makan-pagi-dyarinotes05

Sarapan : Semua Nilai Manfaat Yang Kita Dapat Di Pagi Hari

Pagi hari yang cerah dan indah sebelum melakukan aktivitas, kita mebutuhkan yang namanya sarapan. Sarapan pagi sangat penting bagi kesehatan tubuh. Banyak sekali nilai manfaat yang kita dapat dikala kita makan di waktu pagi.

Sarapan itu seperti matahari terbit. Ketika kamu menunda terlalu lama, maka kehilangan momentnya. Jika kita melewatkan sarapan, tubuh kita menjadi lemah, mudah sakit dan membuat sistem pencernaan menjadi tidak stabil.

Sarapan itu waktu dimana kamu kesulitan menyajikan makanan dengan hidangan mewah. Kecuali kamu lagi di hotel bintang lima. Sarapan itu waktu dimana yang sederhana bisa menjadi sempurna. Makan pagi wajib bagi kita dan keluarga. Ketika kita bagun pagi, gula darah biasanya rendah. Makanya sarapan pagi yups bersama Dyarinotescom.

 

Seberapa pentingnya sarapan bagi dirimu?

Makan di waktu pagi itu penting bagi fungsi otak termasuk anak-anak. Buah hati yang mendapatkan sarapan pagi secara rutin, memiliki IQ lebih tinggi dibandingkan dengan anak yang jarang mendapatkan sarapan. Makan secara teratur di waktu pagi hari dipercaya membuat kelakuan anak menjadi baik.

Waktu sarapan yang paling ideal, didapat dari nasehat nini-nini adalah dimulai pukul 06.00 pagi sampai dengan pukul 08.30 pagi. Atau selambat-lambatnya jam 09.00 pagi deh, gak lebih. Jika melewati jam tersebut dirasa sudah kesiangan.

  Tak Diduga, 5 Hal Ini Bisa Picu Sakit Kepala

 

Nilai Manfaat Yang didapat dari Sarapan

Banyak manfaat yang kita dapatkan dari sarapan pagi. Sumber energy salah satunya. Seperti halnya motor dirumah, tubuh juga membutuhkan bahan bakar untuk bergerak dan beraktivitas. Nilai manfaat yang kita dan keluarga termasuk anak-anak dapatkan jika kita sarapan pagi, diantaranya:

 

1. Menyehatkan tubuh

Sarapan di pagi hari secara teratur dapat menyehatkan tubuh. Makan pagi mengindarkan tubuh dari kolesterol dan meningkatkan metabolisme tubuh. Sarapan juga membuat lambung terisi makanan sehingga dapat menetralisir asam lambung. Yaa, pada intinya tubuh kita menajadi sehat.

 

2. Asupan Gizi

Kebutuhan gizi bisa didapatkan pada saat makan. Susu juga baik dikonsumsi disaat sarapan pagi. Sarapan sebaiknya memenuhi asupan tubuh hingga 30 sampai 35 persen dari total kebutuhan gizi. Pada saat sarapan pagi Dyarinotes menyarankan mengkonsumsi makanan sehat dengan kandungan ideal sepeti: karbohidrat sebesar 30%, 30% nya berupa protein, dan sisa 40% lagi serat.

 

3. Menambah energi

Setelah tidur 6-7 jam diwaktu malam, makan di pagi hari memiliki peran penting. Tidur yang panjang membuat kadar gula turun. Padahal kita tahu, gula merupakan sumber energi. Sarapan itu bisa membantu kamu mendapatkan energi, karena energi hanya didapat dari proses pembakaran gula yang ada dari makanan.

  Aku Butuh Si Bersin!

 

4. Anak Menjadi Lebih Aktif

Ketika kita dan keluarga melakukan sarapan secara rutin, anak akan menjadi aktif daripada yang tidak. Makan di pagi hari juga bisa membantu otak untuk berfungsi secara optimal. Hal ini dipengaruhi oleh terpenuhinya zat gizi yang esensial bagi sistem saraf pusat. Dengan begitu, proses berpikir kita maupun anak dirumah juga meningkat.

 

5. Jantung Sehat

Dampak melewatkan makan pagi juga bisa menyasar organ vital seperti jantung. Menurut studi dari Universitas Harvard, pria yang melewatkan makan di pagi hari memiliki risiko 27 persen lebih besar terkena serangan jantung atau penyakit jantung, daripada mereka yang melakukannya secara rutin.

 

6. Berat Badan Stabil

Dengan memilih makan makanan yang kaya akan serat dan protein maka ini bisa mencegah obesitas atau kegemukan. Kamu bisa pilih menu seperti ikan, telur, dan sayur-sayuran. Nafsu makan dan juga besaran porsi di saat makan siang juga akan lebih terkontrol.

 

7. Hari mejadi bersemangat

Biasanya orang lapar jadi mudah marah. Termasuk saya juga lol. Bayangkan jika semua orang yang tidak makan pagi, kantor akan berantakan berikut semua pekerjaan. Perut sudah terisi maka kamu akan tenang. Dan kamu juga akan lebih bersemangat, Pastinya.

  Beberapa Kondisi Yang Dilarang keras Minum kopi

 

8. Fokus dan lebih produktif

Sahabat Dyarinotes, kebiasaan makan pagi juga bisa membuat kita lebih fokus dan produktif dalam mengerjakan pekerjaan di kantor ataupun sekolah. Jika kita tidak makan makanan di pagi hari, kemungkinan daya pikir kita akan menurun. Secara halusnya otakmu jadi lemot.

 

9. Membentuk enzim

Selama tidur, enzim pencernaan juga ikut istirahat. Saat makan di pagi hari, enzim yang sempat beristirahat ikut terbangun dan kembali bekerja. Jika enzim didalm tubuh kita berpuasa dengan jarak waktu yang lama, dan bekerja kembali saat waktunya makan siang, akan ada beberapa enzim yang tidak bekerja alias bolos.

 

10. Kerja otak jadi lebih baik

Ahli dari Universitas Swansea, Wales, sudah membuktikan bahwa siswa yang rutin melakukan makan di waktu pagi hari, secara ilmiah 22% lebih pintar dibandingkan dengan siswa yang tidak melakukan. Secara otak juga butuh tenaga.

 

11. Benteng Pertahanan

Apabila anak kita tidak makan pagi, kemungkinan anak akan jajan atau makan sembarangan. Bukan kita tidak percaya dengan kebersihan makanan diluar, tetapi kita juga harus waspada. Takaran nutrisi pada makanan jajanan pun kurang meyakinkan.

 

Salam Dyarinotes

Tinggalkan Balasan

error: Dyarinotes is protected