Dyarinotescom

Hidup Sehat Dengan Buah dari Surga. Pantas Rasulullah Suka

Hidup Sehat Dengan Buah dari Surga. Pantas Rasulullah Suka

Meniru dan mengikuti pola kehidupan Sang Pemimpin Rasulullah SAW adalah hal yang tidak dipaksakan, tapi langkah baik sebagai umat hendaknya mengadopsi semua kebaikan-kebaikan yang terkandung dalam kebiasaan beliau. Termasuk urusan mengkonsumsi buah dan pola hidup sehat. Dan kami pun percaya bahwa air buah ini berasal dari surga, lho. Pantaslah Rasulullah menyukainya. Buah apakah Itu?

Sabar dahulu. Apapun yang tidak disukai maupun yang disukai beliau, merupakan perbuatan yang telah diatur sesuai dengan ketetapan Allah SWT, dan itu juga teruntuk dalam urusan makanan. Dari banyaknya jenis makanan yang disenangi Rasulullah SAW, beliau memilih satu jenis buah ini. Penasaran dengan jenis buahnya, ikuti terus hingga akhir zaman.

Opening

Dalam rentang sejarah kenabian tidak ada satupun Nabi serta Rasul terdahulu yang mendapat julukan ‘Rahmatan lil alamin’ atau rahmat bagi seluruh alam, kecuali Muhammad SAW. Julukan yang menunjukkan bahwa dengan kehadiran Rasulullah SAW di tengah kehidupan kita di dunia ini, sebagai perwujudan dari kedamaian serta ketentraman bagi semesta alam dan kita (manusia) tanpa membedakan suku, agama, maupun ras.

Seharusnya ini menjadi tolak ukur umat muslim untuk menyebarkan habit dan rasa damai terhadap sesama hingga hal-hal yang sering di anggap sepele, namun menjadi perhatian utama bagi Rasulullah SAW. Seperti pola hidup sehat, misalnya.



Berawal dari Pola Hidup Sehat

Sering kita temukan masih ada segelintir dari kita yang acuh dengan pola hidup sehat yang di lakukan Rasulullah SAW. Padahal jika menelusuri sejarah kehidupan Rasulullah SAW, maka kita akan menemukan sebuah fakta bahwa: beliau hanya sakit sebanyak dua kali, semasa hidupnya.

Hal tersebut semakin membuktikan bahwa sekalipun perkembangan ilmu medis pada zaman Rasulullah SAW tidak secanggih seperti sekarang ini, akan tetapi beliau sangat concern dan paham betul betapa pentingnya menjaga kesehatan.

Sehat Itu Ibadah

Selain menerapkan pola hidup sehat, bersih, dan terjaga, Pemimpin kita sangat memperhatikan pola makan untuk menjaga kesehatannya. Untuk mendapatkan asupan nutrisi, Rasulullah SAW tidak hanya mengkonsumsi makan seperti susu murni madu serta minyak zaitun. Beliau juga mengonsumsi buah-buahan seperti kurma dan labu.

Tetapi terlepas dari jenis buah yang di sebutkan dalam Alquran ternyata ada satu buah yang sangat di sukai oleh Rasulullah SAW, dan mudah kita temukan. Apa itu? Yaitu Semangka. Jenis semangka yang di maksud adalah ‘Semangka berkulit hijau dan warna dagingnya merah’. Buah tersebut lebih cepat di cerna oleh lambung.

Meskipun tidak di temukan satu pun dalil dalam Alquran yang menyebutkan tentang buah semangka, namun ada sebuah hadits yang di riwayatkan oleh sang istri tercinta Aisyah Radhiyallahu anha, yaitu:

“Sesungguhnya Nabi Shallallahu alaihi wassallam sering makan semangka di sertai ruthab (kurma muda).” – (HR At-Tirmidzy Nomor 1843, dishahihkan oleh Al-Albany dalam Shahih At-Tirmidzy Nomor 1843)



Pantas Rasulullah Suka

Buah Semangka cepat mengalami perubahan ketika bercampur dengan zat-zat lain di dalam lambung dan sebaiknya di konsumsi sebelum makan. Dalam 100gram semangka terkandung sekitar 30 kalori dan beragam nutrisi.

Beberapa di antaranya seperti: karbohidrat, protein, kalsium, magnesium, kalium, dan beragam jenis vitamin. Tak berhenti sampai di situ saja, semangka juga mengandung asam amino dan berbagai jenis antioksidan.

Ketika Mengonsumsinya

Ketika kita mengonsumsinya, banyak manfaat yang akan kita dapatkan. Seperti: mencegah dehidrasi, mencegah kanker mencegah penyakit jantung, mencegah peradangan, mencegah penyakit mata, mencegah nyeri otot, mencegah sembelit, bahkan bagi kalian para kaum hawa buah ini sangat baik untuk merawat kecantikan kulit.

Kandungan vitamin C dalam buah semangka berbeda dengan yang ada pada buah lain. Vitamin C pada semangka dapat menstabilkan kandungan kolagen tubuh dalam jangka panjang. Selain itu kandungan vitamin e-nya membantu menjaga kelembaban kulit, dan menangkal radikal bebas.

Maskeran dengan daging dari kulit semangka dapat juga memanjakan kulit wajah, lho sist. Bagian kulit semangka yang berwarna putih memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu kulit dari bercak merah pada wajah dan mengurangi terjadinya peradangan.



Sehat Dengan Buah dari Surga

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

“Ya Ali, Rajinlah memakan buah semangka, karena airnya dari air surga, dan rasa manisnya adalah rasa manis surga. Setiap hamba yang memakan satu suap saja buah ini, Allah memasukkan ke dalam perutnya 70 macam obat dan mengeluarkan dari perutnya 70 macam penyakit. Untuk satu suap, Allah mencatat untuknya 10 kebajikan dan menghapus darinya 10 keburukan, dan mengangkatnya 10 derajat.”

Hadits riwayat Ali Bin Abi Thalib. Sebagaimana dalam kitab tazkirah karya Imam Al Qurtubi.

Dengan kekayaan unsur serta manfaat yang ada pada Buah kesukaan Pemimpin kita Nabis Besar Muhamad SAW tersebut, Pasti nya kita akan mengikuti kebiasaan beliau karena air buah semangka berasal dari surga.

Salam Dyarinotescom.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *