Dyarinotescom

Internet Gaming Disorder, Nyata Tapi Disepelekan

Internet gaming disorder

Mengapa saat ini banyak anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa, kecanduan bermain internet game? Padahal kita tahu bahwa ini tingkatan dari  ‘Membentuk kebiasaan yang menyebabkan ketidakmampuan kita dalam mengelola hidup‘. Poinnya “Lupa waktu“. Sadarkah kita bahwa Internet Gaming itu musuh yang nyata, tapi malah di sepelekan. BIP

Apa yang terjadi? Sudah tidak menyenangkan kah kehidupan nyata hari ini, hingga kamu merasa lebih nyaman hidup dalam internet game dan dunia maya. Tidak sadarkah kamu bahwa kita sebagai pengguna dari industri internet game, dibuat seperti budak bernyawa. Kaku dan tunduk pada gambar bergerak.

Dan tahukah kamu bahwa sekarang: anakmu, temanmu, saudaramu, berperilaku sedikit aneh. Mereka menghindari interaksi sosial dan kesulitan mengendalikan pikiran serta sering berprasangka buruk. Mungkinkah, Semua Disorder ini dikarenakan industri Internet Game?

Apa itu Internet Gaming Disorder

Ternyata banyak dari kita tidak mampu mengontrol hidup dan waktu penggunaan internet dan video games. Jaman peralihan. Siang malam online terus. Secara, Internet Gaming Disorder (IGD) seperti sebuah gangguan yang dikarakteristikkan dengan ketidakmampuan seseorang dalam mengontrol penggunaan internet games dalam kehidupan sehari-hari.

Hal ini dapat menyebabkan distres nyata (kondisi gangguan emosional) dan gangguan fungsional pada kehidupan kita, seperti: interaksi sosial yang minim, minat pada pekerjaan mulai menurun, performa akademik anjlok, dan juga masalah perilaku lainnya.

Bagaimana Ini Bisa Terjadi

Bagaimana Internet Gaming Disorder bisa terjadi? Tentu bisa saja terjadi. Kuncinya terletak pada kerancuan manajemen waktu. Tidak bisa mengatur hidup. Pada sebagian orang dewasa, kebiasaan ini di perbaiki oleh kita secara pribadi karena kesadaran bahwa ini sudah tidak benar.

Tapi tidak pada anak-anak dan remaja. Anak-anak dan remaja akan terus dan terus menikmati apa yang dilihat dan dilakukannya. Karena apa yang di lihat lebih indah dan menyenangkan dari kehidupan nyata. Lebih terang, berwarna bahkan berkilau. Mereka mengatur dan bukan diatur. Mereka mengoreksi dan bukan dikoreksi.


Gejala Internet Gaming Disorder

Seseorang bisa di katakan mengalami ‘Internet Gaming Disorder’ apabila sudah mengalami beberapa gejala yang berlangsung selama 3-6 bulan bahkan lebih. Seperti: Memiliki keinginan untuk selalu bermain game setiap waktu.

Dan terkadang ‘Mereka’ merasa murung, stres, atau marah ketika tidak bisa bermain internet game. Mereka membutuhkan lebih banyak waktu untuk bermain agar mood mereka lebih baik. Menghabiskan sebagian besar waktu bermain game dan terkadang menggabungkannya dengan aktivitas lain, seperti: makan, minum, belajar, bahkan bekerja.

Mereka’ akan mulai membiasakan diri untuk berbohong kepada orang lain karena dorongan untuk selalu bermain game. Dan yang pasti akan menghamburkan uang untuk membeli pernak pernik game itu sendiri. Lalu jika begini, apa yang harus di lakukan? Siapa ‘Mereka’?

Apa Yang Harus Di lakukan Untuk Mengatasinya

Siapa ‘Mereka’? Siapa lagi kalau bukan kamu.

Internet game itu sangat seru kan. Tapi jika terus dan terus di lakukan, berdampak tidak baik bagi ‘mereka’. Lalu apa yang harus kita lakukan untuk mengatasi Internet Gaming Disorder ini? Berikut Dyarinotescom, rangkum beberapa tips untuk mengatasinya, antara lain:

1. Temukan

Untuk mengurangi candu dari internet game, sangat di anjurkan untuk kita menemukan hobi baru, mainan baru, teman baru dan pacar baru. Hobi kamu apa? Bermain alat musikkah, membaca komik dan buku kah, melukis, menulis, atau berolahraga. Aktivitas tersebut sangat baik bagi kesehatan fisik dan otak. Di pergunakan untuk mengalihkan perhatian dari keinginan kita pada kecanduan internet game.

2. Menjauh

Paling enak bermain internet game di kamar tidur. Tentu menggangu waktu tidur kita, dan pasti akan berdampak kurang baik bagi kesehatan. Sebaiknya, letakkan perangkat yang biasa kita gunakan untuk bermain, seperti: laptop, pc dan ponsel kita jauhkan atau berada di luar kamar tidur. Paling tidak akan mengurangi keinginan dalam bermain.

3. Waktu

Cara yang lain untuk mengurangi keinginana kita dalam bermain internet game yaitu dengan membatasi waktu bermain. Buat jadwal bermain dan beri batas waktu, semisal: 1 jam per hari. Pengaturan waktu dapat membantu kita mengurangi keinginan dalam bermain.

4. Perbanyak aktivitas

Untuk mengatasi Internet Gaming Disorder bisa juga di lakukan dengan cari ini. Yaitu dengan memperbanyak aktivitas di luar rumah. Tentu ini sangat baik. Bermain bersama teman, berkenanlan dengan kawan baru, bersosialisasi dan menemukan kesenangan dari kehidupan nyata. Permainan di dunia nyata itu juga menyenangkan, bro.


Catatan

Apa yang kita lakukan ini, tidak lebih hanya sekedar mengurangi dan membatasi. Dan kemungkinan besar itu tidak bisa di cegah jika tidak ada kemauan dari diri sendiri dan juga pengawasan dari orang tua. Ini sungguh nyata. Jangan jadi budak dari industri game. Jangan mau jadi kelinci percobaan dari perkembangan teknologi aplikasi.

Ketegasan merupakan bagian yang tidak terpisahkan jika kita mau menghindar dari ‘Internet Gaming Disorder’. Komunikasi yang baik akan sangat membantu dalam pemahaman dan pemberian pengertian bahwa “itu tidak benar”. Itu bukan hal baik untuk rutinitas walaupun memang menyenangkan. Santai saja, jangan marah-marah. Hero kamu apa?

Salam Dyarinotescom.


Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *