Menu Tutup

Master Your Time, Master Your Life

Brian Tracy Books

Dalam hidup, banyak rencana yang ingin kita lakukan, mimpi yang ingin digapai, pencapaian yang ingin diraih. Di saat bersamaan, tersedia pula banyak kesempatan dan potensi yang dapat dimanfaatkan.

Akan tetapi, dengan semua peluang besar tersebut untuk meraih kesuksesan dan menikmati kebahagiaan, kita tidak merasa cukup waktu yang tersedia. Lalu, bagaimana sebaiknya kita membagi waktu?

Dalam buku Master Your Time, Master Your Life ini, Brian Tracy menjelaskan bahwa dengan memanfaatkan waktu kita dengan cara yang benar di bidang-bidang kehidupan kita yang paling penting, kita akan meraih lebih banyak, lebih cepat, dan lebih mudah daripada yang pernah kita bayangkan.

Kualitas Hidup yang Berbeda

Orang-orang sukses dan terkaya di dunia memiliki waktu dua puluh empat jam yang sama dengan semua orang. Perbedaannya, orang-orang sukses, bahkan dengan potensi yang lebih sedikit dan peluang yang lebih kecil, kerap kali meraih jauh lebih banyak pencapaian di banding dengan orang lain karena mereka dapat memanfaatkan waktu dengan lebih baik dan efektif.

  Better Than Before

Pemikiran kita tentang konsep waktu dan berbagai cara yang kita pilih untuk memanfaatkannya, akan menentukan efektivitas dan kualitas kehidupan kita.

Perencanaan, Strategi, dan Tujuan

Banyak orang yang menghabiskan waktu di tahun-tahun produktif mereka untuk menanggapi dan bereaksi terhadap segala hal yang terjadi di sekitar mereka dan bekerja untuk meraih tujuan-tujuan orang lain, tanpa menyadari tujuan dan keinginan mereka sendiri.

Penting untuk membuat rencana, menyusun strategi dan fokus pada tujuan, untuk meraih apa yang akan kita capai.

Orang tanpa tujuan berjalan tersendat-sendat di jalan yang paling mulus, sedangkan orang dengan tujuan jelas, bergerak maju di jalan yang paling tidak rata sekalipun.

–Thomas Carlyle-

Produktif dalam Bekerja

Kerja produktif membutuhkan kesiapan mental, energi fisik, disiplin, fokus, dan kebulatan tekad yang tinggi agar mampu menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan mendapat hasil terbaik. Produktivitas terbaik dicapai ketika kita menyusun perencanaan, mengatur strategi, dan menetapkan prioritas serta konsentrasi dalam pemanfaatan waktu secara efektif dan efisien.

  Resensi Buku Four Seconds: Hentikan Kebiasaan yang Kontra-Produktif dan Dapatkan Hasil yang Anda Inginkan

Mulailah dengan membuat daftar harian mengenai segala rencana yang akan kita lakukan. Tetapkan prioritas dalam daftar kita dan mulailah mengerjakan satu aktivitas yang mewakili pemanfaatan waktu kita yang paling bernilai.

Disiplinkan diri sendiri untuk memulai tugas yang sangat penting dan mengerjakan satu tugas tersebut hingga tuntas dan berlanjut ke tugas berikutnya.

Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan

Kehidupan dilengkapi serangkaian masalah dan kesulitan, kemunduran dan kegagalan. Setiap jam, setiap hari, kita membuat keputusan yang akan mempengaruhi kehidupan kita baik dalam skala besar maupun skala kecil.

Karena itu, kemampuan memecahkan masalah dan mengambil keputusan menjadi salah satu faktor penentu kebahagiaan dan kesuksesan kita dalam semua aspek kehidupan.

Langkah awal dalam pemecahan masalah adalah menuliskan pemikiran kita. Catat masalahnya, tulis beberapa alternatif solusi yang dapat diberikan beserta keuntungan dan kerugiannya. Kapan masalah pertama kali muncul? Siapa yang terlibat? Mengapa masalah bisa terjadi? Tanpa sadar, jawaban masalah tersebut sudah ada pada kertas catatan kita.

Waktu Istirahat Tenang

Seperti halnya waktu produktif yang menuntut konsentrasi penuh pada pemanfaatan waktu kita yang paling berharga. Waktu istirahat pun menuntut kita untuk mundur dan sama sekali tidak melakukan apapun yang produktif dan penting.

  Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat: Pendekatan yang Waras Demi Menjalani Hidup yang Baik

Penuhi hak tubuh kita yang membutuhkan istirahat dari segala pekerjaan yang ada. Kadang butuh paksaan untuk menghentikan pekerjaan agar tubuh mendapatkan haknya untuk beristirahat.

Istirahat sangat penting untuk mengisi kembali energi kita. Begitu energi kita kembali terisi sepenuhnya. Kita akan dapat menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dengan kualitas yang lebih baik secara efektif dan efisien di bandingkan jika kita memaksakan tubuh lelah kita terus bekerja dan melewatkan waktu istirahat.

Kunci untuk mengambil kendali penuh atas waktu dan hidup kita adalah harus berhenti, tenang, dan berpikir sebelum memberi respon dan bereaksi. Kita harus mengenali jenis waktu dan perilaku yang dituntut dari setiap momen, lalu merespon sewajarnya.

Selama kita merespon tantangan hidup keseharian dan pekerjaan secara efektif. Kita akan terus bertumbuh makin cerdas dan bergerak menuju pemenuhan potensi diri kita.

Salam Dyarinotes!

 

Posted in books

More Options

2 Comments

Tinggalkan Balasan