Menu Tutup

Kendali Diri Menuju Kualitas Kehidupan Yang Lebih Baik

Setiap orang tentunya, ingin memiliki ‘Quality of life’ yang jauh lebih baik daripada sekarang. Kita senantiasa berkompetisi untuk meraih kesuksesan. Berlomba meraih kebahagiaan, kejayaan bahkan kekayaan. Kamu pasti pernah! bahkan sering merasakan, betapa lelah dan mungkin membuat kita down karena hidup kita ini hanya berjalan di tempat. Tidak terjadi perubahan yang berarti. Pagi berganti siang, siang berganti malam dan seterusnya. Begini-gini saja. Dan terkadang juga mendorong untuk membandingkan hidup kita dengan orang lain. Akhirnya semua yang terjadi membuat kita terlihat tidak bersyukur. Ini lah sebab nya kendali diri sangat penting menuju kualitas hidup yang baik. 

Dari buku besar DyariNotesCom, Kendali diri bersumber dari ketenangan. Ketenangan itu sebuah emosi positif yang merefleksikan adanya suatu kedamaian secara batiniah. Basisnya adalah Kalbu. Memberikan rasa percaya diri (confidence) yang menciptakan suatu keseimbangan (harmony) antara tubuh dan pikiran.

Seseorang yang sedang menderita masalah layaknya badai kehidupan, akan selalu bertanya “Apa yang orang lain lakukan sehingga hidup mereka terlihat bahagia dan seakan-akan tidak ada masalah?”. Tidak semua orang yang kita kenal tentunya, bisa mengendalikan diri agar tetap tenang meskipun sedang di dera masalah. Tidak jarang orang menjadi overthinking karena itu. Then, how to deal with it?

Kehidupan Yang Berkualitas

Proses menuju kehidupan yang lebih baik, dengan cara meningkatkan Kualitas diri sehingga menjadi pribadi Solid. Pribadi yang berkualitas bukan berarti menjadi sempurna. Kita di tuntut untuk mengembangkan skill atau usaha dari apa yang kamu suka. Dan tentunya, kamu tidak akan bosan dengan hal itu, walupun di lakukan berulang-ulang kali. Konsistensi wajib hukumnya. Perbanyak referensi sebagai sumber pengetahuan kamu. Buatlah goal planning mu.

Kualitas dari seseorang itu bisa di lihat dari komitmennya untuk berhasil dalam bidang apapun yang kamu tempuh. Cara paling sederhana mengukur kualitas diri melalui perkataan. Meski kamu memiliki pengetahuan yang tinggi, jika hati dan lisan tidak baik, kualitasmu akan dianggap rendah. Bahkan sampah. Kualitas diri kamu bisa di nilai dari bagaimana diri kita, bukan apa yang kita miliki. Sangat mudah mengetahui kualitas seseorang yaitu Simak ucapan dan perhatikan kelakuannya.

  Kebiasaan Wanita Yang Harus Diperbaiki

Bersyukur dengan apa yang sudah kita miliki

Bersyukur memang harus di lakukan setiap hari, bahkan dalam keadaan sulit sekalipun. Dengan mengucap syukur akan membuat hati kita jadi lebih tenang dan hidup terasa lebih bermakna. Tidak peduli seberapa baik atau buruknya hidup yang kamu jalani. Bangunlah setiap pagi dan bersyukurlah. Bersyukur bahwa kamu masih memilikinya. Rahasia kebahagiaan itu ada, dalam tiga hal yaitu bersabar, bersyukur dan ikhlas.

Seringkali fokus pada apa yang kamu tidak miliki, bisa menjadi sebuah Jebakan Batman. Hal ini bisa membuat kamu memikirkan secara terus menerus, hingga diri kamu sendiri merasa tidak tenang. Fokuslah terlebih dahulu dengan apa yang sudah kamu miliki dan berusaha untuk mencapai apa yang belum kamu miliki.

Bersyukur itu jauh lebih mulia daripada mengeluh tanpa rasa senang. Bersyukur dapat membebaskan diri dari penjara kecemasan atas kesalahan. Kehidupan itu indah. Dan ada jalannya masing-masing. Cari jalan terindah untukmu. Dengan selalu mensyukuri apa yang kita jalani setiap hari. Tanpa ada rasa penyesalan di dalam hati.

Percayakan Jalan Ninja Mu

Perluas Relasi dan Pergaulan

Dalam meningkatkan kualitas diri, kamu juga diwajibkan untuk memperluas relasi dan pergaulan. Kita bisa mencoba bergabung dengan komunitas yang sesuai dengan minat kalian. Dengan begitu, beragam informasi serta pengalaman baru bisa kamu dapatkan secara langsung.

Kamu harus juga mencoba mengikuti acara networking seperti seminar dan workshop. Acara seperti ini sangat dianjurkan agar mendapatkan kesempatan untuk memperluas relasi dan pertemanan. Untuk percintaan juga bisa. Pengembangkan jaringan dan koneksi sudah terbukti akan mempermudah segala urusan.

Bangun komunikasi yang baik. Di perkuat dengan hubungan yang terjalin untuk memberikan manfaat positif nantinya. Jangan lupa memperlakukan relasi kita sebagaimana orang-orang penting di luar sana. Saling share Informasi identitas sangat perlu. Dan pahami betul kebutuhan mereka. Jangan terlalu tinggi omongan nanti kamu dicap sebagai omdo “Omong Doang”. Tampilkan pribadi yang baik dengan Citra low profile.

Fokus Terhadap Pendapatan bukan berhutang

Buruknya pengelolaan dalam keuangan bisa menjadi akar masalah. Apalagi semua masalah di selesaikan dengan hutang. Hidup dengan hutang membuat buruk citra, buruk pula muka. Hutang dapat membuat hidupmu menjadi tidak tenang. Pastinya, di kejar-kejar oleh sesuatu.

  Daftar Toko Online Paling Ramai & Banyak Dikunjungi sebagai Marketplace

Lebih baik kita tidur tanpa makan malam, dari pada harus bangun dengan hutang. Hutang itu bisa di katakan biaya hidup masa depan yang kamu pakai hari ini. Cobalah untuk sedikit banyak menabung. Tabungan itu seperti biaya hidup kemudian hari, yang sudah kamu miliki saat ini.

Fokuslah untuk menambah sumber penghasilan meskipun di rasa masih terbilang kecil. Apalagi sudah banyak cara untuk menghasilkan penghasilan tambahan dari rumah yang membuat kamu bisa mengerjakan pekerjaan di sela-sela kesibukanmu.

Sobat DyariNotes, hutang itu hanya untuk membuat kita seakan-akan terlihat sukses dari orang-orang di sekeliling, karena ini lah maksud bahwa hindari Hidup di dalam ilusi. Percaya atau tidak, lebih baik kita kebanyakan mimpi dari pada kebanyakan hutang. Jangan berutang jikalau memang tidak punya sumber bayar. Dan akhirnya menyusahkan keluarga orang lain.

Fokus dan Konsisten

Tantangan dan hambatan dalam hidup, bukan berarti menjadi tanda kamu gagal. Kehadirannya akan mengajarkan kita untuk lebih kuat dalam bertahan. Oleh karena itu, di butuhkan sikap konsisten dan fokus dalam jalan menuju kesuksesan.

Beberapa individu akan gagal menjadi pribadi yang baik. Biasanya, di sebabkan oleh banyak masalah. Dan menjadikan suasana hati kita menjadi buruk dan kurang bersemangat. Konsisten dan fokuslah pada kebaikan, maka kebaikan akan selalu hadir untukmu. Jangan ragu untuk konsisten. Sikap itu akan membentukmu menjadi pribadi yang lebih kuat.

Karena kita yang tidak fokus, maka mimpi yang selama ini diciptakan akan sulit dicapai, hingga akhirnya dilupakan. Kamu harus pandai dan bijak dalam menghadapi problem kehidupan. Jangan biarkan masalah mengganggu aktivitas. Dengan bersikap fokus dan konsisten, pencapaian dan target harus terjadi sesuai rencana.

  Fakta! Kebiasaan Makan Kita Mengganggu Pencernaan

Belanja sesuai kebutuhan, bukan keinginan

Kebiasaan berbelanja tanpa di sertai kearifan bisa membawa kita kepada kondisi sulit dalam hidup. Apalagi jika kita terlalu memaksakan untuk membeli barang-barang di luar kemampuan. Apakah hidup kita ini tidak lebih dari sekadar Shopping? “Beli, beli ayoo… beli” kata tanda di jendela toko. Saat berbelanja, seolah dunia menjadi lebih baik. Padahal tidak.

Coba kita renungkan bagaimana perilaku kita ketika belanja. Belanja sesuai dengan kebutuhan adalah salah satu cara untuk mengelola keuanganmu dengan baik. Terkadang berbelanja jauh lebih berbahaya dari pada berurusan dengan zombie dan vampir. Ada tiga hal yang perlu kamu ingat dalam hal berbelanja yaitu: lokasi, lokasi dan lokasi.

Orang yang memiliki pengelolaan keuangan dengan benar, akan sangat bisa mengatasi  berbagai masalah keuangan. Jika kamu sudah bisa mengatur keuangan, maka rasa cemas sudah bisa teratasi. Dan membuatmu menjadi orang yang lebih baik.

Bersikap Aktif

Kualitas diri juga bisa ditingkatkan dengan bersikap aktif. Tentu sikap aktif yang terkendali. Pada urusan apa pun dalam kehidupan. Keberhasilan itu seperti bergulat dengan seekor Buaya. Kita tidak berhenti saat kita lelah. Kita akan berhenti saat buaya itu lelah. Sikap yang aktif akan memudahkan kita memperoleh informasi dan wawasan baru yang selama ini tidak diketahui.

Ketahui sesuatu apa yang orang lain tidak akan ketahui hari ini. Sehingga esok hari, kamu dapat melakukan apa yang orang lain tidak ketahui. Jika tidak tahu, bertanya. Jika tidak paham perbanyak belajar.

Seperti halnya Pikiran yang merupakan sumber pengendali diri. Jangan bawa dirimu dalam kesulitan. Tenangkan pikiran agar ‘Problems can be solved more easily. Pikiran yang jernih, hati yang tenang, dan emosi yang terkendali dapat membuat kita lebih bijak dalam kendali diri menuju kualitas kehidupan yang lebih baik.

Salam DyariNotesCom

Posted in lifestyle

More Options

5 Comments

Tinggalkan Balasan