Menu Tutup

Mencari Tahu Masalah Kaki Bau

bau-kaki

Setiap hari, dari senin hingga jumat, dari sabtu menuju minggu, kita harus tampil dengan sempurna. Dengan sepatu kesayangan, pastinya. Namun, apa jadinya, jika penampilan kita rusak seketika oleh bau kaki yang tidak sedap. Tentu memalukan. Dan tampilan kita menjadi tidak karuan. Gagal total di depan pacar. Bisa kabur calon mertua. Ada baiknya, kita mencoba mencari tahu apa penyebab kaki bau dan bagaimana cara kita mencegah serta menghilangkan masalah tersebut. Berikut Dyarinotes berikan beberapa tips, yang bisa kamu lakukan mengatasi masalah bau kaki.

Mancari Tahu Penyebab kaki bau?

Masalah bau kaki muncul karena keringat. Keringat kaki yang menempel pada kaus kaki atau sepatu yang lembab menyebabkan bau tidak sedap. Pada beberapa orang, masalah bau kaki disebabkan oleh kondisi yang bisa di katakan serius.

Bau kaki bisa menjadi masalah. Masalah pada kaki yang bau di kenal dengan sebutan bromodosis. Bromodosis itu merupakan suatu kondisi di mana kaki kita memproduksi keringat berlebihan. Kaki menjadi lembap sehingga muncul aroma tidak sedap.

Seperti halnya telapak tangan, telapak kaki juga memiliki kelenjar keringat. Kelenjar keringat banyak fungsinya. Berfungsi untuk melembapkan kulit dan mengatur suhu tubuh.

  Limbah Fashion Menjadi Ancaman Masa Depan

Ketika kamu keringat, kaki akan memproduksi kelenjar keringat. Dan jika tidak dibersihkan akan muncul berbagai bakteri. Bakteri akan tumbuh untuk memecah senyawa organik pada keringat.

Beberapa penyebab munculnya bau kaki, diantaranya seperti: terjadi perubahan hormon pada tubuh, Hiperhidrosis, karena di sebabkan Kutu air, akibat stres dan lain sebagainya.

Menghilangkan bau kaki tidak sedap

Dalam mengatasi masalah bau kaki, ada beberapa cara yang bisa kamu coba di rumah seperti: cuci kaki hingga bersih, rendam kaki dalam air hangat, mengoleskan minyak esensial, eksfoliasi kaki, ganti kaus kaki setiap hari dan selalu simpan sepatu dengan baik pada tempatnya.

Sangat penting ketika kita mau menghilangkan bau kaki dengan cara mencuci kaki. Cuci kaki kamu dengan bersih setiap hari. Keringkan sampai tuntas, supaya kaki tidak lembap. Kaki yang kering bisa mencegah tumbuhnya jamur.

Ada juga menghilangkan bau kaki, dengan cara merendam kaki di dalam wadah yang berisi air hangat. Di campur dengan larutan garam secukupnya. Garam bisa membantu mengurangi produksi keringat.

Bisa juga menggunakan minyak esensial atau essential oil. Minyak esensial sangat berguna, karena memberikan aroma segar pada kaki. Essential oil lavender misalnya. Lavender memiliki kandungan yang bisa membunuh bakteri penyebab bau kaki tidak sedap.

  Cara Alami Mencegah Kulit Keriput Agar Tetap Cantik

Jika kamu melakukan aktivitas di luar ruangan setiap hari, sebaiknya hindari menggunakan kaus kaki setiap hari berturut-turut. Simpan sepatu kamu di tempat sejuk dengan sirkulasi udara yang baik.

Jika masih bau mungkin dengan menggunakan produk foot spray. Selain menghilangkan bau, foot spray dapat membuat kaki kita menjadi wangi. Dengan kandungan aroma peppermint dan citrus.

Ada juga sebagian orang untuk menghilangkan bau kaki dengan rendaman cuka. Cuka dapat berfungsi sebagai bahan alami yang dapat mengurangi jumlah bakteri penyebab bau kaki.

Yang jarang orang lakukan adalah dengan menggunakan teh. Teh adalah salah satu bahan alami. Masukkan satu atau dua kantung teh pada sepatu di malam hari. Hal ini di percaya mengurangi kelembaban dan bau tidak sedap sepatu kamu.

Memilih Sepatu Yang Tepat

Kesehatan kaki haruslah di jaga. Baik dari jamur maupun bau yang tidak sedap. Pemilihan sepatu juga menjadi sangat penting. Pemilihan sepatu yang tepat dapat menjaga kaki kita terhindar dari berbagai masalah.

Ada beberapa tips dalam memilih sepatu yang tepat untuk melakukan aktivitas keseharian di antaranya: Dengan cara memastikan ukuran yang sesuai, pastikan memiliki sirkulasi udara yang baik, pastikan kita memilih sepatu yang cocok sesuai dengan aktivitas yang kita jalani.

  Digital Hoarding Pemicu Stes?

Untuk aktivitas di luar ruangan sepatu sneakers sepertinya tepat untuk digunakan. Sneakers itu stabil untuk di gunakan dan tidak mudah lepas. Sneakers cocok dipakai oleh kamu dengan tingkat gerak yang tinggi dan dengan aktivitas mobile yang tinggi.

Meski lebih sulit untuk di lepas dan di pasang kembali, sneakers lebih kokoh dan stabil saat dipakai bergerak. Apapun itu pada intinya, sepatu jenis apa pun bolehlah. Yang penting kamunya nyaman dan merasa enak untuk dikenakan.

Notes

Pemilihan sepatu bukan lah satu-satunya cara agar kaki tidak bau. Masalah bau pada kaki memang sangat tidak kita harapkan. Beraktivitas jadi kurang nyaman dan percaya diri kalian pun berkurang. Poinnya adalah untuk kamu dengan kaki bau, jangan lupa cuci kaki dengan sabun anti bakteri setiap hari sampai bersih. Kemudian langsung segera keringkan.

Salam Dyarinotescom

Posted in health

More Options

Tinggalkan Balasan