kid blue

Mendidik Anak Soleh yang Didambakan Orang Tua

Kita sebagai orang tua ingin sekali mempunyai anak yang sholeh, taat dan disiplin serta pintar. Saya dan anda pasti ingin sekali mendidik anak kita menjadi anak yang di banggakan. Tidak dapat di pungkiri jika saat ini sudah menjadi rahasia umum, banyak sekali anak yang memiliki perilaku menyimpang dari ajaran agama dan juga tidak mampu menetapkan dasar-dasar nilai rohani dalam kehidupan anak tersebut.

Hal ini menjadi suatu kekhawatiran tersendiri dan dan harus di cari solusinya secepat mungkin. Kehidupan seseorang tanpa didasari oleh norma-norma agama terasa kehilangan arah, dan itu tidak baik. Ada beberapa cara yang bisa di ambil oleh kedua orang tua dalam mendidik anak dalam hal menanamkan aqidah dan akhlak yang baik sesuai dengan Syariat agama.

 

Berikan contoh yang baik


Subjek dari contoh yang paling dekat untuk ditiru oleh anak adalah kita sebagai orang tua. Perilaku kita menjadi contoh yang nyata dan Kehidupan sebenarnya yang dalam pikiran anak benar adanya dan dan bisa di lakukan.

  Pentingnya Pembelajaran Life Skill untuk Anak Usia Dini

Kecenderungan anak adalah peniru. Dengan memberikan contoh yang baik di harapkan dapat memberikan arahan bagi si anak untuk menjadi pribadi yang baik lagi sholeh. Bisa juga dengan bangun pagi dan membangunkan anak kita untuk salat subuh seperti yang kita lakukan.

 

Beribadah bersama anak

Mendidik anak menjadi sholeh dan sholehah Bukankah dengan dorongan keras, menekan bahkan mendikte melainkan dengan contoh berupa tindakan. Mulailah melakukan penanaman nilai-nilai dari agama di dalam diri anak.

Ajarkan anak melakukan ibadah seperti yang kita lakukan. Di awali dengan salat berjamaah, berpuasa, mengaji, bershalawat dan masih banyak lainnya yang merupakan perwujudan dari nilai-nilai agama Islam yang kita anut.

Jika kita membiasakan anak untuk melakukan hal tersebut secara terus-menerus mudah-mudahan anak akan terbiasa melakukan kewajiban sebagai manusia untuk beribadah sesuai dengan ajaran agama.

 

Berikan harta yang halal untuk keluarga

Dasar-dasar mendidik anak menjadi sholeh dan sholehah di mulai dengan memberikan harta dan makanan kepada keluarga kita dari sumber yang halal dan cara yang halal pula. Karena sesungguhnya, jika sesuatu berasal dari yang baik maka akan menghasilkan kebaikan.

  Pembelajaran yang sudah ditinggalkan

Lebih baik memberikan makanan kepada keluarga kita dengan keringat dan jerih payah kita ketimbang dari hasil yang tidak baik seperti korupsi, menipu, riba bahkan mencuri.

 

Menceritakan kisah-kisah para nabi dan tauladan

Menceritakan kisah tauladan para nabi dengan mengedepankan kesantunan, cinta dan kasih sayang serta akhlak yang baik dapat menumbuhkan sikap cinta dan peduli terhadap Islam itu sendiri.

Ceritakan bagaimana lingkungan Islam yang di bangun oleh para rasul dan nabi serta para sahabat yang kiranya bisa di contoh dalam kehidupan sehari-hari dan sangat baik untuk diterapkan dalam bermasyarakat.

 

Mendoakan anak setiap saat

Doa yang mujarab untuk anak adalah doa kedua orang tua yaitu ibu dan bapaknya terutama doa sang ibu. Oleh karena itu jangan sekali-kali kita mendoakan kejelekan untuk anak anda. Sejatinya perkataan itu adalah doa.

Janganlah kita menjadi orang tua yang latah sekalipun di saat kita lelah. Bersabarlah, sejatinya anak adalah titipan Tuhan.

 

Salam Dyarinotes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Dyarinotes is protected
%d bloggers like this: