ring-dyarinotes

Tanda Tali Cinta Sepasang Manusia

Cinta itu begitu indah. Sepasang mahluk yang memiliki cinta menjadi awal terjadinya pernikahan. Seperti tali yang disambungkan untuk saling mengikat dan memiliki.

Pernikahan adalah ceremony pengikatan janji suci sepasang kekasih kepada Illahi.  Upacara ini memiliki berbagai macam ragam dan variasi tergantung kepada tradisi suku bangsa, budaya agama maupun status sosial.

Pernikahan dalam kaidah Islam merupakan fitrah manusia dan merupakan ibadah bagi semua muslim sebagai penyempurna iman dan agamanya.

Dengan adanya pernikahan, sepasang kekasih telah memikul amanah tanggung jawabnya yang paling besar dalam dirinya terhadap keluarga. Pernikahan memiliki banyak manfaat. Terutama bagi kehidupan sosial sebagai manusia.

Kepentingan sosial itu yakni memelihara kelangsungan jenis manusia, melanjutkan keturunan, pembuka pintu rezeki, menjaga kehormatan diri dan keluarga, menjaga keselamatan masyarakat dari segala macam penyakit serta dapat juga menjaga ketenteraman didalam jiwa.

Pernikahan merupakan salah satu ibadah yang paling lama. Terdapat ayat Alquran tentang pernikahan yang bisa dipetik sebagai pelajaran bagi manusia yang akan menikah. Menikah selain bernilai ibadah, ada nilai lain yang terkandung dalam pernikahan, menurut Islam. Salah satunya yaitu ketentraman batin.

  Ketika Manusia Memohon Doa

Berikut beberapa ayat Alquran tentang pernikahan ini, antara lain:

 

Ayat Alquran Tentang Pernikahan dan Pasangan

وَمِنْ كُلِّ شَيْءٍ خَلَقْنَا زَوْجَيْنِ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ

Artinya: “Dan segala sesuatu Kami Ciptakan Berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah,”

(QS Az-Zariyat: 49).

 

Ayat Alquran Tentang Pernikahan dan Jodoh

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

Artinya: “Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu Yang menciptakan kamu dari satu jiwa dan darinya Dia menciptakan jodohnya, dan mengembang-biakan dari keduanya banyak laki-laki dan perempuan; dan bertakwalah kepada Allah SWT yang dengan nama-Nya kamu saling bertanya, terutama mengenai hubungan tali kekerabatan. Sesungguhnya Allah SWT adalah pengawas atas kamu,”

(QS An-Nisa: 1).

 

Ayat Alquran Tentang Pernikahan dan Qodrat

فَجَعَلَ مِنْهُ الزَّوْجَيْنِ الذَّكَرَ وَالْأُنْثَىٰ

Artinya: “Lalu Allah menjadikan daripadanya sepasang: laki-laki dan perempuan,”

(QS Al-Qiyamah: 39).

 

  Balance Your Life

Ayat Alquran Tentang Pernikahan dan Kewajiban Menikah

وَأَنكِحُواْ ٱلۡأَيَٰمَىٰ مِنكُمۡ وَٱلصَّٰلِحِينَ مِنۡ عِبَادِكُمۡ وَإِمَآئِكُمۡۚ إِن يَكُونُواْ فُقَرَآءَ يُغۡنِهِمُ ٱللَّهُ مِن فَضۡلِهِۦۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٞ

Artinya: “Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. jika mereka miskin, Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha mengetahui,”

(QS An-Nur: 32).

 

Ayat Alquran Tentang Pernikahan dan Perjanjian

وَكَيۡفَ تَأۡخُذُونَهُۥ وَقَدۡ أَفۡضَىٰ بَعۡضُكُمۡ إِلَىٰ بَعۡضٖ وَأَخَذۡنَ مِنكُم مِّيثَٰقًا غَلِيظٗا

Artinya: “Bagaimana kamu akan mengambilnya kembali, padahal sebagian kamu telah bergaul (bercampur) dengan yang lain sebagai suami-isteri. Dan mereka (isteri-isterimu) telah mengambil dari kamu perjanjian yang kuat,”

(QS An-Nisa: 21).

 

Ayat Alquran Tentang Pernikahan dan Ta’aruf

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ إِنَّا خَلَقۡنَٰكُم مِّن ذَكَرٖ وَأُنثَىٰ وَجَعَلۡنَٰكُمۡ شُعُوبٗا وَقَبَآئِلَ لِتَعَارَفُوٓاْۚ إِنَّ أَكۡرَمَكُمۡ عِندَ ٱللَّهِ أَتۡقَىٰكُمۡۚ إِنَّ ٱللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٞ

Artinya: “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal,”

  Jujur Pengantar ke Surga

(QS Al-Hujurat: 13).

 

Ayat Alquran Tentang Pernikahan dan Ketentraman

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Artinya: “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir,”

(QS Ar-Rum: 21).

 


 


 

 

Tinggalkan Balasan

error: Dyarinotes is protected