Latest Post

Konsultan Investasi Masih Pilihan Menarik

Konsultan investasi masih menjadi pilihan karir menarik di tahun 2023. Memang, tidak ada yang baru tentang persepsi bahwa konsultan investasi sangat giat berjuang untuk mempertahankan posisi dana yang di percayakan, untuk terus meningkatkan keuntungan dari laju pertumbuhan asset yang semakin cepat.

Namun, peluang bagi para profesional dalam konsultasi investasi yang terus meningkat, menawarkan jalur karir yang menantang. Sebagian besar perusahaan konsultan investasi di negara maju, terus berupaya merekrut di semua tingkatan. Dari analis investasi tingkat pemula, senior maupun spesialis ESG, misalnya.

ESG Investing yang di maksud adalah penyusunan portofolio investasi sesuai dengan prinsip Environmental, Social dan Governance. Tujuannya untuk mendapatkan pertumbuhan finansial jangka panjang yang berkelanjutan.


Apa Menariknya Konsultan Investasi

Seiring perkembangan industri di 2023, pekerjaan konsultasi investasi lebih dinamis, tidak seperti yang di pikirkan sebelumnya. Pekerjaan ini lebih menantang dan menjanjikan daripada sekedar di posisi sebagai manajer keuangan khususnya untuk kalangan muda.

Mengapa Begitu Menarik?

#Bekerja Dengan Orang-Orang Cerdas dan Detail

Sejujurnya, konsultan mencari dan mempekerjakan orang-orang cerdas. Tidak ada posisi untuk seorang dengan kebiasaan buruk dan hanya duduk, ngopi di pantry, misalnya. Plus, dengan proyek rata-rata multiyears, akan bertemu banyak orang yang berbeda. Ini berkaitan dengan uang dan penggunaan uang termasuk per 1 cent dollar sekalipun.

#Kedalaman dan Luasnya Penelitian Investasi.

Dalam hal investasi, pendalaman dan luasnya pengetahuan sungguh di butuhkan. Ini mencakup berbagai substansi bagaimana seorang peneliti mendalami secara kritis berbagai kelas aset. Kedalaman yang di maksud yaitu mampu melakukan paparan terhadap alokasi aset strategis, dan tata kelola investasi. Seperti memahami pergerakan pasar dan pertimbangan ekonomi makro.

Setidaknya menguasai 5 dari 33 metode penilaian investasi yang menjadi pertimbangan, layaknya: Net Present Value (NPV), Payback Period (PP), Average Rate of Return (ARR), Internal Rate 0f Return (IRR), Profitability Index (PI).


#Fokus Pada Klien Institusional

Konsultansi investasi menawarkan eksposur klien yang luas ke perusahaan kelas atas, asuransi, perbankkan, grup dealer, dan tentu saja dana pensiun. Kemampuan konsultan investasi untuk terlibat dan berkomunikasi secara efektif dengan pemangku kepentingan, termasuk CIO, kepala Devisi Pengembangan Aset, komite investasi, dan dewan direksi, merupakan keterampilan yang investor butuhkan.

#Impact yang Besar

Pengaruh yang kita rasakan akan terasa. Kita akan memiliki kesempatan untuk mengerjakan dan memecahkan masalah yang paling mendesak dan beresiko. Hal tersebut sudah biasa di hadapi oleh perusahaan besar.

Pengalaman ini dapat membentuk dan mengembangkan soft skill personal kita. Perusahaan Konsultan Investasi biasanya banyak berinvestasi dalam melatih para konsultan mereka. Selain itu, budaya umpan balik sangat kuat dan jelas kita akan mendapatkan resume lengkap secara berkala.

#Pendapatan yang Menjanjikan

Ini poin yang banyak orang lihat. Yes, itu soal berapa kamu dapat. Konsultansi Investasi juga di kenal sebagai industri yang di bayar dengan sangat baik dan pantas. Ini adalah pilihan karir yang bagus setelah pendidikanmu yang mahal. Kita akan memiliki kesempatan untuk menjelajahi karir, sektor, atau spesialisasi mana yang tepat untuk kita di masa depan.

Identifikasi Personal

Dalam hal identifikasi personal, banyak perusahaan investasi kesulitan merekrut talenta. Kami ‘Dyarinotescom’ melihat bagaimana mereka mengidentifikasi dan mempekerjakan kandidat yang sangat cerdas dalam hal akedemisi. Hasil akademik yang luar biasa, seperti: cum laude, pasca sarjana, dan sertifikat kompetensi, biasanya merupakan persyaratan minimum.

Keterampilan analitis kualitatif dan kuantitatif tingkat tinggi serta keterampilan presentasi dan skill komunikasi adalah atribut lain yang banyak di cari. Penilaian tertulis dan tes excel (pemodelan keuangan) juga merupakan praktik umum dalam proses rekrutmen. Konsultasi investasi menawarkan platform karir yang solid serta jalur karir yang terstruktur.

Apa Yang Boleh dan Tidak

Bagaimana jika konsultan investasi melakukan tindakan di luar kewenangan?

Jelas, tapi secara prinsip kerjasama, tudingan ini harus di dasarkan kepada bukti dan kesepakatan awal yang di setujui antara owner dan konsultan. Memang banyak sekali, ‘oknum’ melampaui kewenangannya, seperti pengelolaan dana di luar kewenangan dan transaksi jual beli portofolio.

Secara cermat, apa yang tidak boleh di lakukan oleh Konsultan Investasi, meliputi: Employee dan management Fraud, Investasi bodong, Customer dan vendor Scams, Misappropriation of Assets, dan Fraudulent Financial Reporting.

Jika terjadi keuntungan ataupun kerugian, benar bahwa pihak yang melakukan pelanggaran harus di minta pertanggungjawaban. Konsultan investasi harus jujur sesuai kausal kerjasama dalam memahami tujuan, memantau, mengelola dan get and block risk, serta menyusun portofolio terkait penyesuaian strategi.

Salam Dyarinotescom


Related Posts:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Publisher artikel lifestyle yang dikemas menarik, dengan tips dan opini, serta didesain secara kekinian untuk pembaca setia.