Tumbuh Uban di Masa Muda

Dyarinotes.com | Kemunculan uban sering dikaitkan dengan bertambahnya usia seseorang. Namun, ada kalanya uban muncul lebih dini, yaa… hampir mirip dengan pernikahan dini. Tumbuh uban di usia muda sangatlah menggangu terutama bagi kamu dengan aktivitas sosial tinggi.

Si uban dapat di mulai pada usia kisaran 19-20 tahun. Sedangkan, pada ras Asia di mulai pada usia 25 tahun dan pada ras Afrika-Amerika di usia 30 tahunan.

Berdasarkan penelitian terbaru yang di publikasikan, uban yang muncul lebih dini dapat berkaitan dengan faktor genetik atau keturunan. Bisa juga karena ras dan etnis tertentu. Gangguan fungsi tiroid juga bisa menyebabkan uban muncul di usia dini.

Selain itu, kondisi vitiligo juga dapat membuat rambut menjadi putih karena di sebabkan oleh kematian sel pigmen melanin yang berperan dalam fungsi pewarnaan pada rambut.

Berikut Dyarinotes rangkum beberapa penyebab uban yang mungkin terjadi pada dirimu dengan tanpa maksud menyinggung para pemilik uban, antara lain:

 

Faktor Keturunan


Tidak bisa di pingkiri jika sudah terkait keturunan yang mudah ubanan, yaa di sarankan bersyukur saja. Siapkan perwarna rambut yang banyak untuk stock anda di rumah.

 

Kekurangan Vitamin

Penyebab tumbuh uban di usia muda juga bisa karena kekurangan vitamin. Kekurangan vitamin B6, B12, biotin, vitamin D atau vitamin E dapat menyebabkan uban timbul lebih dini.

  1 dari 100 Pembahasan Meditasi yang Benar dan Mudah serta Manfaatnya

 

Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk seperti merokok dapat menyebabkan uban muncul dengan cepat. Perokok 2,5 kali lebih rentan memiliki rambut beruban sebelum usia 30 tahun
di bandingkan dengan orang yang tidak merokok sama sekali.

Meski bukan sebagai perokok aktif, terus menerus terpapar asap rokok sebagai perokok pasif maupun thirdhand smoke dapat menjadi pemicu tumbuhnya uban lebih cepat. Rokok akan membuat rambut dan kulit menjadi stres.

 

Penggunaan Produk Perawatan

Produk perawatan rambut seperti sampo dan produk rambut lainnya juga dapat menyebabkan uban timbul lebih dini. Produk yang lagi trend saat ini, belum tentu baik bagi tubuh kita.

Sebab, beberapa produk ini bisa saja mengandung bahan kimia berbahaya yang berisiko tinggi mengurangi produksi melanin dan dapat menyebabkan rambut beruban bahkan rontok dan botak.

 

Stres

Stres juga bisa menjadi salah satu pemicu munculnya uban di usia muda. Di sebagian masyarakat berkembang mitos bahwa orang yang beruban di usia dini berarti banyak masalah atau stres. Di sarankan bagi kaula muda, kendalikan stres jika kamu tidak mau ubanan.

 

Terserang penyakit tertentu

Terserang penyakit seperti autoimun juga bisa menyebabkan rambut putih prematur. Pada kasus alopesia dan vitiligo, sistem imun dapat menyerang rambut dan
menyebabkan hilangnya pigmen.

Penyakit bawaan juga dapat menyebabkan uban lebih cepat tumbuh. Salah satunya adalah Neurofibromatosis. Kelompok penyakit bawaan ini menyebabkan tumor tumbuh di sepanjang saraf dan perkembangan tulang dan kulit yang tidak normal.

  Mencegah Kulit Keriput Ala Kekinian

 

Tips/ Cara Ampuh Menghilangkan Uban


Ada beberapa cara menghilangkan uban dengan bahan alami, cepat dan ampuh menurut Dyarinotes, diantara nya:

 

Mengkonsumsi banyak mengandung antioksidan

Antioksidan bisa mengurangi stres oksidatif. Stres oksidatif merupakan pemicu tumbuhnya rambut putih atau uban. Untuk itu, cara menghilangkan uban secara alami perlu melibatkan pola makan tinggi antioksidan.

Makanan yang banyak mengandung antioksidan seperti: minyak zaitun, sayur, buah, dan beberapa jenis ikan.

 

Konsumsi Mineral dan vitamin yang cukup

Menjaga kecukupan vitamin dan mineral juga tak kalah penting untuk menunjang kesehatan rambut. Beberapa vitamin yang menjaga kesehatan rambut antara lain: Vitamin B, Vitamin D, Vitamin E dan Vitamin A.

Sedangkan mineral yang berperan penting dalam pertumbuhan dan memperbaiki rambut, yakni: Zinc, Zat besi, Magnesium, Selenium serta Tembaga.

 

Hindari kebiasaan Buruk

Menghindari kebiasaan yang dapat merusak rambut indah kamu di antaranya seperti: Menggunakan sisir jenis sikat saat rambut masih basah, penggunaan shampo dengan bahan yang kurang baik, Terlalu sering keramas dan Bleaching yang berlebihan.

Selain itu, paparan sinar matahari secara langsung juga bisa merusak rambut dan membuat rambut rentan ubanan.

 

  Semua Dimulai Pada Usia 40 Tahun

Fakta Menarik tentang Uban yang Perlu Kamu ketahui

Banyak yang tidak kita ketahui, sebenarnya akar rambut memiliki warnanya putih atau abu-abu. Barulah kemudian warna hitam, cokelat, kemerahan atau pirang di dapat dari pigmen melanin yang memberinya warna seiring pertumbuhannya.

Namun karena pertambahan usia, sel-sel yang memproduksi melanin perlahan-lahan mati dan tumbuhlah rambut dalam warna aslinya yaitu keputihan, silver atau abu-abu.

Banyak mitos yang berkembang jika mencabut uban maka akan membuat uban tumbuh lebih banyak, namun hal itu tidak benar. Karena sebenarnya adalah setiap folikel hanya menghasilkan satu rambut. Jadi, saat Anda mencabut satu rambut, maka folikel yang lain tidak akan menghasilkan uban.

Sebagian masyarakat berpendapat, Tumbuh Uban di masa Muda  menjadi pertanda bahwa seseorang sudah mulai bisa dikatakan tua.

Ada juga anggapan dari beberapa kalangan berpendapat bahwa uban yang muncul lebih dini atau tumbuh di saat masa muda anda berarti orang tersebut mudah marah atau sedang di landa yang namanya stres.

Apa pun itu, hindari atau nikmati saja apa yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Dyarinotes is protected
%d bloggers like this: