anak bermain

Mengatasi Anak Yang Super Nakal

Anak adalah penerus generasi setelah kita. Memang harus di akui anak-anak sekarang nakal banget ya bun. Bermain kesana kesini, berlari-lari tiada henti, di suruh makan ga mau, di suruh tidur siang apa lagi.

Pusing kan jadinya!! Belum lagi kelakuan si kakak yang ga mau mengalah dengan adik nya. Hadeeeh… ribet banget.

 

Tanda dan Gejala

 

Setiap fase pertumbuhan anak memiliki gejala atau tanda yang berbeda-beda dan itu pun terkadang tiap anak berbeda pula karakter yang terbangun.

Kata dokter sih ngurus anak begini. Ga boleh begitu, harus begini, jangan begitu, yang tepat seperti ini. Huuhh!! terkadang dokter pun sok tahu.

Dan coba deh bunda cek anak dokter ada juga yang ingusnya meler, nakalnya minta ampun melebihi anak kita di rumah.

 

 

Bicara soal pendidikan sebagian orang tua mungkin berpikir pendidikan anak tuh hanya di dapatkan di sekolah dan di tempat les private saja.

Sebenarnya yang paling penting dari belajar adalah proses menganalisa, bertanya, dan juga mendiskusikan sesuatu secara interaktif.

  Mendidik Anak Soleh yang Didambakan Orang Tua

Terkadang anak kita sering sekali menirukan tingkah kita. Harus di akui itu benar adanya. Tanpa basa basi anak akan mengcopi paste kegiatan dan tingkah kita tanpa ada seleksi yang artinya Si anak secara total duplikat prilaku kita.

Kembali ke pembahasan, ada beberapa tips agar anak tidak nakal dan mungkin ini bisa bermanfaat.

 

1. Jangan bilang anak kita Nakal

 

JIka seorang anak berbuat salah sebaiknya sih tidak langsung dimarahi dan dibilang “Kamu nakal banget sih Dek”. Ada baiknya menanyakan terlebih dahulu apa penyebab dia melakukan itu. Jangan langsung di gaplok!!

Sebenarnya sih ada baiknya kita sebagai orang tua meminta maaf atas perkataan kita yang kurang baik. Jangan sedikit-sedikit bilang “kamu anak nakal !!”.

 

2. Memberi Teladan Yang Baik

 

Anak memiliki otak yang cerdas. Siapa pun itu, mau anak professor, doktor semua sama. menurut penulis yaa.. Fikiran yang di punya oleh anak sangatlah jernih.

Dia bisa mengcopi perilaku dengan sangat cepatnya. Inti semua ini adalah teladan. Memberi contoh yang baik merupakan cara yang ampuh untuk memperbaiki bahkan mendidik perilaku anak.

  1 dari 100 Pembahasan Meditasi yang Benar dan Mudah serta Manfaatnya

 

3. Hindari memarahi anak di depan umum

 

Tau ga sih bun, anak juga punya rasa malu lho… Dia akan sangat malu jika kita marah didepan teman-temannya. Apalagi jika di bilang cengeng.. Hadeeh habis deh kita dicakar sama si anak.

 

Jika tidak percaya buktikan sendiri.

 

Berusaha kendalikan emosi kita. Cari waktu yang sepi atau waktu berdua untuk mengkoreksi apa yang dia lakukan itu salah. Yaa… mungkin itu lebih baik.

 

4. Toleransi boleh tapi jangan berlebihan

 

Jika kita sebagai orangtua sudah menerapkan aturan pasti ada sanksi jika di langgar. Dan itu harusnya berlaku untuk semua penghuni rumah. Tanpa terkecuali. Mau itu si Kakak, Adik, atau saudara lainnya.

Terkecuali jika ada kondisi yang di haruskan melanggar aturan tersebut. Mungkin dengan pulang jam lima sore sudah harus di rumah atau dengan setiap hari harus tidur siang.

 

5. Buat aturan jangan lupa sanksi harus tegas

 

Aturan harus konsisten di terapkan dan sanksi nya pun harus tegas dan juga mendidik. Buka untuk menyakiti. Jangan pula mentang-mentang ada saudara datang ke rumah aturan yang ada seketika gugur dengan sendirinya.

  Resensi Buku: How To Be Confident

Itu yang tidak boleh. Ibadah sholat harus tepat waktu, Makan harus tepat waktu, Bermain game harus dibatasi, nonton youtube mulai diperhatikan dan masih banyak lainnya.

 

6. Anak yang jahil belum tentu dia nakal

 

Anak jahil itu bukan berarti dia nakal. Terkadang anak ingin bermain dan ingin mengenal orang yang di jahilinya. Si kakak misalnya.

Si adik pasti ingin tahu “ngapain si Kakak” ko serius amat… Terkadang pikiran anak simple dan polos hingga jika kita ngobrol dan berbincang dengan anak kecil pasti ketawa di buatnya.

 

Salam, Dyarinotes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Dyarinotes is protected
%d bloggers like this: