Latest Post

Melirik Asuransi Bermasalah, Masyarakat Paham?

Yes, Banyak banget perusahaan asuransi bermasalah saat ini. “Panik gak, Panik gak?” Kita sebagai konsumen tentu di tuntut paham dengan kesadaran penuh tentang mengapa hal tersebut bisa terjadi. Walaupun ini cerita lama yang rutin terjadi. Lalu, apa yang dapat kita lakukan untuk melindungi diri dari ‘taktik’ perusahaan asuransi ‘Nakal’?

Perusahaan asuransi menghabiskan dana yang besar setiap tahun untuk promo, kampanye, pemasaran, dalam upaya meyakinkan bahwa ‘Mereka Peduli. Slogan yang tuan-tuan gunakan menggambarkan bahwa Kami ini bagian dari kalian. Terlepas dari jenis asuransi apa pun yang kamu gunakan, perusahaan yang menanggung polis, menginginkan kita percaya bahwa ‘Itu hanya untuk kepentingan terbaik kita.

Masalahnya adalah bahwa semua yang mereka katakan sering tidak terjadi. “Nanti kelingking kamu cidera” misalnya. Faktanya, beberapa perusahaan asuransi memiliki kepentingan finansial untuk membayar sesedikit mungkin klaim yang harusnya kita dapatkan.


Melirik Asuransi Yang Bermasalah

Di Konoha sendiri, banyak perusahaan asuransi bermasalah. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merilis setidaknya sekitar 11 perusahaan asuransi yang terlibat masalah dan diawasi secara khusus. Cerita lama, gaya lama tapi orangnya baru.

Berkaca pada masalah yang terjadi, tentu benar bagi kita untuk terus berhati-hati ‘waspada‘ dalam memilih perusahaan asuransi. Jika kita lalai memahami apa yang dapat di proteksi dan apa yang tidak, bisa saja berujung pada kerugian di masa depan. Dan itu kamu bukan mereka.

Masyarakat Harus Paham

Jangan bermain-main dengan policy asuransi. Jangan pula mudah menandatangani sesuatu yang kita tidak tahu. Berikut ini beberapa catatan Dyarinotescom, jika bersinggungan dengan perusahaan asuransi, antara lain:

1. Baca policy dengan hati-hati

Baca dengan seksama dan pahami segala syarat yang berlaku. Kamu harus tahu persis apa yang di tanggung dan bagaimana mengajukan banding atas penolakan oleh perusahaan asuransi yang akan kita gunakan.

2. Kesehatan keuangan perusahaan asuransi

Penting sekali untuk memilih perusahaan asuransi yang sehat secara keuangan dan siapa di belakangnya. Indikasi bahwa itu adalah perusahaan besar, tidaklah cukup. Apakah perusahaan asuransi itu benar-benar sehat secara finansial atau tidak? Ini menjadi pertanyaan besar jika kita mau berhubungan dengan asuransi.

 

3. Reputasi perusahaan

Cari tahu apa saja tentang asuransi tersebut, bisa saja berkaitan dengan sejarah dan prestasinya. Apa yang orang katakan tentang mereka. Pahami bagaimana proses klaim dan layanan serta fasilitas lainnya. Media sosial bisa menjadi salah satu alternatif yang baik dalam penelusuran kita.

4. Berhati-hatilah dalam mengisi formulir

Dalam menulis formular isian kita tentu harus berhati-hati. Bahkan jika kita membuat kesalahan, perusahaan asuransi mungkin memanfaatkannya sebagai alasan untuk menolak pertanggungan secara surut. Pastikan bahwa setiap poin yang kita tanda tangani memberikan manfaat yang luas dengan segala fasilitas nya.

5. Rekaman wawancara

Jika kamu mendapat telepon dari asuransi, kemungkinan besar mereka akan meminta untuk merekam percakapan tersebut. Meskipun tampaknya tidak berbahaya, hal tersebut sebenarnya adalah bagian dari strategi.

Rekaman tersebut merupakan catatan yang nantinya dapat ‘mereka’ gunakan untuk menekan bahkan menolak klaim kita. Ingat, setiap pernyataan yang terekam dapat menjadi bukti dalam proses hukum di kemudian hari. Tolak wawancara.

 

6. Jangan mencairkan cek pengembalian uang premi

Jika perusahaan asuransi membatalkan asuransi kamu, mereka dapat mengirimkan pengembalian dana untuk premi yang kita bayarkan. Menguangkannya bisa diartikan sebagai menerima keputusan mereka.

7. Nasehat dan Saran yang Melemahkan

Banyak asuransi menyarankan kita untuk menghindari kontak dengan seorang pengacara. Mereka berupaya agar kita mempercayai ‘mereka’ untuk menangani asuransi kita secara adil. Dalam banyak kasus, ini hanyalah bagian dari taktik untuk membuat kamu menerima jumlah yang lebih kecil dari hak yang bisa kita dapatkan.

8. Dokumentasi dan Catatan

Komunikasi melalui saluran telepon kemungkinan akan menjadi pengalaman buruk yang membuat frustrasi dan kita tidak akan dapat membuktikan apa pun yang di katakan asuransi kepada kita melalui telepon. Sangat penting bagi kita untuk tetap menyimpan catatan dan korespondensi.

9. Permintaan Persetujuan

Terkadang asuransi menghubungi kita dengan cepat untuk mendapatkan persetujuan. Dalam banyak kasus, hal ini ‘mereka’ lakukan untuk menyelesaikan kasus dengan biaya minimum. Ada baiknya menunggu sampai kita mengetahui sepenuhnya sebelum menandatangani apa pun.


10. Update secara berkala Terkait Lembaga Negara

Dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai lembaga yang mengawasi kegiatan di sektor perasuransian. OJK bisa membantu, tetapi mereka tidak akan mewakili kita secara pribadi. Jika semuanya gagal, kamu mungkin perlu berkonsultasi dengan pengacara.

11. Jangan menyerah

Perusahaan asuransi menginginkan kamu untuk menyerah. Menerima segala dengan lapang dada dan ikhlas. Terus berjuang untuk hak-hak kamu. Jika terkendala masalah, perusahaan asuransi menghindari kita, misalnya. Beberapa perusahaan mencoba membuat ‘penggugat’ frustrasi dengan menghindari kontak dengan mereka.

Orang yang berbeda biasanya di tugaskan untuk memperlambat proses pengurusan klaim. Dan penundaan tersebut jarang menguntungkan kita. Jadi, selalu waspada dan siap untuk taktik semacam ini dan ada baiknya minta bantuan pengacara jika perlu.

Masalah Yang Sering Terjadi

Pelanggan asuransi secara rutin menghadapi masalah dengan klaim. Lebih buruk lagi, masalah ini di temui di hampir semua pasar asuransi. Banyaknya pengaduan masalah asuransi bermula dari kurang pahamnya nasabah terhadap polis. Selain itu juga minimnya komunikasi dan detail informasi dari para marketing asuransi membuat posisi konsumen tersudutkan.

Catatan

Sayangnya, ini hanyalah beberapa catatan dari kejadian jika kita kurang memahami apa yang di tawarkan perusahaan asuransi. Sejatinya, asuransi itu bermain pada kecemasan dan ketakutan kita tentang masa depan. Di Indonesia ada beberapa perusahaan asuransi yang bertanggung jawab, berkualitas dengan manfaat yang sangat menarik. Temukan mereka.

Salam Dyarinotescom.

Related Posts:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Publisher artikel lifestyle yang dikemas menarik, dengan tips dan opini, serta didesain secara kekinian untuk pembaca setia.