Cara terbaik untuk mengukur kemajuan adalah dengan memantau kebiasaan. Misalnya kita membuat catatan harian makan atau catatan latihan olahraga. Ketika selesai melakukan kebiasaan tersebut, kita memberikan tanda silang atau centang.

 

Dengan begitu, rasa puas akan semakin mendorong kita untuk melanjutkan kebiasaan-kebiasaan yang lainnya dan secara otomatis akan membuat kita semakin bahagia dan percaya diri.

 

  Better Than Before

 

Salam, Dyarinotes

4 thoughts on “Atomic Habits: Perubahan Kecil yang Memberikan Hasil Luar Biasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Dyarinotes is protected
%d bloggers like this: