Latest Post

Capsule wardrobe: Apa itu dan Bagaimana Membangunnya?

Pernahkah kamu merasa “Riweuh” kewalahan saat membuka lemari pakaian yang penuh sesak? “Pakaian ini entah kapan belinya ☹”, menumpuk hingga ke langit-langit, namun kamu terasa tidak memiliki apa-apa untuk dipakai? Jika ya, kamu sepertinya perlu deh mempertimbangkan untuk membangun capsule wardrobe.

 

Capsule wardrobe itu adalah koleksi pakaian minimalis yang terdiri dari item-item pilihan, yang mudah dipadupadankan untuk menciptakan berbagai macam modifikasi outfit. Tujuannya adalah memiliki lemari yang fungsional dan stylish tanpa perlu memiliki terlalu banyak baju.

Konsep ini mungkin terdengar sedikit asing, namun sebenarnya capsule wardrobe telah ada sejak lama. Pada tahun 1940-an, desainer busana Amerika bernama Johnnie Cashmere memperkenalkan ide ini sebagai solusi bagi wanita yang ingin tampil modis tanpa menghabiskan banyak hepeng.

Membangun capsule wardrobe tidak serumit yang dibayangkan. Bukan seperti membuat PT atau sejenisnya. Pada dasarnya, kamu hanya perlu “memilih beberapa item pakaian dasar” yang cocok dengan gaya kamu untuk lebih mudah dikombinasikan.

Siap memulai perjalanan untuk lebih minimalis dan stylish?

 

 

Capsule Wardrobe: Lebih Sedikit, Lebih Baik – Membangun Gaya Personal Tanpa Pusing Fashion

Bagaimana membangun Capsule Wardrobe yang kamu butuhkan?

Di sini kami ingin membahas bagaimana Membangun Capsule Wardrobe yang Tepat untuk kamu. Tapi ingat kadangkala cara yang kami gunakan tidak sesuai dengan selera atau style kamu. Bisa itu sama, bisa juga itu berbeda.

Membangun capsule wardrobe yang tepat membutuhkan sedikit perencanaan dan kejelian. Langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

 

#Kenali Gaya Kita

Langkah pertama adalah memahami “aku maunya gaya yang bagaimana?” bukan tentang orang yang kamu idolakan, tetapi ini tentang gaya berpakaian kamu. Pikirkan tentang acara apa yang biasanya kamu hadiri (kerja, kasual, formal, dll.) dan warna-warna apa yang kamu sukai, atau sesuai dengan kamu banget.

Buatlah papan inspirasi dengan mengumpulkan gambar-gambar outfit yang kamu sukai dari majalah, website, atau media sosial. “Pakai iPad kamu boleh juga agar lebih praktis” Hal ini akan membantu kita memvisualisasikan gaya yang ingin kita pakai.

 

#Keluarkan Semua Pakaian

Kumpulkan semua pakaian kamu dari lemari, laci, dan tempat lain di mana kamu menyimpannya. Dengan begini, “ketemu deh… sedikit bernostalgia di balik pakaian lama”. Bisa membuatmu menjadi melamun, bersedih, atau bahkan tersenyum.

Pisahkan pakaian berdasarkan kategori (kaos, kemeja, celana, dll.) dan luangkan waktu untuk meneliti setiap item. Singkirkan pakaian yang: sudah tidak pas, rusak atau aus, tidak sesuai dengan gaya kamu,  dan jarang kamu pakai.

Jual atau sumbangkan pakaian yang tidak kamu inginkan, atau barang-barang yang sudah tidak lagi kamu butuhkan. Hal ini akan membantu kamu untuk memberi ruang lebih di lemari.

 

#Pilih Item Pakaian Dasar

Buatlah daftar item pakaian dasar yang kamu butuhkan, berdasarkan gaya dan kebutuhan kita. Beberapa item yang umum, termasuk:

  • Atasan: kaos, kemeja, blus, sweater;
  • Bawahan: celana jeans, celana panjang, rok;
  • Luaran: blazer, jaket, cardigan;
  • Gaun: 1-2 gaun yang serbaguna;
  • Sepatu: sepatu sneakers, sepatu hak, sandal; dan
  • Aksesoris: tas, scarf, perhiasan.

 

Pilih item dengan warna-warna netral seperti hitam, putih, abu-abu, dan navy yang mudah dipadupadankan. Kamu yang lebih segar hari ini, bisa menambahkan beberapa warna cerah untuk menambah variasi.

 

#Pertimbangkan Kualitas daripada Kuantitas

Investasikan pada beberapa item berkualitas tinggi daripada membeli banyak item murah, banyak, tapi cepat rusak. Pilihlah bahan yang tahan lama dan potongan yang klasik yang tidak akan ketinggalan zaman.

Tapi jangan salah, sebenarnya ketika zaman itu telah pergi, suatu saat ia kan kembali beserta style yang dibawanya. Jika kualitasdari pakaian kamu sangat baik, sayang dong dibuang begitu saja oleh karena tidak lagi tren.

 

#Belanja Cerdas

Saat membeli item baru, pastikan item tersebut sesuai dengan daftar kamu, dan dapat dipadupadankan dengan item lain di lemari yang sedang kita bangun. Manfaatkan penawaran menarik atau diskon murah untuk menghemat budget.

Pakaian yang kamu suka dan kamu kenakan adalah permulaan dari hari yang baik. Jangan takut ketika kamu berbeda dalam dunia yang seragam ini. Dan ingat, jangan pernah kamu mengesampingkan kekuatan dari sehelai pakaian. Itu akan berbeda pada masing-masing pemakainya.

 

#Rawat Pakaian dengan Baik

Pakaian lama di lemari pasti menghasilkan bau apek. “Asem-asem sedap gimana gitu”. Cuci dan setrika pakaian kamu secara teratur untuk menjaga kondisi pakaian agar tetap terlihat baik. Simpan pakaian kamu dengan rapi untuk menghindari kerusakan.

Amankan pakaian yang membuat kamu merasa, seperti: “Ini versi terbaik dari dirimu”. Seseorang bisa saja diam, tetapi pakaian bisa mewakili untuk bicara, karena dunia fashion menjadi lebih baik ketika seseorang berani membayar lebih untuk menjadi diri mereka sendiri.

 

#Rawat dan Perbarui Capsule Wardrobe Secara Berkala

Seiring waktu, gaya dan kebutuhan kamu mungkin bisa berubah. Perbarui capsule wardrobe kamu dengan menambahkan item baru dan menyingkirkan item yang sudah tidak kamu pakai. Rawat dan perluas Capsule Wardrobe jika perlu.

Ketika kita berbicara tentang yang namanya Fashion, sebenarnya ini untuk menemukan gaya yang sesuai dengan kepribadianmu, bukan sekedar mengikuti tren dari “selebritis alay”. Jadikan itu asesoris yang menawan, sepatu yang mengesankan, dan pakaian yang membuat orang melihatmu dua kali (2x) lebih banyak.

Jangan lemah bermain dengan warna dan pola, karena fashion sejatinya tentang bereksperimen.

 

Jadi Apa Yang Bisa Kita Konklusikan

Tak ada! Ada pakaian bersih kita pakai, pakaian kotor kita cuci. Pakaian itu bagaikan panggung kehidupan versinya kamu si paling sabar, jadi berikan pertunjukan terbaikmu setiap hari. Ketika kamu merasa kecewa, kesepian, atau juga kehilangan, berpakaianlah dengan warna favoritmu dan biarkan fashion itu menjadi terapi nya.

Jadi,…

Membangun capsule wardrobe perlu meluangkan waktu dan usaha, tetapi hasilnya akan sepadan. Memiliki lemari yang minimalis dan fungsional, kita akan lebih mudah memilih pakaian, menghemat waktu dan anggaran, serta merasa lebih percaya diri dengan penampilan kita saat ini. Lebih pede dong.

Kamu tidak perlu membangun capsule wardrobe sekaligus. Mulai dengan beberapa item dasar dan tambahkan item lain secara bertahap. Aksesoris adalah cara yang bagus untuk menambah variasi pada outfit kita tanpa perlu membeli banyak pakaian baru.

Jangan ragu untuk bongkar pasang.

Coba padu padankan item yang berbeda untuk menemukan gaya yang kamu sukai, tapi bukan karena mereka ingin kamu itu mengenakannya. Yang terpenting adalah merasa nyaman dan percaya diri dengan apa yang kamu kenakan.

Salam Dyariotescom.

 

Related Posts:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Publisher artikel lifestyle yang dikemas menarik, dengan tips dan opini, serta didesain secara kekinian untuk pembaca setia.