tips rambut sehat

Memelihara dan Menebalkan Rambut dengan Cara Alami

Memiliki rambut tebal dan harum lagi indah tentu saja merupakan impian semua wanita dan juga pria. Akan tetapi sesekali masalah kerontokan rambut bisa berakibat sangat tidak baik dan berujung pada kebotakan. Sedih rasanya melihat para remaja dengan rambut rontok. Itu sebabnya amat sangat penting bagi kita untuk Memelihara dan Menebalkan Rambut Alami dengan Cara Tepat.

Kerontokan atau penipisan yang terjadi pada rambut Kamu bisa disebabkan oleh berbagai sebab, sebagai akibat dari kita yang tidak tahu akan cara memelihara mahkota. Ada lebih dari puluhan cara yang lebih tepat untuk menebalkan dan memelihara rambut kamu secara alami dan tidak berbahaya. Bisa di coba di rumah.

 

Memelihara makanan dan minuman

Makanan dan minuman sangat penting. Makanan yang kita konsumsi dapat mempengaruhi kesehatan kulit kepala dan rambut. Jika rambut Kamu terlihat kusam dan mulai rontok, pertanda membutuhkan mendapatkan vitamin dan mineral yang cukup.

Cobalah untuk mengonsumsi makanan bergizi seimbang untuk membantu meningkatkan kesehatan rambut.

 


 

Menggunakan sampo dan conditioner alami

Terlalu banyak menggunakan produk sampo dan conditioner dengan bahan kimia dapat membuat kerusakan dan kerontokan rambut. Oleh karena itu, ini saatnya Kamu beralih ke produk perawatan rambut dengan bahan alami dan terpercaya.

 

Madu Menjadi Pilihan

Pernahkah Kamu menemukan brand shampoo yang menggunakan madu sebagai bahannya? Madu memang di percaya memiliki khasiat dan manfaat yang berguna untuk menebalkan rambut kiat.

Oleskan saja madu pada rambut secara merata seperti menggunakan masker rambut. Biarkan selama 30 menit lalu cuci hingga bersih atau bilas.

 

Telur Sumber Protein

Selain sebagai hidangan yang enak, telur juga dapat digunakan sebagai masker rambut. Yaitu dengan cara: campurkan 1 butir telur mentah dengan minyak zaitun dan oleskan ke kulit kepala dan rambut secara merata. Biarkan selama 1 jam dan keramas hingga bersih.

 

Lidah buaya Multi Manfaat

Lidah buaya memang di kenal memiliki segudang manfaat. Bermanfaat untuk menebalkan rambut misalnya, atau dapat juga untuk menyuburkan rambut, menghitamkan rambut, penghilang ketombe, memutihkan wajah, dan menyembuhkan luka.

Lidah buaya di teliti mengandung banyak zat yang baik sebagai penunjang kesuburan rambut seperti: karbohidrat, kalsium, protein, vitamin, lemak, fosfor dan zat besi.

 

Harumnya Teh Hijau 

Teh hijau sangat baik jika di minum. Teh hijau juga dapat di gunakan sebagai cara menebalkan rambut yang efektif. Kandungan yang ada pada teh hijau antara lain zat antioksidan, polifenol, fluoride, vitamin C, mangan, L-teanin, dan katekin.

Caranya adalah dengan mendiamkan selama 15 menit seduhan daun teh hijau lalu oleskan pada kulit kepala.

 

  Semua Dimulai Pada Usia 40 Tahun


 

Berkilau dengan Minyak kemiri

Minyak Kemiri memang merupakan salah satu bahan dapur. Di pergunakan untuk menyedapkan masakan mama. Tidak hanya itu saja, minyak kemiri dipercaya digunakan sebagai cara menebalkan rambut dan membuat rambut menjadi sehat dan berkilau.

Zat yang baik seperti: zat aponin, falvonoida, dan polifenol yang terkandung dalam kemiri telah dibuktikan dalam banyak penelitian memiliki arti besar bagi kesehatan. Dengan menumbuk halus kemiri lalu oleskan pada kulit kepala kita selama 25 -30 menit.

 

Lemon

Lemon kaya akan vitamin dan juga baik untuk rambut. Caranya dengan peras buah lemon, ambil airnya dan oleskan air perasan lemon ke kulit kepala secara merata. Diamkan selama 15 menit lalu di cuci hingga bersih.

 

Bawang merah

Bawang merah sangat baik untuk tubuh. Meskipun menyebabkan bau yang tajam, bawang merah juga bisa di manfaatkan sebagai masker. Kamu hanya perlu menghaluskan bawang merah secukupnya dan ambil air atau sarinya.

Kemudian oleskan ke kulit kepala dan diamkan selama 15 menit sebelum di bilas menggunakan sampo.

 

Modifikasi Minyak kelapa

Virgin coconut oil adalah modifikasi proses pembuatan minyak kelapa sehingga menghasilkan produk dengan kadar air dan kadar asam lemak bebas yang rendah, berwarna kuning, berbau harum, serta bisa di simpan lama.

Oleskan minyak kelapa murni pada kulit kelapa setiap sebelum keramas.

 

Minyak zaitun Kaya Vitamin

Minyak zaitun banyak mengandung zat yang dibutuhkan tubuh. Karena banyak kandungan yang bermanfaat menjadi alasan mengapa minyak zaitun dapat digunakan sebagai cara jitu untuk kita memelihara dan menebalkan rambut. Cukup dengan oleskan pada rambut.

 

Hidrasi Yang Cukup

Selain mengonsumsi makanan bergizi seimbang, pastikan juga bahwa tubuh Kamu terhidrasi dengan baik. Konsultasikan dengan ahli gizi untuk mendapatkan takaran air minum yang pas untuk Kamu konsumsi sehari-hari.

 

Efektif Dengan Santan

Percaya tidak percaya, santan sangat bermanfaat dan efektif sebagai cara menebalkan rambut. Santan mengandung lemak tak jenuh, gula, kalsium, protein, natrium, kalium, fosfor, zat besi, dan tembaga. Kandungan inilah yang membuat santan menjadi cara menebalkan rambut yang efektif.

 

MENGENALI BERBAGAI PENYEBAB PENIPISAN RAMBUT


Setelah kita mengetahui beberapa cara memelihara dan melebatkan rambut yang tipis, tentu saja kita juga harus mengenali berbagai penyebab penipisan rambut terlebih dahulu. Dengan begitu, Kamu juga akan lebih memahami cara menangani masalah penipisan dengan lebih tepat.

 

  Jaga Kesehatan Dimasa Penghujan

Faktor Usia

Kondisi rambut juga akan berubah seiring bertambahnya usia. Bukan hanya ditandai munculnya uban, perubahan tersebut biasanya juga akan menyebabkan rambut lebih mudah rontok. Tak heran jika di usia renta, banyak orang akan mengalami masalah kebotakan yang terjadi secara alamiah.

 

Faktor Genetik

Beberapa orang memang terlahir dengan genetik rambut tipis, baik dari keturunan ayah maupun ibu. Faktor genetik ini bisa terlihat jelas karena salah satu anggota keluargamu biasanya juga akan memiliki masalah yang sama.

Tak selalu dari papa atau mama, faktor keturunan rambut tipis bahkan juga bisa didapat dari generasi-generasi sebelumnya.

 

Pengaruh Hormon

Wanita yang akan atau sudah mengalami menopause biasanya juga lebih rentan mengalami masalah kerontokan atau penipisan rambut. Hal ini terjadi karena adanya ketidakseimbangan hormon pada tubuh kita.

Masalah yang sama juga sangat bisa di alami wanita hamil, karena mereka mengalami penurunan hormon tiroid yang menyebabkan rambut mudah rontok. Untuk mengatasi permasalahan ini,

Kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan shampo khusus untuk rambut rontok dan selalu konsumsi nutrisi yang baik untuk tubuh.

 

Akibat Stres

Stres berlebihan bukan hanya akan mengganggu kesehatan tubuh, namun juga kesehatan rambut. Kondisi stres akan memicu berbagai hormon dalam tubuh bekerja tidak semestinya, sehingga menyebabkan rambut lebih mudah untuk rontok.

Ketika kita terkena yang namanya stres, asupan oksigen dalam tubuh juga terganggu. Hal ini menyebabkan tubuh menjadi tidak sehat. Untuk mengatasinya, Kamu perlu lebih mengontrol kadar emosi dan segera menyelesaikan setiap permasalahan yang ada agar tidak sampai membebanimu. Melakukan refreshing atau rehat sejenak dari rutinitas bisa di jadikan pilihan.

 

Nutrisi tidak mencukupi

Kekurangan nutrisi pada tubuh kita seperti protein dan vitamin bisa menjadi penyebab rambut menjadi tipis dan mudah patah. masalah ini bisa terjadi akibat diet yang dilakukan secara ketat sehingga asupan nutrisi dalam tubuh menjadi kurang.

Bagi Kamu yang sedang menjalani diet, selalu usahakan untuk tetap memenuhi kebutuhan protein, zinc, dan vitamin. Rajin-rajinlah mengonsumsi buah-buahan yang rendah lemak seperti jeruk, apel, pear, dsb.

 

Pengaruh Obat-obatan

Terlalu sering mengonsumsi obat-obatan tertentu bisa menyebabkan rambut lebih cepat rontok. Beberapa obat seperti obat-obatan dalam perawatan penyakit kanker misalnya, dapat memicu kerontokan dalam tingkat drastis.

Hal ini wajar saja bisa terjadi, karena tubuh akan memberikan reaksi yang berbeda untuk setiap bahan kimia yang masuk, salah satunya dengan timbulnya kerontokan rambut.

 

  Kebiasaan Sepele Pemicu Problem Kesehatan

Penataan dan Perawatan Rambut yang Salah

Rambut bisa mengalami penipisan jika Kamu salah dalam menata dan merawatnya. Beberapa perlakuan terhadap rambut seperti pewarnaan, pengeringan menggunakan hairdryer, smoothing, hingga penggunaan catok secara berlebihan bisa menyebabkan rambut menjadi kering dan mudah patah.

Dalam jangka waktu lama, hal ini akan menyebabkan rambut mudah rontok dan mengalami penipisan.

 

TIPS MENGHINDARI PENIPISAN RAMBUT


 

Dyarinotescom, untuk memperoleh mahkota rambut yang tebal dan sehat, ada beberapa hal yang dapat kita pertimbangkan.

 

Pilih Sampo Yang Tepat

Hindari produk rambut yang mengandung bahan kimia yang merusak folikel rambut dan membuat rambut kering. Pastikan juga sampo yang kamu gunakan sesuai dengan jenis rambut.

 

Hindari Mencuci Rambut Terlalu Sering

Lakukan keramas setidaknya 2-3 hari sekali. Untuk Kamu yang memiliki rambut kering, hendaknya  membatasi jarak waktu keramas dengan baik. Agar rambut kelembapannya tetap terjaga.

 

Mengeringkan Rambut Dengan Handuk

Menggosok rambut basah dengan handuk merupakan kebiasaan yang salah dan harus kita hindari. Kebiasaan ini hanya akan membuat rambut menjadi rusak dan menjadi lebih tipis.

 

Lindungi dari Sinar Matahari

Tak hanya kulit, rambut juga harus kita jaga dan lindungi dari paparan sinar matahari langsung. Mengapa? Secara sederhana agar rambut tidak kusam dan rusak.  Karena itu di sarankan menggunakan topi ketika akan lama beraktivitas outdoor.

 

Kelola stres dengan baik

Melepaskan hormon akibat stress tinggi yang berlebihan dapat menyebabkan rambut kita rontok dan semakin lama makin tipis. Kelola stres kamu dan lakukan perawatan kulit kepala, serta lakukan olahraga teratur untuk memperbaiki suasana hati.

 

Rambut tebal dan indah menjadi impian semua orang. Masalah kerontokan dan kebotokan bisa di atasi jika mengikuti saran peneliti. Dari rambut, kamu bisa menemukan beberapa makna tersembunyi yaitu memelihara dan menghargai.

 

Salam Dyarinotescom

 

Dyarinotescom adalah media perspektif berisi kumpulan artikel menarik dan resensi buku yang informatif lengkap dengan tips dan opini publik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Dyarinotes is protected
%d bloggers like this: