Latest Post

Hidung Dapat Membedakan Hingga 1 Triliun Aroma Berbeda?

Tahukah kamu kata orang yang sering tidur di Lab, hidung kamu “yang gede bagai jambu” itu dapat membedakan aroma hingga 1 triliun berbeda. Iya ini benar, lho. Hebat bukan. Hidung manusia memiliki kemampuan luar biasa. Aroma bau ketiak, bau kentut, dan bau-bau lainnya juga bisa.

Kemampuan ini dapat membedakan hingga aroma yang lebih detail. Apalagi jika aroma kala mama sedang masak. Mantap! Ini juga jauh lebih banyak daripada yang diperkirakan para ahli sebelumnya, di mana para ilmuwan meyakini bahwa kemampuan hidung kita hanya mampu sekitar 10.000 aroma.

Hidung Membedakan Aroma Berbeda

Ada beberapa faktor yang mendasarinya. Kemampuan ini dimungkinkan berdasarkan:

Seperti jumlah reseptor bau. Batul sekali. Hidung manusia memiliki sekitar 400 jenis reseptor bau yang berbeda. Setiap reseptor dapat mendeteksi molekul bau tertentu. Dalam hal kombinasi reseptor pun mendasarinya.

Ketika kita mencium sesuatu, kombinasi reseptor yang aktif akan menghasilkan sinyal unik yang diterjemahkan oleh otak sebagai aroma tertentu. Jangan lupa juga dengan pengalaman. Seiring waktu, otak kita belajar untuk membedakan aroma yang semakin kompleks berdasarkan pengalaman dan memori.

Penelitian tentang kemampuan penciuman manusia masih terus berlangsung, dan para ilmuwan masih belum sepenuhnya memahami bagaimana alat pendeteksi itu dapat membedakan begitu banyak aroma. Namun, penelitian ini menunjukkan bahwa indera penciuman kita jauh lebih kuat dan kompleks daripada yang kita duga sebelumnya.

Salam Dyarinotescom.

Related Posts:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Publisher artikel lifestyle yang dikemas menarik, dengan tips dan opini, serta didesain secara kekinian untuk pembaca setia.