Menu Tutup

Kebutuhan Air Minum, How Much Should We Pay?

Air bersih merupakan kebutuhan mahluk hidup, layaknya manusia. Sebagai mahluk, 60 persen dari tubuh kita terdiri dari air, dan sekitar 71 persen permukaan planet ditutupi oleh air. Untuk menjaga tubuh sehat tetap hidup, berapa banyak air minum yang harus kita konsumsi dalam sehari? Berapa pula harga yang harus kita keluarkan?

Kebutuhan Air Minum, How Much Should We Pay?

Didalam air bersih mengandung mineral dengan beragam manfaat bagi tubuh. Seperti: kasium, magnesium, sodium, sulfat, bikarbonat dan natrium. Air mineral itu sendiri berasal dari mata air alami di bawah permukaan tanah. Permukaan bumi yang kita duduki secara sah sebagai warga negara.



Tanah dan kekayaan alam didalamnya dikuasai oleh negara, termasuk air. Tetapi mengapa kita harus membayar akan kekayaan alam yang diperuntukan untuk kita. Mengapa juga penyelenggara negara terkesan kurang serius, untuk menyedikan fasilitas air yang layak untuk kita konsumsi?

Banyak dari kita tidak cukup minum untuk hidup, terutama pada orang dewasa. Mungkin karena ketersediaan air yang kurang, atau bergitu besar biaya yang harus kita keluarkan untuk mendapatkan air mineral yang sehat.

Dalam artikel ini, kami ingin mengkaji secara mendalam, berapa banyak air yang harus kita konsumsi, berikut manfaat dan akibat yang terjadi jika kita kekurangan asupan mineral, untuk menjadi sehat dan seimbang.

Awal Mula

Saat kita mendengar ‘Air Mineral Kemasan’, secara spontan kita menyebut salah satu brand. Tentu kamu pasti tahu akan merek dagang air mineral kemasan yang kami maksud. Dan salah satu air produsen mineral terbesar di dunia, kita ketahui didirikan di Indonesia?

Air mineral kemasan di Indonesia dicetuskan oleh Hendrik Freerk Tillema (berdarah Belanda). Sekitar tahun 1870, ia meluncurkan produk minuman kemasan dengan nama Hygeia di Semarang yang menjadi tempat air mineral kemasan pertama dibuat. Tetapi kurang diterima masyarakat kala itu.

60 tahun berlalu, seorang pengusaha Tirto Utomo, mengikuti jejak Hendrik Freerk. Melalui perusahaan, PT. Aqua Golden Mississippi, ia meluncurkan produk kemasan mineral dengan merek dagang Aqua. Brand minuman kemasan ini, pertama kali beredar di pasaran pada tahun 1973. Sekarang, Aqua berada di bawah naungan Danone Asia Holding Pte, perusahaan multinasional asal Perancis.



Kebutuhan Air Minum

Banyaknya bermunculan brand Air Mineral Kemasan menimbulkan pertanyaan, apakah air mineral setiap merek berbeda? Lalu, mengapa ada banyak merek air mineral yang di pasarkan? Dan mengapa pula, penyelenggara negara tidak membuat brand dengan kualitas yang sama, agar bisa dikonsumsi langsung oleh masyarakat?

Komposisi kandungan mineral dalam ‘Air Mineral Kemasan’ yang membuat rasanya berbeda. Selain kadar mineral (kasium dan magnesium), sumber air yang digunakan juga menjadi penting dalam memberikan manfaat bagi tubuh, seperti menghilangkan rasa haus.

Orang yang umurnya lebih tua, tidak merasakan rasa haus sebanyak yang mereka rasakan ketika mereka masih muda. Dan itu bisa menjadi masalah jika mereka sedang menjalani terapi atau pengobatan. Seperti misalnya menyebabkan kehilangan cairan.



Umumnya agar kita tetap sehat dan terjaga, kita dianjurkan minum sebanyak 6 hingga 8 gelas perhari. Bahkan bisa lebih, tergantung tingkat kelembapan wilayah tempat kita tinggal. Dimungkinkan untuk mengonsumsi lebih banyak air jika kita memiliki kondisi kesehatan tertentu, seperti: masalah ginjal, hati, atau jantung.

Berapa banyak air mineral dalam sehari yang harus kita minum, jika kita termasuk dalam kategori ‘itu’? Tidak ada satu ukuran untuk semua jawaban tersebut. Asupan air kita ukur secara personal masing-masing. Tergantung kebutuhan.

  Mencegah Keriput yang Mudah untuk Dilakukan

Bahkan kebutuhan air orang yang sehat pun, akan bervariasi. Jika kamu kehilangan air melalui keringat karena berolahraga, atau karena kita berada di luar ruangan pada suhu yang panas, perhatikan asupan mineral yang cukup.

Berapa Jumlah yang dibutuhkan

Setiap hari air yang dibutuhkan perhari per masing-masing orang sekitar 130 sampai 150 liter. Angka ini merupakan rata-rata penggunaan berbagai kebutuhan seperti: minum, mandi, mencuci dan membersihkan makanan untuk masak. Lalu berapa banyak yang kita butuhkan untuk minum agar tubuh tetap sehat?

Pada umumnya orang dewasa, mengkonsumsi air minum yang disarankan oleh lembaga kesehatan di Indonesia sekitar 8 gelas perhari. Yang berukuran 230 mL perhari atau 2 liter (sekitar 4 botol). Selain dari minuman, makanan juga dapat memberikan asupan cairan pada tubuh, sekitar 20 persen. Sedangkan untuk perempuan, sebanyak 1,6 liter perhari atau 3 botol.

Dalam memenuhi asupan air mineral, kita harus mengukur berapa besaran yang cukup bagi tubuh. Untuk takaran air minum sesuai dengan berat badan yang harus kita konsumsi setiap hari, meliputi:

  • Berat badan 70 kg di butuhkan takaran air minum sebanyak 2,9 liter
  • Berat badan 75 kg di butuhkan takaran air minum sebanyak 3,2 liter
  • Berat badan 80 kg di butuhkan takaran air minum sebanyak 3,5 liter
  • Berat badan 85 kg di butuhkan takaran air minum sebanyak 3,7 liter

Berapa Biaya yang dibutuhkan

Air minum kemasan yang biasa kita konsumsi, memiliki besaran harga yang tidak sama. Setiap harga berbeda menurut masing-masing toko. Biaya yang kita keluarkan untuk mendapatkan air minum setiap hari, dilihat dari harga pasaran tahun 2022, antara lain:

  • Air Mineral Merek Aqua kemasan 330 mL atau isi 24 botol, dengan harga kisaran Rp. 39.000,-
  • Air Mineral Merek Nestle Pure Life 330 mL atau isi 24 botol, dengan harga kisaran Rp. 38.000,-
  • Air Mineral Merek Le Minerale 330 mL atau isi 24 botol, dengan harga, kisaran Rp. 41.000,-

Harga tersebut merupakan harga yang ada pasaran per masing-masing item. Jadi menurut kamu, berapa besaran biaya yang harus kita keluarkan jika kita harus mencukupi asupan air mineral bagi tubuh? Dan apakah dengan biaya yang kita keluarkan dapat menghindari diri kita dari serangan dehindrasi?



Menghindari Dehidrasi

Bukan hanya air yang membuat kita terhidrasi. Semua minuman yang mengandung kandungan air berkontribusi terhadap kebutuhan asupan mineral harian kita. Makanan dan buahan yang mengandung banyak air pun dapat menjadi asupan yang baik dan sehat bagi tubuh.

Ada mitos bahwa minuman berkafein menyebabkan dehidrasi karena membuat kita sering buang air kecil. Memang benar, tetapi sepanjang air dari minuman masih memberikan kontribusi positif terhadap total konsumsi cairan, kita tidak perlu khawatir.

Perhatikan asupan terhadap minuman manis. Minuman manis dapat menyebabkan penambahan berat badan dan peradangan, yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit seperti diabetes. Terlalu banyak kafein juga dapat membuat kita gelisah atau membuat sulit tidur.



Beberapa alasan, mengapa air merupakan pilihan yang lebih baik dari lainnya. Untuk menangkal dehidrasi, minumlah cairan secara bertahap, sepanjang hari. Seteguk demi seteguk dan setiap tegukannya membaca ‘Basmallah’.

Lakukan secara teratur dengan minum setiap kali setelah makan atau bisa juga pada saat sedang bersosialisasi. Ketahui bahwa kita juga bisa mendapatkan cairan dari makanan yang kaya akan air, seperti: salad dan buah.

Jika kita tidak minum cukup air setiap hari, akan sangat berisiko mengalami dehidrasi. Tanda-tanda peringatan dehidrasi termasuk didalamnya mengalmi kelemahan, tekanan darah rendah, pusing, kebingungan, atau urin yang berwarna gelap.

Manfaat Asupan Air Bagi Tubuh

Tetap terhidrasi sangat penting untuk kesehatan, tetapi banyak orang tidak mengonsumsi cukup cairan setiap hari. Agar tubuh fit dan berfungsi dengan baik, semua sel dan organ tubuh membutuhkan air. Berikut DyariNotesCom rangkum beberapa alasan tubuh kita membutuhkan air, antara lain:

1. Membantu melumasi sendi

Tulang rawan, di temukan di persendian dan cakram tulang belakang, mengandung sekitar 80 persen air. Dehidrasi jangka panjang dapat mengurangi kemampuan menyerap goncangan sendi, yang menyebabkan nyeri sendi.

2. Membentuk air liur dan lendir

Air liur membantu kita mencerna makanan dan menjaga mulut, hidung, dan mata tetap lembab. Ini mencegah gesekan dan kerusakan. Minum air putih juga menjaga kebersihan mulut. Di konsumsi sebagai pengganti minuman manis, juga dapat mengurangi kerusakan gigi.

3. Memberikan oksigen ke seluruh tubuh

Oksigen menjadi penting dalam kehidupan manusia. Tanpa oksigen kita tiada. Oksigen itu seperti cahaya di dalam gelap. Darah mengandung lebih dari 90 persen air, dan darah membawa oksigen ke berbagai bagian tubuh.

  Konten Kreator Menjadi Pilihan Menarik

4. Meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit

Siapa yang tidak mau terlihat cantik. Semua orang ingin berpenampilam menarik dan memiliki kulit yang indah. Ini semua dapat di bantu oleh air yang cukup. Kulit bisa menjadi lebih rentan terhadap gangguan kulit dan kerutan dini jika kita terkena dehidrasi.

5. Melindungi otak, sumsum tulang belakang, dan jaringan sensitif lainnya

Dehidrasi dapat mempengaruhi struktur dan fungsi otak. Ini juga terlibat dalam produksi hormon dan neurotransmiter. Dehidrasi yang berkepanjangan dapat menyebabkan masalah dengan pemikiran dan penalaran. Jika kurang asupan air kita akan menjadi bodoh, lemah dan mudah marah.



6. Mengatur suhu tubuh

Air yang tersimpan di lapisan tengah kulit muncul ke permukaan kulit sebagai keringat saat tubuh memanas ketika kita sedang berolahraga. Saat menguap, itu mendinginkan tubuh. Ketika ada terlalu sedikit air dalam tubuh, penyimpanan panas meningkat dan tubuh kurang mampu mentolerir ketegangan panas. Memiliki banyak air dalam tubuh dapat mengurangi ketegangan fisik jika stres panas terjadi selama latihan dan olahraga.

7. Membantu Sistem pencernaan

Air adalah jalan kehidupan, termasuk juga membantu sistem percernaan. Usus membutuhkan air untuk bekerja dengan baik. Dehidrasi dapat menyebabkan masalah pencernaan, sembelit, dan perut yang terlalu asam. Ini meningkatkan risiko sakit maag dan sakit maag.

8. Membantu Membuang kotoran tubuh

Kita menjalani hidup seperti air. Air itu hanya mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah.   Air itu seperti bahan bakar khusus manusia. Dapat membantu tubuh kita dalam membuang kotoran. Dan di butuhkan dalam proses berkeringat dan pengeluaran urin serta feses.

9. Membantu menjaga tekanan darah

Air yang tenang seperti jiwa yang tenang. Air sangat membantu menjaga tekanan darah. Kekurangan air dapat menyebabkan darah menjadi lebih kental, meningkatkan tekanan darah. Kekurangan air itu seperti jomblo tanpa busana.

10. Membantu Saluran udara

Jika ada keajaiban di bumi ini, itu semua terkandung dalam air. Saat mengalami dehidrasi, saluran udara di batasi oleh tubuh dalam upaya meminimalkan kehilangan air. Hal ini dapat memperburuk asma dan alergi. Cukupkan konsumsi air mineral untuk lebih sehat.

11. Membantu membuat mineral dan nutrisi dapat di akses

Kita lupa bahwa siklus air adalah siklus hidup. Air dapat membatu tubuh kita membuat nutrisi dan mineral dapat di akses tubuh. Mereka larut dalam air, yang memungkinkan mereka mencapai bagian tubuh yang berbeda.



12. Mencegah kerusakan ginjal

Sayangi tubuhmu dengan asupan air yang cukup. Air sangat baik bagi manusia. Air juga dapat mencegah kerusakan organ tubuh, seperti ginjal dan jantung. Ginjal mengatur cairan dalam tubuh. Kekurangan air dapat menyebabkan batu ginjal dan masalah lainnya.

13. Meningkatkan performa saat berolahraga

Dehidrasi selama latihan dapat menghambat kinerja. Beberapa ilmuwan telah mengusulkan bahwa mengkonsumsi lebih banyak air dapat meningkatkan kinerja selama aktivitas berat. Di perlukan lebih banyak penelitian untuk mengonfirmasi hal ini, tetapi satu ulasan menemukan bahwa dehidrasi mengurangi kinerja dalam aktivitas yang berlangsung lebih dari 30 menit.

14. Membantu Penurunan berat badan

Air juga dapat membantu menurunkan berat badan, jika dikonsumsi sebagai pengganti jus manis dan soda. “Preloading” dengan air sebelum makan dapat membantu mencegah makan berlebihan dengan menciptakan rasa kenyang.

15. Membantu mengurangi kemungkinan mabuk

Alkohol itu tidak baik. Sebaik-baik cairan adalah air mineral. Saat berpesta, air soda tanpa pemanis dengan es dan lemon yang diselingi dengan minuman beralkohol dapat membantu mencegah konsumsi alkohol yang berlebihan. Boleh jadi.

 

Akibat yang Terjadi Jika Kekurangan Asupan Air

Apa yang terjadi jika kita tidak cukup mengkonsumsi air? Air sangat penting untuk kesehatan dan sungguh, itu membantu dalam segala hal. Air sangat kita butuhkan demi menjaga tingkat hidrasi untuk bahan bakar sel dan menjaga otak serta fungsi organ.

Kita dapat tetap terhidrasi dengan minum air putih dan makanan tertentu juga dapat membantu untuk tetap terhidrasi, terutama yang memiliki kandungan air yang tinggi, seperti: mentimun, semangka, paprika dan tomat. Namun, banyak dari kita tidak cukup minum setiap hari dan bahkan minum sumber dehidrasi, seperti: minuman manis dan minuman keras.

Jadi, apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh, jika kita tidak cukup minum? Berikut DyariNotesCom kumpulkan beberapa efek samping yang tidak terlalu menyenangkan yang mungkin kita alami jika tidak cukup asupan air, antara lain:

  Kebiasaan Sepele Pemicu Problem Kesehatan



1. Membuat Energi Tubuh Menurun

Saat mengalami dehidrasi, kita mungkin melihat tingkat energi kita menurun, karena air membantu menjaga pikiran kita tetap waspada dan tubuh seimbang.

Jika tidak cukup minum di siang hari, aktifitas sore kamu itu akan semakin parah, dan kamu mungkin merasa terlalu lelah untuk melanjutkan pekerjaan atau berolahraga di malam hari. Siapkan sebotol air untuk mengingatkan untuk selalu minum sepanjang hari. Seteguk demi seteguk.

2. Mengalami Mental Fog

Otak membutuhkan air (otak kita terdiri dari sekitar 80% air), dan cukup minum membuat kita tetap tajam secara mental, bahkan dalam jangka panjang. Minum air putih meningkatkan kesehatan otak dan mencegah penurunan memori dan kantuk serta mental. Jika kita merasa sedikit oleng dan melamun, minumlah sedikit air dan lihat apakah itu cukup membantu kamu.

3. Meningkatkan Risiko Stroke

Air juga baik untuk ticker kita. Menurut sebuah penelitian, dehidrasi dapat meningkatkan risiko stroke dan memperpanjang waktu pemulihan. Coba tanyakan pada kerabat kamu yang pernah mengalaminya.

Jadi, untuk menjaga jantung kita untuk selalu dalam kondisi prima, perhatikan seberapa banyak kita minum. Jika air seni kita berwarna kuning tua atau kamu merasa ingin pingsan, minumlah air terlebih dahulu. Lalu pingsan, Hehe..

4. Menurunkan Moody

Dehidrasi juga bisa membuat kita mudah tersinggung dan rewel. Dehidrasi menyebabkan suasana hati yang buruk, kantuk dan bahkan sakit kepala. Jika kamu merasa sedikit mudah tersinggung dan tidak yakin alasannya mengapa, minumlah dan lihat apakah hidrasi membantu kamu.

5. Menyebabkan Makan Berlebihan

Terkadang kita mengacaukan rasa haus dengan rasa lapar, jadi minumlah dan lihat apakah itu membantu kamu membedakan apa yang sebenarnya di butuhkan tubuh kita. Jika kamu masih merasa lapar setelah itu, makan saja. Sangat penting untuk mendengarkan isyarat tubuh dan mengisinya dengan apa yang kita butuhkan, yaitu air.

6. Memperlambat Metabolisme

Air di butuhkan untuk setiap fungsi dalam tubuh, jadi ketika kita mengalami dehidrasi, metabolisme tubuh secara alami melambat. Begitu juga dengan tingkat energi kita. Tetap terhidrasi dengan baik dapat memberi kita apa yang di butuhkan tubuh untuk berfungsi sehingga kita dapat merasakan yang terbaik.



7. Menyebabkan Sakit Kepala

Karena otak kita membutuhkan air, bila kekurangan air dapat menyebabkan sakit kepala dan kelelahan. Jadi, sebelum minum obat, minum air putih dulu dan istirahat. Sakit kepala itu mungkin hilang tanpa perlu melakukan tindakan lain. Ini tentang pemicu sakit kepala.

8. Merusak Kulit

Kulit kita membutuhkan air agar tetap sehat dan terlihat terhidrasi. Tidak cukup minum dapat meningkatkan efek penuaan atau terlihat lebih tua dari umur. Dengan air yang tidak mencukupi, kolagen dapat retak, menyebabkan garis-garis halus dan kerutan.

Itulah mengapa orang membutuhkan produk pelembab dan penghidrasi dalam rangkaian perawatan kulit untuk melengkapi asupan air mereka agar terlihat kenyal dan lembut.

9. Menyebabkan Tubuh Lemah dan Letih

Saat berkeringat, kamu kehilangan elektrolit dan air, jadi penting untuk minum sebelum, selama, dan setelah berolahraga untuk mengisi kembali cadangan yang hilang. Olahraga mungkin kekurangan air, dan tubuh kita mungkin tidak membakar banyak lemak, terutama pada bagian perut dan pinggul. Ayo, anak muda, perut bukan halangan.

10. Menambah Berat Badan

Sedikit kenaikan berat badan tidak ada salahnya untuk tidur. Konon, jika berlanjut dari waktu ke waktu atau di daerah perut pada khususnya, itu dapat menempatkan kita pada risiko yang lebih besar untuk berbagai penyakit kronis, termasuk diabetes, penyakit jantung dan banyak lagi.

Minum air bahkan dapat membantu kamu menurunkan berat badan, terutama jika kita meminumnya sebagai pengganti minuman manis atau minuman berkalori tinggi lainnya.

Air yang cukup dapat membantu kita merasa kurang lapar di antara waktu makan dan camilan, meskipun kita tidak boleh minum air sebagai pengganti makanan.

NOTES

Air membuat setiap sistem dalam tubuh berfungsi dengan baik. Air memiliki banyak pekerjaan penting. Sama pentingnya dengan penyelenggara negara ini. Memberi tubuh kita cukup cairan untuk melakukan tugas-tugas agar tubuh kita tetap terhidrasi.

Banyak kebaikan jika kita mengkonsumsi air mineral yang cukup. Kehidupan yang sehat itu bisa kita dapatkan pada air mineral. Dan sebagai warga negara yang baik, kita tidak henti-hentinya menjaga air di bawah permukaan bumi kita, dengan tidak memanfaatkan secara berlebihan.

Salam DyariNotesCom


Posted in health

More Options

Tinggalkan Balasan