super anak

Make Your Child Become Super Anak

Mendidik anak bukanlah perkara sepele. Setiap individu dari anak memiliki karakter yang berbeda-beda. Mereka memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada anak yang lebih suka bersosialisasi, sementara ada juga yang memiliki karakter pemalu. Menjadikan anak anda menjadi seperti apa jauh lebih penting, ketimbang melarang aktivitas anak, karena kekhawatiran yang berlebih dari orang tua. ‘Make your child become super anak’.

Kepribadian bawaan anak sejak lahir mungkin menjadi awal dari pembentukan karakter. Beberapa dari anak secara alami lebih mudah bergaul di banding yang lainnya, sebagai contoh. Mungkin ini faktor keturunan atau gen DNA dari orang tua.

Ada juga anak yang memiliki sifat pemalu yang selalu menempel pada orang tuanya nya dan sering gelisah serta mudah sekali menangis.

 

Membentuk Super Anak


Super anak sejatinya bukan seberapa hebat anak tersebut di sekolah akan tetapi bagaimana cara membentuk karakter menuju manusia unggul.

Karakter itu sendiri dapat kita katakan, nilai-nilai yang unik dalam diri individu yang terpatri dalam berbagai bentuk, sifat, sikap dan perilaku. Pengembangan karakter di dasari oleh empat hal seperti: olah pikir atau kecerdasan, olah hati atau etika, olah karsa atau estetika dan olahraga atau fisik motorik.

Kecerdasan si buah hati yang selama ini di kenal orang tua sebatas hanya pada aspek tertentu, seperti kecerdasan logika matematika.

Sebenarnya, kecerdasan mencakup banyak aspek kehidupan. Kemampuan bahasa itu juga merupakan kecerdasan. Kecerdasan musikal patutnya juga harus di perhatikan, dan hal itu bisa di latih.

Yang paling jarang kita dengar adalah kecerdasan naturalis yaitu kecerdasan akan ketertarikan untuk mempelajari dan interaksi terhadap alam, lingkungan, hewan, tumbuhan dan semesta.

 

Ajarkan anakmu membaca surat Al-Fatihah sebelum orang lain mengajarkannya Banyak Hal

 

  Stop Abusive Act!

Moral Menjadi Suatu Kecerdasan

Olah hati atau etika merupakan sistem dari prinsip-prinsip moral. Etika dapat mempengaruhi cara anak bertindak dan membuat keputusan dalam menjalani kehidupan mereka kelak. Etika akan dapat mudah di ajarkan dengan cara menjadikan diri anda sebagai orang tua, menjadi contoh yang baik bagi anak.

Pada dasarnya anak-anak anda adalah perilaku dengan etika yang baik. Pastikan juga anak Anda di kelilingi oleh orang-orang yang memiliki perilaku dan etika yang baik pula agar dapat meningkatkan karakter dan integritasnya.


Kecerdasan akal dapat membedakan antara perbuatan baik dan buruk. Berbeda dengan kecerdasan estetika, ada beberapa orang menyebutnya dengan kecerdasan emosional, intelektual atau pun spiritual. Secara sederhana yang dapat di pahami, kecerdasan estetika merupakan cara seseorang individu untuk memahami sesuatu yang indah atau memahami keindahan.

Pada poin ini akan banyak muncul pertanyaan mengapa beberapa orang menemukan sesuatu yang begitu sangat indah untuk di rasakan atau di lihat, dan bagi sebagian orang lainnya sesuatu itu tidak memiliki keindahan. Sungguh aneh bukan?

Mungkin untuk anak di bawah umur kecerdasan estetika akan sulit terdeteksi. Ups, jangan salah, jika kita melihat anak kita suka sekali melukis pemandangan atau menggambar tokoh anime yang di sukainya dan ia memiliki ketertarikan akan bentuk dan pola warna, mungkin itu menjadi pertanda baik.

Untuk anak yang sudah cukup dewasa akan terlihat dan kita temukan ketertarikan mereka akan musik, puisi bahkan film yang sering mereka tonton.

 

  Mengatasi Anak Yang Super Nakal

Menjadi Suatu Pertanda

Tak kalah menarik, pada kecerdasan fisik motorik. Hal ini merupakan proses di mana tubuh dapat berkembang dan kemampuan gerak dari seorang anak. Perkembangan tersebut sejalan dengan kematangan akan saraf dan otot mereka.

Perkembangan fisik motorik dapat kita lihat dan biasa di tandai dari pertumbuhan fisik meliputi tinggi badan, lingkar kepala maupun berat badan. Pertumbuhan fisik motorik anak perlu kita perhatikan dan kita cermati, sebab hal tersebut dapat menjadi suatu pertanda ada tidak nya masalah pada anak.

Terkadang orang tua di wajibkan untuk mengajak anak bermain. Karena aktivitas ini dapat memacu perkembangan motorik dan fisik pada area tertentu. Seperti halnya manajemen tubuh, dapat terlihat dari kontrol terhadap gerakan melompat, berlari atau pun menjaga keseimbangan dan juga gerakan motorik kasar lainnya.

Gerakan sesederhana apapun merupakan pola interaksi yang kompleks dari berbagai bagian dalam sistem tubuh yang di kontrol oleh otak. Dan kesemuanya itu menjadi satu kesatuan.

 

Notes

Mendidik anak itu penting. Sama pentingnya dengan mengarahkan si buah hati kepada bentuk karakter yang baik sesuai dengan keinginan kita si orang tua. Menjadikan si buah hati menjadi super anak bukan hanya menjadikan ia manusia hebat bidang pendidikan. Akan tetapi membentuk karakter menuju manusia unggul untuk generasi selanjutnya.

 

  Mendidik Anak Soleh yang Didambakan Orang Tua

Salam Dyarinotes

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Dyarinotes is protected
%d bloggers like this: