dyari-food1212

Mindful Eating – Kesadaran Hidup Sehat

Orang mampu menikmati hidup apabila ia juga mampu memiliki kesehatan yang baik. Untuk menikmati cahaya kesehatan yang baik, tentunya kita harus berolahraga dan makan makanan baik pula layaknya makanan sehat. Makanan sehat adalah obat paling ampuh atas setiap penyakit. Tapi ia harus dikonsumsi sejak usia muda secara berkelanjutan.

Hidup sehat merupakan salah satu gaya dari beberapa gaya hidup yang lebih memperhatikan segala aspek dan kondisi kesehatan. Kesadaran akan hidup sehat dapat diperoleh dari pemahaman akan arti penting nya pola hidup sehat.

 

Sadar Akan Pentingnya Hidup Sehat

Sebagai human modern kita harus sadar pentingnya hidup sehat. Tubuh yang dipaksa melakukan berbagai kegiatan, akan lelah dan tak jarang dalam detik yang bersamaan lapar pun tiba.

Kita terkadang berusaha menyelesaikan segala kewajiban dalam waktu yang ditentukan dengan cepat dan tepat.

Ketika tubuh dan pikiran kita dipacu dengan sangat keras untuk super produktif, kita terkadang melupakan kenikmatan berproses yang sedang terjadi. Proses itu penting!.

Seperti halnya ketika kita sedang menikmati suatu makanan. Ada banyak hal lain yang dapat mengambil dan mengalihkan fokus perhatian kita. Pada akhirnya kita tidak bisa menikmati rasa nikmat dari makanan tersebut.

Makanan sehat menjadi tidak sehat karena cara kita.


 

Ketika ‘Mindful eating’ adalah sebuah cara ‘Makan’

Bercerita tentang Mindful lebih mengarah kepada fikiran yang menyentuh kepada fokus dalam kesadaran. Mindful eating adalah sebuah cara untuk memfokuskan kepada kesadaran personal terhadap makanan yang sedang atau akan kita makan.

  Makanan yang paling Cocok dihidangkan pada Musim Penghujan

Tujuan nya agar kita bisa meresapi kenikmatan rasa dan pengalaman dalam menikmati makanan tersebut. 

Makan kita lakukan setiap hari. Aktivitas yang selalu kamu dan keluarga tunggu-tunggu di pagi, siang serta malam hari. Kita harus pahami bahwa aktivitas makan merupakan suatu proses kompleks yang melibatkan pikiran dan organ tubuh terutama sistem pencernaan.

Kamu setidaknya membutuhkan waktu sekitar 15 sampai dengan 20 menit atau lebih melakukan makan agar merasa kenyang. Dan jika kita makan terlalu cepat, kita lebih mungkin untuk melewatkan perasaan kenyang.

Dan pada akhirnya, yaa … kita akan makan berlebihan tanpa ada berhenti dan menikmati. Untuk itu, kamu perlu menerapkan kesadaran penuh saat makan. Inilah yang orang katakan dengan Mindful Eating.

 

Kesadaran Emosi dan Sensasi

Mindful Eating didasarkan pada kesadaran saat kamu makan, artinya kamu memperhatikan sepenuhnya apa saja yang sedang kita makan, emosi kita saat makan, porsi makanan, isyarat fisik saat makan, dan banyak lainnya.

Kesadaran membantu kita untuk mengenali dan mengatasi emosi dan sensasi fisik, seperti lapar dan kenyang. Cukup diingat, ada beberapa kategori dari lapar yang kita rasakan yaitu : mata, sentuhan, hidung, mulut, perut, saraf, pikiran dan juga hati.

  Penyebab Bercermin Dilarang Terlalu Lama

Ternyata rasa lapar tidak selalu harus dijawab dengan makanan. Keinginan akan lapar bisa dijaga dan bisa kita kontrol dengan melatih diri.

 

Melatih Diri Untuk Berhenti


Sering kali kita makan tanpa sadar untuk menikmati apa yang kita makan, seperti mengunyah makanan saat menonton televisi, membaca buku atau lamunan jomblo. Makan dengan pola mindful eating mengajarkan kita untuk selalu menggunakan waktu makan untuk berfokus pada semua indra yang kita punya.

Kamu akan menikmati rasa, aroma, bumbu, dan teksturnya. Dengan begitu, kita membiarkan diri mengenal kembali kenikmatan makan siang mu.  Bahkan untuk seorang food vloggerTanboy Kun dapat menikmati makanan dengan sangat lahap.

Makan dengan penuh kesadaran membantu kita menentukan apa yang tepat untuk kesehatan kita. Makan dengan sadar adalah penyeimbang. Memungkinkan kita menemukan keseimbangan dalam cara kita menjalin koneksitas dengan makanan.

Kesadaran membantu kita menyadari pengambilan keputusan kita sendiri. Hal itu seperti memperlambat rekaman untuk melihat proses tahap demi tahap seperti isyarat, emosi yang muncul, dan seluruh dampak indrawi dari makan.

Ketika kita berhenti sejenak untuk memperhatikan hal tersebut, kita mulai mengubah perilaku atau pemikiran kita tentang makanan.  

 

Memilah Makanan

Mindful eating bukan sekadar mengubah makanan yang kita makan, tetapi lebih kepada mengubah cara berpikir kita tentang makanan. 

  Tumbuh Uban di Masa Muda

Makan dengan penuh perhatian bukanlah suatu program diet. Lebih kepada membantu kamu memilih asupan makanan yang lebih sehat dan bergizi untuk tubuh.

Saat kita lebih sadar, pikiran menjadi lebih tenang. Pikiran yang lebih tenang, akan membuat kita tidak mudah gelisah, stres atau makan secara emosional. Cara makan yang berkesadaran, menjauhkan orang dari pilihan yang tidak sehat.

 

Notes

Jika kita sehat, kita punya tenaga lebih untuk menghadapi tantangan. Dan katanya bisa lebih lama hidup bersama orang-orang yang kita sayangi. Begitu juga dengan ‘Cara Makan’. Makanan bisa tidak rasional untuk sebagian orang. Makanan bisa juga dikatakan budaya, kebiasaan dan keinginan serta identitas.

Seseorang tidak bisa berpikir dengan baik, mencintai dengan baik, dan tidur nyenyak jika belum makan dengan baik. Jika kita bisa menerapkan Mindful Eating, biasanya seseorang akan lebih memperhatikan wujud, warna, tekstur, aroma, dan tentunya rasa dari makanan.

 

Salam Dyarinotes

 

Tinggalkan Balasan

error: Dyarinotes is protected