doa-jum'at03

Ketika Manusia Memohon Doa

Setiap muslim di seluruh dunia selalu berdoa kepada Allah untuk mewujudkan keinginan. Dengan aktivitas doa, manusia menjadi dekat dengan Allah. Mungkin sebagian dari kita pernah merasa mengapa doa yang selalu kita panjatkan tidak  dikabulkan oleh Allah SWT. Namun yakinlah, Allah SWT mendengar doa-doa kita. Maka memohon dengan sangat kepada -Nya.

Doa kita terkabul dengan cara yang berbeda dan bisa waktu yang berbeda pula. Allah Maha Besar. Allah memiliki cara tersendiri dalam mengabulkan doa hamba-Nya.

Doa bersumber dari hati. Hati yang kotor bisa menyebabkan seseorang sulit menghantarkan doa kepada Allah SWT. Jika hati seseorang tidak bersih sampai hatinya mati, maka doa tersebut boleh jadi tidak akan dikabulkan.

Doa ditujukan untuk memohon dan meminta segala sesuatu, maksudnya hajat dan tujuan yang baik. Mulai dari rezeki, kesehatan, sampai kelamatan dunia dan akhirat. Waktu yang paling baik untuk berdoa yang bisa kamu lakukan setiap hari adalah pada saat sujud, setelah salat, di sepertiga malam terakhir, serta di antara azan dan iqamah.

  Balance Your Life

Allah memang berkuasa mengabulkan doa setiap hambanya dalam bentuk apapun, termasuk dalam bentuk yang tidak sesuai dengan permohonan hambanya.

Seperti ketika permohonan yang dimaksud tidak mengandung maslahat secara spontan sehingga Allah menggantinya dengan hal yang lebih memiliki maslahat.

 

Permohonan Yang Disampaikan

Allah SWT akan mengabulkan setiap permohonan yang disampaikan dalam doa. Hal tersebut tertulis dalam salah satu ayat Al Quran yang, artinya:

 

“Dan Tuhanmu berfirman, ‘Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka jahanam dalam keadaan hina dina” . 

(QS Surat Ghafir, ayat 60)

 

Selain ayat di atas, janji Allah SWT yang akan mengabulkan setiap doa, juga terkandung dalam surah Al-Baqarah ayat 186, yang artinya sebagai berikut:

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku agar mereka memperoleh kebenaran.”

  Perjalanan Isra Mikraj

 

Salam dan Doa

Dyarinotescom

Tinggalkan Balasan

error: Dyarinotes is protected