Mengubah Dunia Menjadi Lebih Baik Dengan Satu Pertolongan

Siapa pun kita, pasti membutuhkan pertolongan orang lain. Kamu? Membutuhkan bantuan orang lain dalam hidup, karena manusia sejatinya adalah makhluk sosial. Membantu satu orang mungkin tidak mengubah seluruh dunia, tetapi itu bisa mengubah dunia seseorang. Mengubah dunia menjadi lebih baik dengan satu pertolongan. “Dari pada tidak sama sekali”.

Sebesar apa pun bantuan yang bisa kamu berikan pada orang lain, dapat memberikan satu dampak besar bagi orang tersebut. Terhadap anak kecil sekalipun. Membantu orang lain atau tolong-menolong antar sesama, akan membuatmu merasa berguna untuk saat ini.

Satu Pertolongan

Ada satu kisah menarik. Pada suatu hari, Bung Joko sedang duduk di teras rumahnya. Tiba-tiba, ia melihat seorang anak kecil sedang menangis. Bung Joko pun menghampiri anak tersebut dan bertanya, “Kenapa you menangis, Dik?”

Sekedar informasi, Bung Joko ini lulusan terbaik dikampusnya, tapi saat ini ia menganggur lantaran suka sekali bermain Judi Online. Lanjut…

Anak tersebut menjawab, “Aku kehilangan bolaku, Om”

Dengan inisiatif tingkat tinggi, Bung Joko membantu anak tersebut mencari bolanya. Setelah dua jam lebih dalam pencarian, (sekian lama di semak-semak), akhirnya mereka menemukan bola tersebut di bawah pohon belimbing dekat rumah Marni si Tukang Sayur.

Setelah ‘barang’ tersebut di temukan, Bung Joko pun memberikan bola kepada si anak. “Neeh bolanya. Jaga baik-baik”. Sang Anak tersenyum bahagia, dan berterima kasih kepada Bung Joko. “Terima kasih Om, sudah membantuku menemukan bola ini”.

Bung Joko pun berkata, “Sama-sama, Dik. Lain kali, jika kamu kehilangan sesuatu, jangan lupa kasih tahu Bung Joko ini yaa” Sembari menasehati. Anak tersebut spontan menjawab, “Baik, Om”.



Mengubah Dunia Menjadi Lebih Baik Dengan Satu Pertolongan

Keesokan harinya, Bung Joko sedang berjalan-jalan di Taman Ria kampung sebelah, secara itu tempat tongkrongan anak muda ala kadarnya. Tiba-tiba, ia melihat anak yang kemarin ia bantu sedang menangis lagi. Bung Joko menghampiri anak tersebut dan bertanya, “Kenapa kamu menangis lagi, Dik?” Dengan nada bingung.

Anak tersebut menjawab, “Aku kehilangan bolaku lagi, Om”

Hadeeh, helaan bafas bung Joko yang bau asap rokok ketengan “Lho, kan kemarin Gua sudah bantu you nyariin bolanya. Kenapa, hilang lagi? Kamu makan yaa tuh bola?”.

Anak tersebut menjawab, “Bukan, Tidak, Salah besar. Aku gak makan tuh bola. Beneran om”. Anak tersebut menjawab sambil tertawa nyengir “Soalnya bolaku kan ada dua, Hehehe…”.



Catatan Bola

Membantu satu orang mungkin tidak mengubah seluruh dunia, tetapi itu bisa mengubah dunia untuk satu orang, termasuk si anak yang mencari bolanya. Lalu bagaimana dengan kita? Apakah orang lain yang membutuhkan pertolongan di biarkan begitu saja?

Anak yang kehilangan bola saja, segera kita bantu. Bagaimana dengan anak-anak di Palestina yang kehilangan orang tua, sanak saudara dan keluarga, karena kerasnya derita perang. Apakah bisa kita membantu mereka?

Jawabmu tentu “Tidak, Tidak, Kita tidak bisa”. Karena kita tidak cukup punya dua bola dan ‘nyali’ untuk menghentikan perang disana. Cari dan temukan dahulu bola itu. Keep your balls!

Salam Dyarinotescom.

Related Posts:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kumpulan artikel lifestyle yang dikemas menarik, dengan tips dan opini, serta didesain secara kekinian untuk pembaca setia.