kebiasaan makan

Faktanya, Kebiasaan Makan Kita Mengganggu Pencernaan

Menerapkan pola dan kebiasaan makan sehat, membantu melindungi diri dari berbagai penyakit. Persoalan kesehatan yang muncul, karena buruknya pola makan banyak sekali terjadi saat ini. Gangguan pencernaan misalnya. Banyak fakta yang menunjukkan bahwa ada beberapa kebiasaan makan yang tidak kita sadari dapat mengganggu kesehatan dan sistem pencernaan.

Menjaga sistem pencernaan kita agar tetap sehat sangat penting, pastinya. Baik bagi kesehatan kita secara fisik maupun mental. Berikut fakta bahwa kebiasaan makan kita salah selama ini, dan sangat bisa menggangu pencernaan dan kesehatan tubuh, antara lain:

 

1. Makan Tidak Teratur

Makan teratur sangat baik bagi kesehatan tubuh. Walaupun sedikit tetapi teratur. Selain pemilihan jenis makanan yang kita makan, waktu dan jadwal berpengaruh besar.

Para ahli bahkan menemukan bahwa, kebiasaan makan yang tidak teratur dapat meningkatkan risiko obesitas dan diabates serta tekanan darah tinggi.


 

2. Makan berlebihan

Makan berlebihan tidaklah di anjurkan. Apa lagi makan makanan yang tidak halal. Makan berlebihan dapat menggangu proses pencernaan tubuh. Membuat organ tubuh lelah.

Makanan yang kita makan akan tetap berada di perut untuk jangka waktu lama. Dan hal tersebut cenderung berubah menjadi lemak. Hal ini dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan.

 

  Beberapa Kondisi Yang Dilarang keras Minum kopi

3. Makan Sambil Berdiri

Makan sambal berdiri merupakan ajaran yang kurang baik. Baik bisa mengganggu perncernaan, maupun di rasa kurang sesuai dengan norma dan etika. Kebiasaan ala kebarat-baratan ini jangan di tiru.

Di usahakan cari posisi untuk kita bisa duduk pada saat makan. Pencernaan dan tersedak bisa terjadi jika kita melakukan hal tersebut.

 

4. Kebiasaan Makan Malam 

Makan malam sejatinya di anjurkan. Dan itu baik sekali bagi kesehatan. Akan tetapi biasanya para milenial maupun penganut budaya barat mengkonsumsi alkohol sebelum makan malam.

Ada juga kebiasaan-kebiasaan yang tanpa di sadari di lakukan berulang-ulang. Sebagai contoh: memanaskan makanan kemasan plastik menggunakan microwave.

 

5. Kebiasaan Makan Yang Terlalu Capat

Kebiasaan makan yang terlalu cepat dapat mengganggu kesehatan dan pencernaan. Menelan makan terlalu cepat dapat membuat kita gemuk dan membahayakan jantung.

Kebiasaan makan cepat dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan kadar gula darah meningkat. Makan cepat juga dikaitkan dengan penambahan berat badan. Saat kamu makan dengan cepat, pasti kamu tidak mengunyah makanan dengan baik. Dan akan memalukan jika di lihat orang.

 

  Surat untuk Penimbun Barang (Hoarder)

6. Kurangnya Makan buah dan sayur

Buah dan sayur sangat baik bagi kesehatan. Konsumsi sayur dan buah yang kurang dapat meningkatkan risiko sembelit dan penyakit pencernaan.

Makan buah dan sayur memiliki kandungan tinggi serat dan selulosa yang bisa mencegah masalah kesehatan seperti: sembelit dan memperkuat sistem pencernaan serta merangsang otot saluran pencernaan.


 

7. Memasukkan protein pada makanan

Protein sangat baik bagi tubuh. Ada salah satu penelitian terbaru menemukan bahwa, tidak mengonsumsi protein saat makan malam membuat kita lebih cepat lapar. Dan jika kita lapar, maka akan menambah asupan ekstra.

Kalori ekstra berarti berat badan juga bertambah, kata dokter sih dikait-kaitkan dengan masalah kesehatan.

 

8. Saat Makan Kurang asupan air

Air merupakan sumber kehidupan. Kurang asupan air bisa menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi merupakan salah satu penyebab utama gangguan sistem pencernaan. Seperti dapat menyebabkan sembelit, gastritis, dan refluks asam.

Mengkonsumsi air mineral atau air minum sebanyak 8 sampai 10 gelas per hari dapat menyehatkan tubuh dan membantu proses pencernaan.

 

9. Terlalu Fokus Makanan Sehat

Masyarakat kita saat ini sudah memiliki kesadaran akan mengkonsumsi makanan sehat. Mengadopsi pola makan sehat penting sekali dalam menjaga kesehatan. Namun, apabila pola makan sehat yang kita terapkan terlalu berlebih dapat menimbulkan gangguan mental orthorexia.

Penderita orthorexia biasanya lebih mementingkan ke jenis makanan yang mereka konsumsi. penderita ini dapat mengalami berbagai gangguan fisik, mental, dan bahkan sosial.

 

  Aku Butuh Si Bersin!

Notes

Sobat Dyarinotes, satu di antara hal terindah dalam hidup adalah, secara teratur kita dapat menghentikan apa pun yang sedang kita lakukan dan mencurahkan perhatian kita untuk makan bersama sahabat dan keluarga.

Menerapkan kebiasaan kita makan sehat, membantu melindungi diri dari berbagai segala gangguan. Makanan itu dapat menyatukan masyarakat di berbagai tingkatan. Makanan merupakan simbol dari kasih, ketika kata-kata tidak berharga.

Jika kamu ingin berteman dengan seseorang, pergilah ke rumah nya dan makan bersamanya. Orang yang memberimu makanan tersebut akan memberikan hatinya. Jika tidak pun tak apa, kan sudah kenyang.

 

Salam Dyarinotes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Dyarinotes is protected
%d bloggers like this: