harta-karun-indonesia

Begini Cara mendapatkan Harta Karun Indonesia

Hartaku ialah Indonesia. Itulah salah satu kata yang menggambarkan betapa kaya dan makmur nya Indonesia yang diagung-agungkan oleh kami dari penerus terdahulu yang bangga akan kekayaan Indonesia. Tapi sekarang kata kami itu sudah tidak ada lagi. Kami yang dahulu bukanlah yang sekarang.

Kami sekarang sudah tua. Tertinggal hanyalah kamu dari masa depan yang menikmati mewahnya Indonesia. Kami sudah cukup merasakan betapa banyaknya harta Indonesia yang diperebutkan bangsa lain. Tapi, jika kamu bisa cukup cermat dan sedikit berhitung, berapa banyak harta yang di miliki Indonesia? Seberapa besar harta karun yang di miliki Bangsa ini?

 

Menggali Tentang Harta Indonesia


Republik Indonesia disingkat RI atau NKRI terletak di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara daratan benua Asia dan Oseania. Memiliki posisi strategis antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.

Negeri kami dan kamu yang dinamai Indonesia merupakan Negara ke 70 tertua di dunia. Indonesia mu juga Negara kepulauan yang banyak akan budaya, ras, suku bangsa, kepercayaan, dan agama serta bahasa.

Sesuai semboyang kami kata pendahulu kita yaitu Bhineka Tunggal Ika, walau pun kita memiliki keragaman budaya, Indonesia tetap satu. Satu Nusa Satu Bangsa. Keragaman yang ada di Indonesia adalah kekayaan dan keindahan bangsa Indonesia.

Untuk itu pemerintah akan terus mendorong keberagaman tersebut menjadi suatu kekuatan untuk bisa mewujudkan persatuan dan kesatuan nasional menuju Indonesia yang lebih baik.

 

Modal Harta Indonesia yang mendunia

Kita sebagai warga lokal +62 Indonesia harus tau seputar negara kita termasuk fakta-fakta menarik yang mungkin kita lupakan. Ada beberapa fakta menarik dari Negara kita sebagai modal Indonesia untuk menjadi bangsa besar dan itu harus di katahui oleh ‘KAMU‘ generasi mendatang.

  Berhenti Mencoba

 

1. Negara Kepulauan Terbesar

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Terdapat 17.504 pulau dimana 9.634 pulau belum diberi nama dan 6 ribu pulau tidak berpenghuni. Yang semakin membanggakan adalah 3 dari 6 pulau terbesar di dunia ada di Indonesia yaitu Kalimantan, Sumatera, dan Papua.

Selain sebagai negara kepulauan, Indonesia juga terkenal sebagai negara maritim terbesar di dunia. Bayangkan saja, luas perairan Indonesia mencapai 93.000 km dan panjang pantai sekitar 81 ribu km² atau hampir 25% panjang pantai di dunia.

 

2. Keajaiban Dunia

Indonesia adalah negara yang ajaib. Ada dua keajaiban dunia yang dimiliki Indonesia, yaitu Candi Borobudur yang ada di Jawa tengah dan Komodo yang ada di Sumatera.

Hewan Komodo dan badak bercula satu di Ujung Kolon juga tercatat sebagai salah satu binatang paling eksotis yang sekarang terancam dalam kepunahan.

 

3. Hutan Terbesar

Dunia telah mengakui bahwa betapa kayanya Indonesia dengan memiliki kekayaan alam yang sangat banyak dan beragam Hutan dengan luas 39.549.447 hektar di pulau Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

Jika hutan kita di komersilkan betapa banyaknya pendapatan yang didapat oleh bangsa ini. Jika hutan tersebut hilang maka bumi akan hancur karena sangat tergantung pada hutan tropis untuk menjaga keseimbangan iklim selain ditopang oleh hutan hujan yang ada di amazon.

Hal itu membuktikan bahwa bumi dan kelangsungan hidup seluruh makhluk di dunia bergantung pada Indonesia.

 

4. Cincin Api Dunia

Bangsa Indonesia memiliki lebih dari sebanyak 400 gunung berapi dan 130 di antaranya termasuk gunung berapi yang masih aktif. Sebagian dari gunung berapi tersebut terletak pada dasar laut dan tidak terlihat dari permukaan laut.

Yang juga harus kita ketahui bahwa Indonesia merupakan tempat pertemuan antara dua rangkaian gunung berapi aktif (Ring of Fire).

  Profil untuk Koin dan Full-Face untuk Kertas

 

5. Kekayaan Laut

Kekayaan lautan Indonesia sungguh luar biasa. Banyak Negara tertarik akan kekayaan laut Negara kita. Sebagai Negara kepulauan jangan pernah kamu biarkan warga mu makan ikan asin. Hasil laut yang berlimpah berikan kepada penduduknya.

Bermacam ragam kekayaan laut kita. Kekayaan itu bisa berupa spesies ikan hiu, terdapat sekitar 150 spesies. Apalagi hasil laut lainnya yang harus lebih di manfaatkan dan di jaga keseimbangan nya. 

Kakayaan laut Indonesia juga memiliki gugusan terumbu karang terbanyak dan terindah. Karenanya Indonesia menyumbang 18% terumbu karang bagi perairan dunia.

 

6. Kopi

Kami tau yang kamu fikirkan jika kita berbicara tentang kopi. Tapi kamu juga harus tau bahwa banyak cerita yang kami dengar, mahasiswa pendidikan pasca sarjana luar negeri setelah menjalani pendidikan di luar negeri, mereka malah beralih atau membuka bisnis atau usaha kopi.

Hmm… Kami juga masih menyelidiki hal tersebut.

Kopi merupakan minuman yang banyak di sukai di seluruh dunia. Kopi Indonesia juga di akui dunia sebagai kopi terbaik. Karena rasanya yang enak dan aromanya yang super wangi. Kopi luwak dan kopi aceh gayo misalnya.

 

Asal Usul Harta Karun yaitu Indonesia


Nama Indonesia diambil dari gabungan kata Indus yang dalam bahasa latin berarti Hindia. Dan Nesos dalam bahasa Yunani adalah Kepulauan. Gabungan dari kedua kata tersebut pertama kali dikemukakan oleh James Logan. James Logan adalah seorang editor Journal of the Indian Archipelago and Eastern Asia pada tahun 1850-an.

Sebenarnya, penamaan Indonesia muncul dalam sebuah teks “Sumpah Pemuda” pada tahun 1928, yang menjadi salah satu basis pergerakan kemerdekaan Indonesia.
Ada banyak hal menarik lainnya yang menjadi bagian catatan fakta sejarah Indonesia yang mendunia. 

  Rahasia Masa Lalu: Hari minggu hingga Pesta Zaman Kuno

Dahulu, sejak jaman penjajahan Hindia Belanda, Indonesia memiliki banyak nama yang digunakan dalam penyebutan untuk wilayah di Indonesia, antara lain: Dwipantara, Jaza’ir al-Jawi, Indian Archipelago, Oost Indie, East Indies, Indes Orientales, Nan-hai, Nederlandsch-Indie atau Hindia Belanda, dan Insulinde serta To-Indo.

 

Notes

Setiap kali kita merenungi keajaiban akan alam di Bumi Pertiwi Indonesia, kita akan selalu bersyukur atas nikmat-nikmat yang telah Tuhan berikan bagi bangsa ini.

Melalui berinteraksi, mengenali, dan menikmati keindahan dapat menyadarkan kita untuk selalu menjaga dan melindungi kelestarian alam Indonesia.

Kekayaan alam kita Indonesia lebih dari kekayaan ekonomi negara mana pun. Semoga kita lebih cinta terhadap alam, bukan malah menjadi perusak.

Kita harus sadar bahwa alam Indonesia menciptakan kemampuan dan Keberuntungan melengkapinya dengan kesempatan. Dan itu mungkin kesempatanmu.

Sumber daya alam yang kita miliki harus dimanfaatkan untuk peningkatan sumber daya manusia kita. Pandangilah alam, maka matamu akan bersinar, rasakan kesejukan alam Indonesia ini, maka jiwamu akan damai.

Kamu dan Indonesia tidak akan bisa dipisahkan karena kita saling membutuhkan.
Apakah Kita pernah menyadari, bahwa seumur hidup tidak akan pernah sekalipun kita dapat mengelilingi dan menikmati seluruh keindahan alam di Indonesia.

Jangan bangga kamu pernah mengelilingi eropa. Karena jika kamu tau sesuatu hal, mereka itu berbondong-bondong ingin berkunjung ke Indonesia.

Menatap kedepan dengan melihat semua keindahan alam Indonesia yang telah ada. Bersyukur dengan apa yang bisa kita lakukan untukmu Indonesia.

 

Salam Dyarinotes

 

Tinggalkan Balasan

error: Dyarinotes is protected