Dyarinotescom

Petualangan Giovanni da Verrazzano. Pencarian Pintu Masuk

Petualangan Giovanni da Verrazzano

Kisah pelayaran Giovanni da Verrazzano untuk menemukan jalur ke Cina adalah kisah yang menarik dan penuh dengan petualangan epik. Kisah tentang seorang pelaut sejati mencari kepastian menemukan pintu masuk menuju Cina. Dikemas dalam satu tulisan sederhana yang berlatar pada Eropa di Abad 16-an.

Kisah ini cukup menarik untuk kita baca. Kisah ini juga menceritakan beberapa kejadian yang tidak disangka-sangka. Apa saja yang mereka temui, dan informasi penting apa yang mereka peroleh selama dalam perjalanan.

Dimulainya Petualangan Giovanni da Verrazzano

Jalur perdagangan tradisional antara Eropa dan Asia melalui Jalur Sutra telah lama didominasi oleh Kekaisaran Ottoman. Hal ini menyebabkan harga barang-barang dari Asia “menjadi sangat mahal” di Eropa. Oleh karenanya, para pedagang Eropa mencari rute baru ke Asia yang lebih aman, murah dan bisa dikendalikan.

Pada abad ke-16, bangsa-bangsa Eropa berada di dalam era penjelajahan samudra. Para pelaut Eropa berlomba-lomba untuk menemukan wilayah baru, pertemanan baru, dan tentunya sumber daya baru.

Raja Francis I dari Perancis, misalnya. Ia ingin memperluas kekuasaannya ke Amerika Utara. Ia mendanai pelayaran Verrazzano untuk menemukan rute baru ke Asia, yang tentu saja itu dapat digunakan untuk ekspansi Perancis ke Amerika Utara.

Petualangan Giovanni da Verrazzano pun di mulai. Salah satu pelayaran penting dalam sejarah penjelajahan samudra. Pelayaran yang membuka jalan bagi penjelajahan dan kolonisasi Eropa di Amerika Utara.



Siapa Sebenarnya Ia?

Pada tahun 1524, seorang pelaut Italia bernama Giovanni da Verrazzano memulai pelayarannya untuk menemukan jalur ke Cina. Pelayaran ini di danai oleh Raja Perancis yaitu Francis I, yang ingin menemukan rute baru ke Asia demi urusan-urusan ekonomi dan perdagangan.

Tercatat, Giovanni da Verrazzano lahir di Italia pada tahun 1485. Ia adalah seorang pelaut yang bisa di katakan berpengalaman pada waktu itu, dan telah melakukan beberapa pelayaran ke Amerika Utara sebelum pelayarannya ke Cina.

Ide ini muncul seketika berasal dari Raja Francis I, tentunya. Raja Francis I ingin menemukan pintu masuk yang lebih efektif demi satu keuntungan perniagaan, dan ia percaya bahwa Verrazzano adalah orang yang tepat untuk melakukan pelayaran tersebut.

Perjalanan Panjang Seorang Pelaut

Verrazzano berlayar dengan dua kapal, yaitu: La Dauphine dan La Normande. Kapal-kapal tersebut dilengkapi dengan senjata yang cukup dan perlengkapan yang memadai untuk melakukan perjalanan yang panjang.

Selama pelayarannya, Verrazzano dan krunya bertemu dengan beberapa suku Indian di Amerika Utara. Pelayaran ini berlangsung selama beberapa bulan, dan Verrazzano berhasil mencapai pantai Amerika Utara. Ia menjelajahi pantai timur Amerika Utara dari Florida hingga Newfoundland.

Selama pelayarannya, mereka juga menemukan beberapa sungai besar, termasuk Sungai Hudson dan Sungai Delaware. Verrazzano juga melihat sebuah gunung yang tinggi di Amerika Utara. Gunung tersebut kemudian dinamai Gunung Verrazzano, dan merupakan bagian dari Pegunungan Adirondack.



Kejadian yang terjadi selama pelayaran

Banyak kejadian-kejadian yang terjadi selama pelayaran. Salah satu kejadian yang menegangkan yang terjadi selama pelayaran demi menemukan jalur ke Cina adalah ketika ia dan krunya bertemu dengan badai di Atlantik. Badai tersebut sangat besar dan ganas.

Ombaknya tinggi dan anginnya kencang. Kapal-kapal Verrazzano terhempas oleh ombak dan angin tersebut. Verrazzano dan krunya sangat takut. Mereka tidak tahu “apakah kami akan selamat dari badai ini?”.

Verrazzano mengambil tindakan untuk menyelamatkan kapal-kapalnya. Ia memerintahkan krunya untuk menurunkan layar dan menambatkan kapal-kapalnya. Verrazzano dan krunya berhasil bertahan dari badai tersebut. Namun, mereka mengalami kerusakan yang cukup parah.

Jalur ke Cina juga di kenal menjadi salah satu perjalanan yang penuh dengan bahaya. Para pelaut harus menghadapi berbagai tantangan, termasuk badai, cuaca buruk, dan beberapa suku Indian yang tidak bersahabat.

Karena merasa terusik, beberapa suku Indian menyerang kapal-kapal Verrazzano dengan tombak dan panah. Walaupun pada akhirnya, Verrazzano dan krunya berhasil mempertahankan diri dari serangan suku Indian tersebut. Namun, mereka mengalami beberapa korban.

Bagaimana Akhir dari Kisah Pelayaran Tersebut

Verrazzano dan krunya tidak pernah berhasil menemukan jalur ke Cina. Bisa dikatakan gagal total. Namun, mereka berhasil menemukan beberapa wilayah baru di Amerika Utara, dan mereka juga memberikan informasi berharga tentang wilayah tersebut kepada Raja Francis I.



Hikmah Yang Bisa Kita Petik

Ada beberapa hikmah yang bisa di dapatkan dari kisah Pelayaran Giovanni da Verrazzano untuk menemukan jalur ke Cina. Walaupun gagal, kisah pelayaran Giovanni da Verrazzano untuk menemukan jalur ke Cina memberikan kepastian bahwa:

  • Pentingnya semangat petualangan dan eksplorasi. Verrazzano dan krunya berani melakukan perjalanan yang panjang dan berbahaya untuk menemukan sesuatu yang baru. Apa pun itu, yang pasti informasi menjadi sangat penting menjadi petunjuk awal bagi rencana yang ingin di tempuh selanjutnya;
  • Pentingnya kerja sama dan kesatuan. Verrazzano dan krunya berhasil menyelesaikan pelayaran mereka dengan selamat karena mereka bekerja sama dan bersatu. Dukungan menjadikan “sesuatu itu bisa terjadi lebih menguntungkan” walaupun hasil akhir tidak sesuai dengan ekspektasi;
  • Pentingnya menghargai budaya dan perbedaan. Verrazzano dan krunya memperlakukan suku Indian dengan baik, dan mereka belajar. Belajar tentang pentingnya mengatasi Culture Shock dan bagaimana cara beradaptasi dengan budaya baru;
  • Dalam memulai satu perjalanan sangat penting untuk mengulik sebanyak-banyaknya informasi agar tidak buta arah, buta pula pengetahuan. Perjalanan yang hendak di lakukan bukan berdasarkan pada basis keuntungan dan cuan semata;
  • Yang Paling penting adalah semua yang sudah di mulai boleh jadi tidak sesuai hasil akhirnya. Tetapi, perjalanan yang di lakukan pasti memberikan beberapa pengalaman. Dan pengalaman itu sebenar-benar pengetahuan.

Salam Dyarinotescom.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *