Menu Tutup

Makanan yang Cocok di Musim Penghujan

musim-penghujan

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memprediksi, hujan titik tertinggi dan merata di seluruh Indonesia terjadi kisaran bulan Desember 2022. Saat musim hujan datang, otomatis suhu udara menjadi semakin rendah, dan biasanya tubuh kita akan kedinginan. Lalu jenis makanan apa yang paling cocok untuk dihidangkan pada musim penghujan kali ini?

Musim hujan yang dingin, sudah pasti akan lebih sering lapar. Dan itu sesuatu yang normal. Apalagi dingin-dingin begini enaknya ditemani sama yang hangat. Di musim seperti ini makanan berkuah menjadi salah satu hidangan yang tepat.

Berikut DyariNotesCom rangkum beberapa jenis makanan yang sangat cocok untuk dihidangkan pada musim penghujan tahun ini, diantaranya:

1. Sup atau Sop

Sup atau sop biasanya menjadi menu wajib makanan di musim penghujan. Mengapa? Karena sup bisa menjaga kondisi tubuh dan baik lagi menghangatkan badan.

  Wisata Tanpa Biaya

Sup memang enak rasanya dan sangat pas disantap pada musim hujan. Sup ayam, sup daging atau Sup udang pilih saja tergantung selera. Selain bisa menghangatkan tubuh, sup juga mampu mengatasi hidung tersumbat.

2. Soto

Pasti kamu setuju jika menu yang satu ini. Soto sangat tepat di konsumsi saat hujan dan cuaca dingin. Hidangan ini banyak macamnya. Soto ayam, soto daging dan soto mie. Semuanya enak dan dapat menghangatkan tubuh.

Soto lebih nikmat jika disantap dengan taburan bawang goreng, perasan jeruk nipis dan sambal.



3. Rawon

Rawon merupakan makanan tradisional khas Jawa Timur. Makanan ini sejenis sup daging dengan kuah hitam pekat. Warna hitam kuahnya berasal dari kluwek atau pucung.

Kluwek merupakan biji yang berasal dari tanaman kepayang. Kluwek memberikan cita rasa dan aroma masakan yang sedap dan gurih. Rawon di paling nikmat bila di hidangkan selagi hangat.

4. Tongseng

Tongseng terbuat dari olahan daging kambing yang masak dengan menggunakan bumbu spesial. Makanan ini di percaya mampu menghangatkan tubuh. Kamu bisa memilih menu tongseng kambing sebagai makanan yang akan menemani saat cuaca dingin dan hujan.

  Kota Dengan Peringkat Layak Huni di Dunia

Makanan seperti tongseng, memiliki kuah kental yang kaya rasa, dan tentu saja meresap hingga ke dagingnya. Irisan kol dan cabai rawit dapat di tambahkan ke dalam tongseng agar rasanya lebih enak.



5. Seblak

Makanan khas Sunda yang satu ini sangat terkenal. Tidak hanya di jual di pinggir jalan, tapi juga di restoran besar. Makanan yang berisi campuran beragam kerupuk ini terasa gurih dan wangi kencur. Sangat cocok di santap saat musim hujan.

6. Tom Yum

Tom Yum sejenis sup yang berasal dari Thailand. Olahan makanan ini terdiri dari ayam, jamur dan beragam seafood. Sangat enak di santap selagi hujan dan hangat.

7. Pisang goreng

Di saat musim penghujan hidangan yang di sajikan tidak harus selalu makanan berkuah. Pisang goreng bisa menjadi teman setia saat musim hujan tiba. Hangatnya pisang yang baru saja di goreng menjadi favorit banyak orang, termasuk saya.

Apalagi jika di santap dengan di temani teh hangat atau kopi. Sungguh menggoda. Rasa lelah sehabis bekerja akan lenyap seketika ketika kita di hidangkan makanan khas Indonesia ini.

  Shopping to the Biggest Mall

Notes

Pelangi akan muncul setelah hujan. Sudah menjadi ketetapan dan janji alam, jika masa buruk akan meredup, dan masa depan akan terbentang. Hujan di pagi atau sore hari, merupakan anugerah. Tak perlu di ratapi, cukup di syukuri. Dan nikmati hidangan hangatmu sebagai rezeki Illahi.

Semoga hujan membawa berkah hari ini. Berkah untuk semua doa karena lapar menunggu hari.

Salam DyariNotesCom


Posted in travel

Tinggalkan Balasan