Kebiasaan Sepele Pemicu Problem Kesehatan

Dyarinotes.com | Kesehatan merupakan harta termahal dalam kehidupan ini. Kehidupan yang sehat di iringi dengan kebiasaan yang sehat pula. Terkadang kebiasaan sepele dapat juga menjadi pemicu problem kesehatan. Ada beragam kebiasaan sepele dalam keseharian yang turut berperan dalam menentukan kondisi kesehatan kamu. Sayangnya, jarang dirimu sadari.

Kesehatan merupakan kondisi kesejahteraan fisik, mental, dan sosial yang lengkap dan bukan sekadar tidak adanya penyakit. Pemahaman terkait kesehatan bergeser dari dahulu kala hingga tahun 2021. Belum terlambat untuk kamu memperbaiki kebiasaan sepele yang dapat memicu masalah kesehatan dan segera mulai menjalani hidup yang lebih baik.

Berikut Dyarinotes Rangkum beberapa Kebiasaan Sepele Pemicu Problem Kesehatan dari berbagai sumber, diantaranya:

 

Tidak Merapikan Kasur di Pagi Hari


Kebiasaan merapikan kasur di pagi hari tampak berkaitan dengan kesehatan fisik dan juga mental. Banyak orang tidak merapikan kasur mereka di pagi hari. Di antara orang-orang ini, mungkin merasa tidak bahagia.

 

Ngemil Disaat Tidak Lapar

Ngemil itu enak lho… Banyak orang punya ingin mencamil makanan sesuatu, meski perut tidak terasa lapar. Kadang camilan hadir untuk menghindari rasa kantuk. Namun, kebiasaan ini sesungguhnya kurang baik bagi kesehatan. Kebiasaan ngemil justru dapat menyebabkan makan berlebih, yang pada akhirnya memicu kenaikan berat badan serta meningkatkan risiko diabetes dan penyakit jantung.

 

 

Es Krim Tak Habis lalu Disimpan Kembali

Banyak orang yang mungkin pernah menyantap es krim langsung dari wadahnya, lalu menyimpan sisa es krim tersebut kembali ke lemari es. Terkadang bakteri dapat masuk ke wadah eskrim kamu tersebut.

 

Tidak Mencuci Muka Sebelum Pergi Tidur

Tidak mencuci muka sebelum tidur bisa menjadi salah satu penyebab kerusakan kulit. Hal ini dapat menyebabkan jerawat yang dapat merusak kulit Kamu.

 

Tidak menggunakan Tabir Surya saat Berjemur

Kanker kulit harus di waspadai. Penyebabnya adalah paparan sinar matahari berlebih, yang bisa memicu peradangan dan membentuk sel-sel kanker. Untuk itu, selaku kenakan tabir surya dengan kandungan SPF saat Kamu berada di luar ruangan. Lindungi tubuh Kamu dari sengatan sinar matahari dengan topi, kacamata hitam, baju lengan panjang, dan celana panjang.

 

Ngorok itu Biasa

Ngorok itu biasa di alami oleh banyak orang. Tapi, tahukah Kamu Ngorok atau mendengkur sejatinya merupakan satu masalah kesehatan yang bisa berujung bahaya?. Ngorok berpotensi menjadi tanda hipertensi yang tidak terdeteksi atau penyakit jantung. Mendengkur juga ditemukan meningkatkan risiko berbagai gangguan kardiovaskular dan juga menggangu orang disekitar kamu.

  Faktanya, Kebiasaan Makan Kita Mengganggu Pencernaan

 

 

Tidur Kebanyakan

Tidur yang cukup itu baik untuk kesehatan. Akan tetapi, tidur berlebih berkaitan dengan peningkatan risiko jantung, diabetes, dan kematian dini. Tidur berlebih juga dapat menjadi tanda dari depresi. Mungkin sebaiknya kamu bangun pagi. Hirup udara pagi dan berolahraga.

 

Diruangan dengan Suhu Ekstrim terlalu lama

Enaknya nya kerja di ruangan dengan suhu dingin, tidak gerah dan berkeringat. Tapi, taukah kamu, baik itu terlalu dingin atau terlalu panas, suhu ekstrem memengaruhi tingkat kelembapan kulit, sehingga bisa menghilangkan kelembapan alaminya.

 

Tidak Mengganti Sarung Bantal


Sarung bantal kamu bau tidak sedap dan jarang diganti. Hal itu tidaklah baik. Sarung bantal bisa mengumpulkan debu jika digunakan terlalu lama. Ketika menggunakan sarung bantal yang sama terlalu lama, maka kotoran tersebut akan menempel di wajah. Hal ini bisa saja menyebabkan jerawat terutama para cewek dimasa pertumbuhan.

 

Minyak Kelapa merupakan Pilihan Sehat

Manfaat minyak kelapa telah digembar-gemborkan selama beberapa tahun terakhir. Namun, Anda harus ingat bahwa minyak kelapa juga memiliki kelemahan yaitu tinggi lemak jenuh. Jadi, jangan berlebihan menggunakannya.

 

 

Tidak Pernah bersantai

Menikmati waktu santai setelah bekerja sangatlah penting untuk menjaga keseimbangan hidup. Jika terlalu kecapean dan kelelahan, Kamu benar-benar tidak dapat melakukan hal-hal sehat yang seharusnya kamu lakukan.

Dengan jarang memiliki waktu bersantai, kamu akan cenderung memiliki tekanan darah yang lebih tinggi dan tingkat hormon stres yang lebih tinggi pula.

 

Menonton Tengah Malam

Patut kita akui film di TV malam hari sangat bagus. Akan tetapi tahukah kamu, televisi itu memancarkan cahaya biru dan paparan cahaya biru di malam hari dapat mengganggu ritme jam biologis tubuh. Karena itu pola tidur kita pun ikut terganggu.

Kondisi atau suasana yang gelap di malam hari di perlukan oleh tubuh untuk memproduksi hormon melatonin yang dapat memunculkan perasaan mengantuk. Akan tetapi sebaliknya, cahaya biru dapat mengganggu produksi hormon melatonin.

 

Begadang Jangan Bergadang

Terlalu sering begadang di malam hari terbukti sangat tidak baik bagi kesehatan. Bergadang bisa memicu sakit kepala, sakit perut, sakit punggung, pusing, dan kelebihan berat badan.

Selain itu, dampak jangka panjang, kebiasaan begadang juga bisa meningkatkan sensitifitas meningkat atau mudah tersinggung.

 

Kesehatan Gusi Kamu Abaikan


Kesehatan gusi harus di perhatikan. Saat tidak di obati, penyakit gusi bisa memicu peradangan di seluruh tubuh. Peradangan gusi secara menerus dapat menyebabkan pembuluh darah melebar dan berkontraksi tidak normal.

  1 dari 100 Pembahasan Meditasi yang Benar dan Mudah serta Manfaatnya

 

Uang Di habiskan

Bagi Kamu yang memiliki kebiasaan menghamburkan uang, hendaklah waspada, karena itu kurang baik. Kondisi finansial yang demikian itu di sebut terindikasi memiliki korelasi dengan gangguan kesehatan mental bahkan keinginan untuk mengakhiri hidup atau bunuh diri.

 

Tidak Cuci Tangan dari Toilet

Cuci tangan mu jika dari toilet karena virus dan bakteri bisa menempel pada tangan orang-orang yang menggunakan toilet.

Bila tangan tersebut tidak di cuci setelah menggunakan toilet, virus dan bakteri yang menempel di tangan bisa menyebar ke berbagai benda yang di sentuh oleh tangan tersebut seperti mulut dan hidung.

 

Duduk terlalu Lama

Terlalu banyak duduk entah untuk urusan pekerjaan atau karena kamu orang yang malas, bisa membuat peluang untuk terkena “diabetes”. Selan itu, duduk terlalu lama juga bisa menurunkan metabolisme tubuh, sehingga kemungkinan bertambah berat badan semakin tinggi. Duduk terlalu lama juga bisa mempengaruhi kinerja jantung.

 

Tenggelam di media sosial

Anda bisa melihat banyak hal di luar Anda melalui media sosial atau pun platform-platform digital lainnya. Namun, bila hal itu di lakukan terlalu sering, konon dapat menimbulkan depresi pada pelakunya.

 

Menggigit Kuku

Kebiasaan menggigit kuku bisa berkaitan dengan masalah kecemasan dan obsessive compulsive disorder (OCD). Bila di biarkan, kebiasaan seperti ini dapat menyebabkan masalah pada gigi dan mulut, seperti maloklusi serta cedera pada gusi.

 

Menarik Rambut

Kebiasaan ini adalah trichotillomania. Menarik rambut dapat menyebabkan kebotakan bila di biarkan. Kebiasaan ini lebih sering di lakukan oleh perempuan. Pada kondisi ini, masalah kecemasan, stres, dan gangguan kesehatan mental lainnya perlu di waspadai.

 

Meratapi Masa Lalu Buruk

Seseorang mungkin pernah mengalami masa-masa sulit dalam hidupnya, bisa karena masalah asmara, relasi, pekerjaan dan ekonomi. Namun, hidup terus berputar dan tidak setiap hari kita mendapatkan kisah yang sulit seperti itu.

Terlalu banyak menghabiskan waktu sendirian untuk meratapi masa lalu, bisa meningkatkan kemungkinan Anda mengalami hipertensi, depresi serta masalah otak.

 

Konsumsi Obat Penenang Berlebih

Konsumsi obat penenang berlebihan sangatlah berbahaya. Mungkin ada dari kita yang memiliki kebiasaan ini, jika merasa stres, langsung mengonsumsi obat penenang. Obat penenang memang memiliki manfaat jika di konsumsi dalam kondisi, dosis, dan resep yang tepat. Namun apabila di lakukan secara berlebih itu akan mendatangkan kerugian bagi tubuh.

  Semua Dimulai Pada Usia 40 Tahun

 

Anggapan makanan berlabel “zero lemak” aman

Banyak produsen makanan menggunakan label ‘nol lemak jenuh’ untuk mempromosikan produknya. Namun, Kamu tak bisa begitu saja harus mempercayainya. Sejatinya kita tidak makan lebel.

Yang kita makan adalah makanan yang sehat akan nutrisi dan bermanfaat bagi tubuh. Terkdaang memeriksa jenis makanan yang kamu makan ada baiknya untuk menjaga diri dan keluarga.

 

Jarang Konsumsi Sayur dan Buah

Sayur dan buah baik bagi kesehatan. Namun tak semua orang menyantap sayur dan buah dalam porsi yang cukup. Kurang asupan sayur dan buah berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit kronis dan masalah berat badan.

Biasakan untuk menyantap lima porsi sayur dan buah setiap hari untuk menunjang kesehatan. Jika pun tidak terpenuhi, cukupkan dengan konsumsi susu.

 

Terlalu Banyak Garam Pada Makanan

Penggunaan garam memang dapat membuat masakan terasa lebih nikmat dan gurih. Namun terlalu banyak konsumsi garam dapat memicu tekanan darah tinggi dan meningkatkan risiko penyakit jantung koroner, serangan jantung, dan strok.

Konsumsi garam tak hanya berkaitan dengan garam dapur, tetapi juga garam yang tersembunyi pada berbagai makanan olahan dan cepat saji.

 

Minum terlalu banyak alkohol

Jika Anda minum terlalu banyak alkohol, maka hal itu bisa menjadi racun dan bisa merusak tubuh. Konsumsi alkohol yang lebih tinggi di kaitkan dengan tingkat stroke yang lebih tinggi, aneurisma yang fatal, gagal jantung dan kematian dini.

 

Malas Masak lalu Pesan Makanan

Memesan makanan sesekali dari luar boleh saja kamu lakukan. Namun hindari kebiasaan untuk selalu memesan makanan di luar setiap saat. Kebiasaan ini dapat memicu terjadinya kegemukan dan obesitas, terlebih jika makanan yang kamu pesan, makanan yang tinggi kalori dan rendah zat gizi serta terlalu banyak msg.

 

Notes

Jaga kesehatan kamu dan keluarga mu. Pahami bahwa menjaga lebih baik dari mengobati. Mengerti bahwa Kebiasaan Sepele Pemicu Problem Kesehatan. Jika di rasa kebiasaan sepele yang kamu lakukan di rumah merusak kesehatan, TINGGALKAN.

Dorong dirimu untuk lebih mengerti bahwa kesehatanku adalah urusan dan tanggung jawabku. Maka Jaga Kesehatan mu dengan sebaik-baiknya.

 

Salam Dyarinotes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Dyarinotes is protected
%d bloggers like this: