Menu Tutup

Data Scientist Menjadi Primadona

data-scientist

The Sexiest Job saat ini di pegang oleh Data Scientist. Walaupun belum begitu familiar, bidang ini paling di cari oleh perusahaan. Data Scientist bagaikan Primadona. Lalu, apa saja keahlian yang harus di miliki oleh seorang Data Scientist? Yuk, kita simak..

Permintaan perusahaan terhadap profesi ini cukup tinggi. Sangat di sayangkan SDM Indonesia yang capable masih sangat kurang. Perusahaan sangat membutuhkan Data Scientist, agar insight yang di dapatkan bisa menjadi rekomendasi strategi dalam pengembangan bisnis kedepan.

Data Scientist, Apaan tuh?

Pastinya, bidang pekerjaan terkait dengan data. All about Data. Berdasarkan Forum Ekonomi Dunia, bidang yang orang katakan sebagai The Sexiest Job ini, termasuk 10 besar pekerjaan yang paling di butuhkan. Sangat menjanjikan.

Data-Scientist bisa kita jabarkan, suatu kemampuan yang di miliki seseorang untuk melakukan pengolahan data, dengan tujuan menciptakan strategi bisnis. Dalam dunia kerja hal ini sangat penting. Orang yang memiliki kemampuan ini disebut sebagai data scientist.

Lingkup pekerjaan Data Scientist terkait dalam penggabungan pemrograman (computer Science), matematika dan juga ilmu statistik, yang bertujuan untuk menghimpun atau mengumpulkan, menafsirkan atau menterjemahkan, dan menganalisa atau mengolah data.

  Perkuatan Imajinasi Pembentuk Ilustrasi Menjadi Proyeksi

Lebih tepatnya data base. Bisa berupa data besar yang terstruktur dan juga data yang tidak terstruktur.

Data yang di kumpulkan di pergunakan untuk memprediksi perilaku pelanggan dan mengidentifikasi peluang bisnis yang lebih baru. Biasanya bekerja dalam tim untuk mengumpulkan berbagai data dan informasi.

Dalam meng-aplikasikannya, melakukan eksperimen terhadap data-data yang terhimpun dapat membuktikan dan memberikan solusi yang paling tepat untuk perkembangan bisnis.

Seorang yang bekerja di bidang data scientist, di khususkan melakukan laporan kerja kepada Chief Data Officer yang merupakan bagian dari tim analisis data.

Apa Saja Skill yang di butuhkan

Dalam paket pekerjaan big data, ada beberapa aktivitas yang saling terkait dan berhubungan. Kita di tuntut memiliki kemampuan untuk dapat menjadi bagian dari tim dan menjadi seorang data scientist yang handal. Berikut DyariNotesCom rangkumkan untuk kamu, di antaranya:

1. Programming

Kemampuan ini menjadi kebutuhan dalam menganalisis dan mem-visualisasikan data yang sudah di bersihkan. Benar adanya, Salah satu kemampuan utama yang di butuhkan sebagai data scientist adalah dapat melakukan pemrograman.

Selain melakukan pemprograman harus juga dapat menggunakan tools yang membantu dalam menganalisis data. Memiliki pengetahuan dan pengalaman coding sangat penting. Bahasa seperti Python misalnya.

  Fitur Aplikasi : Dari Manfaat Hingga Merusak

Pemrograman dengan bahasa seperti python, berfungsi untuk memudahkan dalam mengatur atau mengorganisir kumpulan data yang tidak terstruktur.

2. Bisnis

Pemahaman bisnis yang di lakukan perusahaan harus juga kita kuasai. Harus mengerti tujuan perusahaan, sehingga kita bisa mengolah data tersebut berdasarkan tujuan dari bisnis.

Sering kali kita dapatkan, seorang data scientist berada dalam diskusi atau rapat bisnis yang di tugaskan untuk mengkomunikasikan ide-ide kompleks. Dan terkadang membuat suatu keputusan organisasi berdasarkan data yang di dapat.

Seorang data scientist harus mengomunikasikan secara baik mengenai kondisi pelanggan pada pada waktu lampau, saat ini dan masa depan. Sehingga perusahaan dapat menentukan langkah selanjutnya.

3. Storytelling Data dan Analisa Data

Menceritakan maksud dan inti data agar informasi dapat di pahami perusahaan. Kemampuan ini termasuk salah satu aspek penting dan juga penggerak utama.

Bukan hanya menganalisis, kita harus dapat menghasilkan visualisasi data dalam suatu format grafik atau bergambar. Dengan tujuan memudahkan pemahaman.

4. Statistik

Ilmu statistik dapat membantu memahami dan memvalidasi data. Statistik yang di gunakan, lebih kepada penggunaan sampling dan populasi. Statistik dasar juga sangatlah penting. Karena dapat memberikan gambaran pada data yang akan di olah.

  Sederhana dalam Copywriting

Dan pada akhirnya dapat menghasilkan data yang sesuai dengan perencanaan perusahaan. Seorang data scientist harus juga memiliki kemampuan matematika dan statistik lanjutan dan penerapannya.

5. Database, query (SQL) dan pengolahan data.

Seorang data scientist membutuhkan SQL atau Structured Query Language untuk menangani struktur data yang ada. Bagi kamu seorang programer, pasti tidak asing dengan istilah query pada SQL.

Query SQL merupakan salah satu bahasa kueri yang di gunakan dalam pengolahan database. Bahasa ini memiliki peringkat yang lebih tinggi di bandingkan bahasa pemrograman lainnya.

Beberapa pemahaman mengenai SQL commands, seperti:

  • Data Query Language;
  • Data Manipulation Language;
  • Data Definition Language;
  • Data Control Language.

SQL sangat membantu praktisi data dalam hal: operasi analisis, ekstrak dan pengambilan informasi dari database, untuk selanjutnya di lakukan pengolahan data.

Salam, DyariNotesCom.

Posted in technology

More Options

Tinggalkan Balasan